Home » , , » Unduh Software Hanacaraka V 1.0

Unduh Software Hanacaraka V 1.0

Hanacaraka V1.0 adalah software yang dapat digunakan untuk menulis huruf jawa di komputer atau laptop anda. Software pembelajaran bahasa jawa yang akan membantu kita untuk belajar bahasa jawa dengan baik dan benar, software ini adalah Hanacaraka V1.0. Anda dapat belajar mulai dari tingkat pemula hingga tingkat mahir menggunakan software Hanacaraka V1.0 ini. 

Tampilan antarmuka software ini juga sangat sederhana dan sangat mudah dipahami, anda dapat mengajari anak anda yang kesulitan dalam menulis aksara jawa dengan sangat mudah dan menyenangkan tentunya. Di dalam software Hanacaraka V1.0 ini, anda dapat mulai dengan melakukan pengenalan aksara jawa, sandangan, pasangan, dan lain-lainnya. 

Fitur yang paling menarik dari software Hanacaraka V1.0 ini adalah, adanya auto translate dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. Jadi kita cukup menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia, kemudian kita dapat langsung translate ke aksara Jawa. Selain semua fitur di atas, di dalam software Hanacaraka V1.0 ini juga terdapat berbagai macam latihan soal yang dapat kita gunakan untuk mengukur pemahaman kita mengenal aksara Jawa. 

A. Pengenalan Aksara Jawa HANACARAKA
Hanacaraka
1. Aksara Carakan
Merupakan 20 aksara pokok yang bersifat silabik (kesukukataan) yang digunakan di dalam ejaan bahasa Jawa.

2. Aksara Swara
Yaitu lima buah aksara yang digunakan untuk menuliskan aksara vokal yang menjadi suku kata, terutama yang berasal dari bahasa asing, untuk mempertegas pelafalannya.

3. Angka Jawa
Merupakan menu untuk menulis angka-angka dalam aksara Jawa

4. Aksara Murda
Aksara murda dipakai untuk menuliskan nama gelar dan nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, dan nama lembagaberbadan hukum.

5. Sandangan
Merupakan tanda diakritik yang dipakai sebagai pengubah bunyi di dalam tulisan Jawa. Di dalam tulisan Jawa aksara yang tidak mendapat sandangan diucapkan sebagai gabungan antara konsonan dan vokal a.

6. Pasangan Aksara
Pasangan merupakan aksara yang berfungsi untuk menghubungkan suku kata tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya kecuali suku kata yang tertutup wignyan, layar, dan cecak.

B. Konversi Latin Jawa dan Jawa Latin
Fitur ini meyediakan pengolahan dari latin ke huruf Jawa dan dari huruf Jawa ke latin. Anda tinggal menuliskan kata yang akan dikonversi ke huruf jawa atau sebaliknya. Pada fitur ini dbedakan untuk penulisan huruf é dan e. Untuk penulisan huruf é menggunakan alt+e. 

Konversi Aksara Jawa
Konversi Aksara memungkinkan Anda untuk secara cepat mengubah tulisan latin menjadi aksara Jawa. Andapun dapat memasukkan file teks bertipe .txt dari komputer Anda untuk langsung dikonversi menjadi Aksara Jawa.

Langkah Konversi Aksara:
Secara Langsung 
Yaitu dengan cara mengetikan teks yang akan dikonversi menjadi aksara Jawa pada kolom pertama. Apabila anda menggunakan karakter é, seperti pada penggunaan kata lélé, maka gunakan tombol  untuk memasukkannya. Atau dapat digunakan konfigurasi penekanan tombol Alt + 0 + 2 + 3 +3. Setelah selesai tekan tombol Konversi, maka hasil konversi dapat dilihat pada kolom kedua. 

Dari File .txt 
Cari file bertipe .txt yang akan Anda konversi dengan menekan tombol  setelah muncul file tersebut tekan tombol Konversi, maka hasil konversi dapat dilihat pada kolom kedua.

Soal-soal Latihan Aksara Jawa 
Menu Soal Latihan ini membantu Anda untuk mengingat aksara Jawa. Terdapat tiga tingkatan keahlian yaitu: Pemula, Menengah, dan Lanjut. Pilihan ini disesuaikan dengan kemampuan Anda. Banyaknya soal dan lama pengerjaan dapat dikonfigurasi pada menu 'Konfigurasi' pada tampilan utama program.

Secara default, soal-soal yang ditampilkan pada tingkatan pemula sebanyak 5 buah soal secara acak dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Pada tingkatan pemula soal yang ditampilkan lebih menekankan pada pengingatan bentuk dan macam aksara Jawa.

Secara default, soal-soal yang ditampilkan pada tingkatan menengah sebanyak 7 buah soal secara acak dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Pada tingkatan menengah soal yang ditampilkan lebih menekankan pada penggabungan aksara membentuk sebuah kata dasar.

Tingkat lanjut dikhususkan untuk tingkatan mahir dengan jumlah soal yang ditampilkan sebanyak 9 buah secara acak dan dengan tiga buah pilihan setiap soalnya. Durasi pengerjaan soal yaitu 100 detik. Soal yang ditampilkan pada tingkat lanjut juga merupakan kombinasi pertanyaan berbahasa Jawa dengan jawaban menggunakan aksara.

Soal-soal yang ada pada ketiga tingkatan tersebut dapat diubah dan ditambah dengan soal-soal baru dengan memilih menu Edit Soal pada tampilan utama.

Bagi anda yang membutuhkan silahkan unduh file Hanacaraka v 1.0 DI SINI
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:42 AM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.