Home » , , » Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan menulis Kalimat Langsung dan Tidak Langsung. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melaluipembahasan penulisan kalimat langsung dan tidak langsung, peserta didik mampu memahami fungsi tanda baca dan cara membaca kalimat tersebut dengan tepat.

Pada kegiatan ini peserta didik membaca teks tentang kalimat langsung dan tidak langsung. Peserta didik kemudian mengidentifikasi ciri-ciri dari kedua kalimat tersebut. Peserta didik menggunakan pengetahuannya untuk mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung pada cerita “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”.

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
Saat membaca teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”, kalian akan menemukan dua jenis kalimat. Ada yang dituliskan dengan tanda baca berupa tanda petik “.....” dan ada yang tidak. Hal serupa dapat kalian temui dalam sebuah cerita dari buku atau majalah. Apakah makna kedua jenis kalimat tersebut? Bagaimana cara menuliskan kalimat dengan tepat?
Kelinci dan Burung
Kalimat Langsung 
Kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan langsung oleh  pembicara kepada orang yang dituju.

Contoh: 
  1. “Aku bosan,” jawab Kelinci Kecil.
  2. “Adi, tunggu!” panggilku.

Kalimat Tidak Langsung 
Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang mengutarakan kembali isi perkataan pembicara dalam bentuk kalimat berita.

Contoh:
  1. Kelinci Kecil mengatakan bahwa ia sedang bosan.
  2. Aku memanggil Adi agar menungguku.

Perubahan Kalimat Langsung menjadi Tidak Langsung
Perubahan kalimat langsung → kalimat tidak  langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah perubahan kata ganti 
  1. Saya/Aku → Dia 
  2. Kami → Mereka
  3. Kamu → Saya
  4. Kalian/Kita → Kami

Perubahan kalimat tidak langsung → kalimat  langsung: Hal yang harus diperhatikan adalah:
  1. Perubahan subjeknya (kamu  menjadi saya atau aku, kalian  menjadi mereka);
  2. Tidak lagi menggunakan tanda petik ( “ )
  3. Dapat menambahkan kata “bahwa”.

Setelah membaca dan mendengarkan penjelasan dari guru, dapatkah kalian  menjelaskan ciri-ciri kalimat langsung dan tidak langsung? Berikan contoh kalimat langsung dan tidak langsung lainnya yang kalian dapati  pada teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit”.

Latihan
Ubahlah kalimat di bawah ini dari kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung  atau sebaliknya
No.Kalimat LangsungKlimat Tidak Langsung
1.Budi mengatakan, “Baju yang kupakai ini hadiah ulang tahunku.”Budi mengatakan bahwa baju yang ia pakai adalah hadiah ulang tahun untuknya.
2.Ayah berkata, “Rapikan dulu meja belajarmu sebelum kamu tidur!”Ayah menyuruhku merapikan meja belajar sebelum aku tidur.
3.“Kita harus selalu hidup jujur,” nasihat kakek kepada Tari.Kakek menasihati Tari agar selalu hidup jujur.
4.“Kapan buku ceritaku akan kamu kembalikan?” tanya Dion kepada Abi. Dion menanyakan kepada Abi kapan buku ceritanya akan dikembalikan Abi.
5.Ibu Guru berkata, “Jangan lupa untuk mengembalikan buku ke perpustakaan sebelum libur tiba.”Ibu Guru mengingatkan kami agar mengembalikan buku ke perpustakaan sebelum libur tiba.

Kreativitas
Ceritakan kembali teks “Kelinci Kecil dan Burung Pipit” dengan bahasa kalian sendiri. Kalian dapat membuatnya dalam bentuk dialog dengan teman kalian di depan kelas dengan menggunakan kalimat langsung atau menceritakannya kembali dengan kalimat tidak langsung.
Kelinci Kecil dan Burung Pipit
Suatu hari kaki Kelinci Kecil kakinya terantuk batu saat akan mengambil timun di kebun Pak Rusa. Burung Pipit segera terbang menghampirinya dan menasehati agar Kelinci Kecil meminta izin dulu sebelum mengambil wortel. 

Burung Pipit menanyakan mengapa Kelinci Kecil berada di luar sarang. Padahal Pak Singa memerintahkan semua penghuni hutan tinggal di sarang masing-masing. Kelinci Kecil merasa bosan karena sudah dua minggu berdiam di sarang.

Ibunya mengatakan bahwa hanya induk-induk binatang yang boleh keluar untuk mencari makanan. Tidak ada yang boleh bersentuhan dengan binatang lain dan harus menjaga jarak dan kebersihan supaya tidak tertular penyakit. Namun kelinci kecil tidak mengacuhkannya. 

Burung pipit meminta Kelinci Kecil segera pulang dan meminta maaf pada Ibumunya. Kelinci Kecil bergegas pulang dan berjanji dalam hati tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi. 

Demikian pembahasan mengenai Kalimat Langsung dan Tidak Langsung. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:49 PM

4 komentar:

  1. Tentang kelinci kecil dan burung Pipit itu aku sudah belajar di sekolah kak

    ReplyDelete
  2. Yes,, bagus tank you bang

    ReplyDelete
  3. terimakasih, sangat membantu

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.