Home » , , , » Menjawab Pertanyaan Biografi Ki Hadjar Dewantara

Menjawab Pertanyaan Biografi Ki Hadjar Dewantara

Biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang  yang ditulis oleh orang lain. Umumnya biografi berisi tulisan yang memaparkan riwayat kehidupan seseorang berdasarkan fakta, data, dan peristiwa atau kejadian yang dialami. Bahasa yang digunakan dalam teks biografi harus lugas, jelas, serta tidak bertele-tele agar tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda dan bias pada pembaca.

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dengan nama RM Soewardi Soerjaningrat. Merupakan cucu dari Sri Paku Alam III dan ayahnya bernama GPH Soerjaningrat.Sebagai figur dari keluarga bangsawan Pakualaman, Soewardi Soerjaningrat memiliki kepribadian yang sederhana dan sangat dekat dengan rakyat (kawula).

Jiwanya menyatu melalui Pendidikan dan budaya lokal (Jawa) guna mencapai kesetaraan sosial-politik dalam masyarakat kolonial. Kekuatan-kekuatan inilah yang menjadi dasar Soewardi Soerjaningrat dalam memperjuangkan kesatuan dan persamaan lewat nasionalisme kultural sampai dengan nasionalisme politik.
Biografi Ki Hadjar Dewantara
Setelah menyimak teks biografi KI Hajar Dewantara, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Ki Hadjar Dewantara tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan dan nama pemberian orang tuanya agar dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Jelaskan apa yang dimaksud dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya dalam teks tersebut!
Status Ki Hadjar Dewantara sebagai bangsawan yang memiliki batasan untuk bergaul dan berbaur secara sosial dengan masyarakat yang bukan dari kalangan bangsawan.
2. Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai penulis andal. Apa saja bukti-bukti  yang menunjukkan beliau sebagai penulis andal dalam teks tersebut?
Ki Hadjar Dewantara dipercaya sebagai wartawan di beberapa surat kabar, antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Banyak pula yang menganggap tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya. 
3. Jelaskan apa pentingnya Perguruan Nasional Taman Siswa yang  dibentuk Ki Hadjar Dewantara bagi pribumi?
Perguruan Taman Siswa memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk dapat memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda. Serta memberikan pendidikan rasa kebangsaan kepada peserta didik agar mereka mencintai bangsa dan tanah air serta berjuang untuk memperoleh kemerdekaan.
4. Menurut kalian, apakah hukuman pengasingan yang diberikan Pemerintah Belanda kepada Ki Hadjar Dewantara sudah sesuai dengan kesalahan yang dilakukannya? Jelaskan alasannya!
Hukuman pengasingan Ki Hajdar Dewantara tidak tepat dan merupakan reaksi yang sangat berlebihan dari Belanda. Hal ini disebabkan karena ketakutan Belanda terhadap pergerakan kemerdekaan Indonesia
5. Jelaskan maksud ajaran Ki Hadjar Dewantara, yaitu tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, dan ing ngarsa sung tulada berdasarkan pemahaman kalian sendiri!
Ing ngarsa sung tuladha bermakna ketika berada di belakang seorang pendidik dapat memberikan dukungan, pengaruh, dan saran masukan. Ing madya mangun karsaberarti ketika berada di tengah seorang pendidik harus membangun motivasi, semangat, atau kemauan. Tut wuri handayani berarti ketika berada di depan seorang pendidik harus memberikan teladan.
6. Menurut kalian, apa saja hal-hal yang mendasari penunjukan Ki Hadjar  Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional? Jelaskan! 
Jasa-jasa KI Hajar Dewantara, karya tulis, dan nilai-nilai semangat  perjuangan serta kiprahnya dalam kehidupan berbangsa, khususnya dalam bidang pendidikan
7. Menurut penilaian kalian, apa saja informasi penting tentang tokoh  yang belum terdapat dalam teks tersebut? 
Menurut saya informasi yang belum ada dalam teks adalah : Keluarga Ki Hadjar Dewantara, Bagaimana semboyan "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" bisa terbentuk. Seperti apa detail perjuangan Ki Hadjar Dewantara mengkritik Belanda dan memajukan pendidikan di Indonesia. Contohnya caranya mendirikan sekolah Taman Siswa.
8. Menurut kalian, apa saja kelebihan dan kekurangan teks biografi  tersebut? Jelaskan!
Kelebihan
  • Biografi ini cukup menjelaskan pentingnya peran Ki Hadjar Dewantara dalam perjuangan beliau untuk meningkatkan sistem pendidikan Indonesia.
  • Menjelaskan dengan baik latar belakang Ki Hadjar Dewantara yang tertarik pada bidang pendidikan.
Kekurangan
  • Kurang menjelaskan bagaimana Ki Hadjar Dewantara yang tidak melanjutkan pendidikan bisa menjadi seorang jurnalis dan melakukan kritik.
  • Belum menjelaskan perjuangan Ki Hadjar Dewantara saat diasingkan di Belanda.
9. Tuliskan beberapa saran dan masukan agar teks biografi tersebut lebih  baik!
Akan lebih baik jika teks biografi lebih memberikan detail tentang data pendukung infomasi. Setiap persitiwa besar yang ditampilkan, pembaca akan lebih tahu apa saja perjuangan di balik peristiwa tersebut. Penambahan tersebut bertujuan untuk menampilkan sebab-akibat dari setiap peristiwa dan menyajikan proses utuh yang dialami oleh Ki Hadjar Dewantara.Contohnya ketika Ki Hadjar Dewantara menjadi jurnalis dan bertemu dengan Douwess Dekker dan Dr. Cipta Mangunkusuma.
10. Berdasarkan pengetahuan kalian tentang tokoh Ki Hadjar Dewantara, tulislah sebuah karangan singkat berjudul “Seandainya Aku adalah Ki Hadjar Dewantara”!
Seandainya Aku adalah Ki Hadjar Dewantara
Seandainya aku adalah Ki Hadjar Dewantara, aku akan terus memperjuangkan sistem pendidikan Indonesia. Aku akan menulis buku dan karya lainnya untuk menyuarakan pentingnya pendidikan. Aku tidak bosan untuk memperjuangkan pendidikan Indonesia. Terus berjuang untuk tetap membuat bangsa Indonesia memiliki akses pendidikan yang adil.

Demikian pembahasan mengenai Menjawab Pertanyaan Biografi Ki Hadjar Dewantara.  Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.