Home » , , , » Menyajikan Musikalisasi Puisi Secara Kreatif

Menyajikan Musikalisasi Puisi Secara Kreatif

Musikalisasi puisi merupakan upaya kolaborasi antara teks puisi dan musik. Dalam hal ini, teks puisi tidak hanya dibaca, tetapi juga dipadukan dengan instrumen musikal. Pemaduan musik pada teks puisi pun terdiri atas beberapa jenis. Ada yang hanya berupa pembacaan puisi dengan iringan musik, ada yang menjadikan puisi sebagai lirik atau syair lagu dengan iringan musik, ada pula yang berbentuk drama musikalisasi puisi.

Untuk menampilkan musikalisasi puisi, ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan, di antaranya sebagai berikut.
Musikalisasi Puisi
1. Pemilihan puisi
Tidak semua puisi cocok untuk musikalisasi puisi. Puisi tersebut sebaiknya tidak terlalu pendek, tetapi juga tidak terlalu panjang. Pilih puisi dari berbagai karya penyair atau sastrawan terbaik Indonesia yang telah teruji kualitasnya dan orisinalitasnya. Puisi yang dipilih pun sebaiknya puisi yang sederhana dan mudah dipahami.

2. Memahami Makna Puisi
Jika sudah memilih puisi yang cocok, kita perlu memahami makna puisi. Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan irama dan nada dengan puisi dan maknanya. Hal-hal yang perlu kita pahami dalam puisi, yaitu: memahami syair puisi, nada dan suasana puisi, tema, amanat, dan perasaan yang terkandung dalam puisi.

3. Penentuan alat dan jenis musik
Penentuan alat dan jenis musik menentukan harmonisasi musikalisasi yang akan ditampilkan. Hal ini juga perlu mempertimbangkan aspek nada dan suasana puisi. Umumnya, alat musik yang digunakan adalah alat musik yang bernada lembut, seperti gitar, biola, piano, harmonika, dan sebagainya. 

4. Penentuan nada dan irama
Penentuan nada dan irama untuk musikalisasi bukanlah hal yang mudah. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membuat notasinya terlebih dahulu. Tentukan nada dasarnya dan sesuaikan dengan tempo serta pola ketukannya. Selanjutnya, tinggal aransemen dengan menggunakan alat musik yang paling sesuai dengan karakteristiknya.

5. Berlatih sebelum tampil
Untuk penyempurnaan penampilan, sangat penting jika kalian berlatih terlebih dahulu sebelum tampil memublikasikan musikalisasi puisi yang telah dibuat. Dalam proses penampilan pun, aspek vokal, artikulasi, penghayatan, dan ekspresi sangat penting untuk diperhatikan. Untuk proses publikasi, kalian dapat menampilkan musikalisasi melalui berbagai media sosial, baik melalui akun pribadi maupun kelompok.

Banyak contoh musikalisasi puisi yang telah dibuat oleh teman-teman kalian dan dipublikasikan di media sosial. Ada berbagai musikalisasi yang dapat menjadi rujukan kalian, seperti musikalisasi karya Bimbo, Ebiet G. Ade, Uly S. Rusadi, Banda Neira, dan Ari Reda. 

Berikut ini contoh musikalisasi Hujan Di Bulan Juni 

Demikian pembahasan mengenai Menyajikan Musikalisasi Puisi Secara Kreatif. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

 Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:40 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.