Home » , , » Bermain Sandiwara Gantungan Kunci dari Mama

Bermain Sandiwara Gantungan Kunci dari Mama

Secara umum istilah "sandiwara" dalam bahasa Indonesia diartikan sama dengan drama. Akan tetapi secara khusus istilah sandiwara mengacu kepada kesenian pertunjukan teater drama tradisional rakyat Indonesia, khususnya di daerah Jawa Barat.

Gantungan Kunci dari Mama
“May, mama pulang!” kata Kak Riko sambil membuka pintu untuk mamanya yang baru pulang dari Yogyakarta.

Mama May adalah seorang pilot. Dia sering membawakan May gantungan kunci dari berbagai daerah. May menghampiri Kak Riko dan mamanya. Dia tampak tak bersemangat.

“Ini oleh-oleh untukmu, May,” kata Mama dengan semangat. “Terima kasih,  Ma,” sahut May lirih, tanpa semangat.

May membuka bungkus oleh-oleh itu. Tanpa melihat isinya, May sudah tahu  kalau itu gantungan kunci.

“Wah, May, bagus sekali,” kata Kak Riko. May tampak kesal. “May, gantungan kunci ini bisa kamu pasang di kunci sepedamu. Pasti bagus, May!” kata Kak Riko dengan  senang.

“Bisa juga kamu pasang di tas sekolah kamu, May,” sahut mama. Muka May  semakin masam dan cemberut. “May bosan. Tiap kali mama pergi ke luar negeri,  May hanya dibelikan gantungan kunci. Gantungan kunci May sudah banyak, Ma.  Benda ini tak bisa kubanggakan di sekolah,” kata May dengan nada meninggi.

Mama dan Kak Riko melihat May dengan sangat kecewa. May pergi ke kamarnya  dengan muka yang masih cemberut. Kak Riko mengikuti May ke kamarnya.

“May, tidak semua orang punya gantungan kunci dari berbagai daerah. Kamu  harus bersyukur. Kita dapat belajar banyak hal dari gantungan kunci ini,” kata Kak  Riko. “Belajar apa, Kak?” sahut May.

“Kita bisa mengenal ciri khas dan budaya daerah. Yang tadi mama bawakan adalah gantungan kunci berbentuk Candi Borobudur. Candi Borobudur itu salah  satu keajaiban dunia, lo!” jawab Kak Riko. “Oh, begitu, ya, Kak? Aku jadi menyesal  bersikap tidak baik kepada mama.”

May segera menghampiri mamanya. May minta maaf atas sikapnya tadi.  “Ma, maafkan May, ya. May tadi tidak menghargai pemberian mama, padahal niat mama sangat baik. Mama ingin May belajar mengenal daerah-daerah di Indonesia.”
Adegan
Adegan 1
Ambillah peran sebagai mama dan May. Mainkan adegan saat mama memberikan  oleh-oleh kepada May. Akan tetapi, May tampak tidak senang dengan oleh-oleh itu.

Adegan 2
Ambillah peran sebagai May dan Kak Riko. Mainkan adegan saat May membuka bungkus gantungan kunci. May tampak kesal, sedangkan Kak Riko takjub dengan gantungan kunci itu.

Adegan 3
Ambillah peran sebagai Kak Riko dan May. Mainkan adegan saat Kak Riko mengajak May bersyukur atas hadiah pemberian mama

Adegan 4
Ambillah peran sebagai May dan mama. Mainkan adegan saat May minta maaf kepada mama
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.