Home » , , , » Menyimak Transkrip Pidato Greta Thurnberg

Menyimak Transkrip Pidato Greta Thurnberg

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Menyimak Transkrip Pidato Greta Thurnberg. Tujuan pembelajaran kali ini adalah merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dan membandingkannya dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Aktivis iklim, Greta Thunberg, usia 16 tahun berbicara di depan KTT Aksi Iklim di Kota New York City hari Senin. Ini adalah terjemahan transkrip penuh pidato Greta, dimulai dengan responsnya ketika dia ditanya tentang pesan yang ingin dia sampaikan kepada pemimpin-pemimpin dunia. 

Pesan saya untuk Anda semua adalah kami akan terus mengawasi Anda.
Situasi ini salah. Tidak seharusnya saya berada di atas panggung ini. Seharusnya saya berada di sekolah, di suatu tempat di seberang samudra. Namun, Anda  semua datang kepada kami anak-anak muda untuk menitipkan harapan. Beraninya, Anda!

Anda semua telah mencuri impian dan masa kecil saya dengan omong kosong. Namun saya masih bisa dibilang beruntung. Orang-orang lain menderita dan  sekarat. Seluruh ekosistem mulai runtuh. Kita berada di ambang kepunahan massal dan Anda terus saja berbicara tentang uang dan dongeng tentang pertumbuhan ekonomi. Beraninya Anda!

Selama lebih dari tiga puluh tahun, ilmu pengetahuan sudah sangat jelas. Beraninya Anda terus membuang muka dan datang kemari untuk mengatakan bahwa Anda sudah cukup berusaha. Padahal masih belum ada kebijakan politik dan jalan keluar.

Anda bilang Anda mendengar keluhan kami dan memahami gentingnya situasi ini. Namun, tak peduli betapa sedih dan marahnya saya saat ini, saya tidak percaya. Karena jika Anda benar-benar memahami situasi ini dan belum mengambil tindakan, berarti Anda semua sangat jahat. Dan saya menolak berpikir demikian

Dan seterusnya......
Greta Thunberg
Diskusikan dengan teman dan guru kalian tentang pendapat Greta dalam pidatonya tersebut. Buatlah kelompok untuk berdiskusi lalu presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas. Gunakan pertanyaan ini sebagai panduan.

1. Mengapa Greta marah kepada pemimpin dunia?
Para pemimpin dunia dianggap gagal mengatasi masalah perubahan iklim
2. Apa pentingnya mengurangi emisi karbon?
Pengurangan emisi karbon untuk mengurangi resiko perubahan Iklim
3. Mengapa jutaan anak sekolah ikut membolos setiap hari Jumat dan mendukung aksi Greta?
Jutaan pelajar di berbagai negara di dunia terinspirasi oleh Greta dan meninggalkan kelas mereka untuk mengacungkan poster-poster sarat pesan lingkungan.
4. Apa yang terjadi kalau pemimpin dunia tidak melakukan apa-apa terkait perubahan iklim?
Jika para pemimpin dunia tidak segera bergerak untuk mengantisipasi perubahan iklim, maka peradaban dunia akan hilang
5. Bagaimana caramu mewujudkan cita-cita Greta melalui lingkungan di sekitarmu?
Cara sederhana yang bisa saya lakukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim adalah :mengurangi penggunaan listrik dan air, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan, mengurangi konsumsi daging serta menanam pohon dan memelihara taman sekolah.

Demikian pembahasan mengenai Menyimak Transkrip Pidato Greta Thurnberg. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.