Home » , , » Pola Gerak Dasar Lompat Jauh

Pola Gerak Dasar Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Atletik merupakan cabang olahraga yang terdiri atas beberapa nomor, yaitu: lari, lompat, dan lempar. Lompat jauh merupakan salah satu contoh dari nomor lompat, sedangkan loncat gerak dasar dalam lompat jauh.

Ada dua area yang digunakan untuk olahraga atletik lompat jauh, yaitu lintasan lurus dan kotak pasir. Lintasan lurus memiliki lebar 1,22 meter dan panjangnya 45 meter. Di antara lintasan lurus dan kotak pasir terdapat papan tumpu untuk melompat. Papan tumpu tersebut memiliki lebar 30 cm, dan panjang 1,22 meter. Sedangkan kotak pasir berukuran lebar 2,75 meter dengan panjang 9 meter.

Ada 4 teknik dasar yang digunakan dalam olahraga atletik lompat jauh, yaitu teknik awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Aktivitas pembelajaran variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif lompat jauh melalui:

A. Gerak Awalan
Teknik awalan merupakan gerakan penting yang turut menentukan jauhnya lompatan, dan bertujuan untuk mengatur dan memperhitungkan langkah. Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak awalan atau ancang- ancang (Approach-Run). Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak awalan atau ancang ancang (Approach-Run) dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.Cara melakukan praktik/latihan gerak awalan atau ancang ancang (Approach- Run) adalah sebagai berikut.
  1. Tergantung tingkat prestasi, lari ancang-ancang beragam antara 10 sampai 20 langkah.
  2. Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertolak/bertumpu.
  3. Kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak.
  4. Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang.
  5. Jarak awalan 30 – 45 meter.
Awalan
B. Gerak Tumpuan/Tolakan
Teknik tolakan dilakukan dengan salah satu kaki yang terkuat. Tujuannya agar tercapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan awalan. Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak tumpuan/tolakan (Take- off)Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak tumpuan/tolakan (Take-off) dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.Cara melakukan praktik/latihan tumpuan/tolakan (Take-off) adalah sebagai berikut.
  1. Pada waktu akan melakukan tolakan, badan agak dikendangkan ke belakang, kaki tumpu/kaki yang akan digunakan untuk menolak lurus, kaki ayun (kaki belakang) agak dibengkokkan.
  2. Berat badan berada pada kaki belakang.
  3. Kedua tangan atau lengan ke belakang, dan kepala agak ditengadahkan (dagu agak diangkat).
  4. Pandangan ke depan.

C. Melayang Di Udara
Teknik melayang bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan badan, sebelum menekuk kedua lutut dan bersiap untuk melakukan pendaratan. Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan gerak melayang di udara Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak melayang di udara dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan melayang di udara adalah sebagai berikut.
  1. Angkatlah paha kaki bebas cepat ke posisi horizontal pada waktu bertolak.
  2. Kaki bebas diturunkan pada waktu melayang (1).
  3. Angkat posisi lengan pada waktu melayang (2).

D. Mendarat Di Bak Lompat
Teknik mendarat yaitu gerakan pendaratan yang tidak mengurangi hasil lompatan.mSebuah lompatan dalam lompat jauh dikatakan sah jika ketika tumpuan kaki mendarat dan menyentuh papan tumpu sebelum melakukan lompatan. Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan mendarat di bak lompat Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak mendarat di bak lompat dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru.Cara melakukan praktik/latihan mendarat di bak lompat adalah sebagai berikut.
  1. Tariklah lengan dan tubuh ke depan-bawah.
  2. Tariklah kaki mendekati badan.
  3. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  4. Bila kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

E. Lompat Jauh Melompati Seutas Tali.
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan lompat jauh dengan melompati seutas tali. Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak lompat jauh dengan melompati seutas tali dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan lompat jauh dengan melompati seutas tali adalah sebagai berikut.
  1. Pancangkan seutas tali yang dipasang dengan ketinggian ± 50 cm.
  2. Kemudian kamu berdiri ± 4 – 5 meter di depan seutas tali tersebut.
  3. Lalu berlari, menolak, sikap di udara, dan mendarat, melalui tali yang dipasang melintang.
  4. Lakukan pembelajaran tersebut secara berkelompok.
  5. Lakukan pembelajaran tersebut berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.

F. Lompat Jauh Dengan Melompati Tali
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan lompat jauh dengan melompati tali
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak lompat jauh dengan melompati tali dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan lompat jauh dengan melompati tali adalah sebagai berikut.
  1. Tempatkan 2 buah bangku senam (jarak antarbangku 1,5 m) dan seutas tali yang dipasang melintang.
  2. Kemudian kamu berdiri ± 1 meter di depan tanda-tanda tersebut.
  3. Lakukan gerakan melangkah melalui atas bangku senam, dan akhiri gerakan melangkah, dengan tolakan melalui atas tali yang dipasang melintang lalu mendarat.
  4. Setelah itu berpindah tempat (posisi).
  5. Lakukan pembelajaran tersebut secara berkelompok.
  6. Lakukan pembelajaran tersebut berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.

G. Lompat Jauh Dengan Awalan
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan lompat jauh dengan awalan Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak lompat jauh dengan awalan dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan lompat jauh dengan awalan adalah sebagai berikut.
  1. Bediri kurang lebih 5 – 6 meter dari papan tolakan.
  2. Kemudian melakukan lomba lompat jauh yang diawali dengan posisi melangkah menghadap bak lompat.
  3. Lalu menolak dengan kaki depan/terkuat ke depan atas.
  4. Lakukan pembelajaran tersebut secara berkelompok.
  5. akukan pembelajaran tersebut berulang-ulang sampai dapat merasakan gerakan mana yang mudah dilakukan.

H. Latihan Awalan dan Menolak
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan awalan dan menolak melalui atas boks
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak awalan dan menolak melalui atas boks dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan awalan dan menolak melalui atas boks adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.
  2. Aktivitas pembelajaran diawali dengan menolak melalui atas boks dan mendarat menggunakan satu kaki, dilanjutkan dengan dua kaki.
  3. Kemudian setelah melakukan gerakan berpindah tempat (posisi).

I. Latihan Langkah dan Menolak
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan langkah dan menolak melewati tali
Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak langkah dan menolak melewati tali dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan langkah dan menolak melewati tali adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.
  2. Aktivitas pembelajaran diawali dengan gerak langkah melalui atas bangku senam dari akhir gerakan melangkah, melakukan tolakan melalui atas tali yang dipasang melintang lalu mendarat.
  3. Peserta didik yang telah melakukan gerakan, lalu berpindah tempat (posisi).
  4. Setelah melakukan gerakan berpindah tempat (posisi).

J. Latihan Langkah Menolak dan Posisi Badan Di Udara
Fakta, konsep, dan prosedur, serta praktik/latihan langkah, menolak, dan posisi badan di udara. Pengetahuan mengenai fakta, konsep, dan prosedur gerak langkah, menolak, dan posisi badan di udara dipelajari melalui membaca dan berdiskusi sesuai lembar tugas yang diberikan oleh guru. Cara melakukan praktik/latihan langkah, menolak, dan posisi badan di udara adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.
  2. Aktivitas pembelajaran diawali dengan melangkah melalui atas bangku senam, menolak dan melenting saat di udara dengan perut/dada menyentuh benda yang tergantung di depan atas.
  3. Kemudian mendarat menggunakan kedua kaki.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.