Home » , , , » Nilai-Nilai dari Buku Pengayaan Kisah Hidup Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Nilai-Nilai dari Buku Pengayaan Kisah Hidup Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Buku pengayaan adalah buku yangmemuat materi yang dapat memperkaya buku teks pendidikan dasar,menengah dan perguruan tinggi (Permendiknas Nomor 2, 2008).  Buku pengayaan merupakan buku bukan teks pelajaran. Buku nonteks pelajaran adalah buku pengayaan untukmendukung proses pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan dan jenisbuku lain yang tersedia di perpustakaan sekolah. 

Buku pengayaan adalah buku penunjang buku utama (buku teks) yang digunakan oleh siswa. Penulisan naskah buku pengayaan ini tidak mengacu pada kurikulum dan tidak ada aturan yang mengikat karena buku pengayaan ini salah satu buku pelengkap perpustakaan.

Bacalah rangkuman buku pengayaan Kisah Hidup Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Bentuklah kelompok  bersama teman-temanmu. Kemudian refleksikan nilai-nilai yang terkandung dalam buku pengayaan tersebut secara singkat dan jelas. Setelah itu, presentasikan di depan kelas. Selamat mengerjakan!
Chairul Tanjung
No.Nilai yang Terkandung dalam BukuBukti kalimat dan penjelasan
1.Nilai sosial ekonomiChairul Tanjung adalah sosok yang berjuang keras dalam mencapai kesuksesannya. Meskipun ia telah sukses, ia tidak lantas menjadi tinggi hati. Ia sering memberi fasilitas kepada rekan kuliah, serta sering mentraktir teman-temannya. Chairul Tanjung selalu tampil apa adanya, tanpa kesan ingin memamerkan kesuksesannya. Selain itu, rupanya ia pun tak lupa pada masa lalunya.
2.Nilai KetuhananPasrah dan percaya hanya kepada Tuhan, ketika usahanya bangkrut. Memang terbilang terjal jalan yang harus ditempuh Chairul Tanjung sebelum menjadi orang sukses seperti sekarang ini
3.Nilai PendidikanSemangat dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kepiawaiannya membangun jaringan bisnis telah memuluskan perjalanan bisnisnya, dan salah satu kunci suksesnya adalah tidak tanggung-tanggung dalam melangkah. Chairul Tanjung pandai melihat peluang yang bisa dimanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Selain itu, ia terus berusaha mengasah kemampuannya dalam berbisnis.
4.Nilai MoralChairul Tanjung memiliki sikap tanggung jawab dan berkomitmen tinggi. Setelah mengetahui ibunya menggadaikan kain halus untuk biaya masuk kuliahnya, ia lalu berjanji tidak ingin terus-menerus menjadi beban orang tua. Ia memutuskan untuk tidak lagi meminta uang dari orang tuanya dan berkomitmen pada dirinya sendiri. Komitmen akan hadir jika ada pemicunya, dan salah satu pemicu adalah saat mengetahui bahwa ibunya menggadaikan kain hanya untuk membiayai kuliahnya.

Demikian pembahasan mengenai Nilai-Nilai dari Buku Pengayaan Kisah Hidup Chairul Tanjung Si Anak Singkong Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:34 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.