Home » , , » Infografik Proses Membuat Buku

Infografik Proses Membuat Buku

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka Bab II Buku Jendela Dunia terdapat kegiatan tentang Infografik Proses Membuat Buku. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah Melalui kegiatan presentasi, peserta didik mampu menceritakan secara runut proses membuat buku beserta orang-orang yang berperan di dalamnya.

Pada kegiatan ini peserta didik mempresentasikan informasi dengan runut, dengan menggunakan contoh-contoh untuk mendukung pendapatnya. Menyesuaikan metode presentasi dengan perhatian atau minat pendengarnya.

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphic sadalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Infografis sering menjadi pilihan utama dalam proses penyampaian informasi. Sebab, sebagai konten visual, infografis yang berisi rangkuman data serta informasi dapat lebih mudah menyampaikan pesan kepada publik. Semakin menarik dan bagus desain infografis, maka kemungkinan konten tersebut mendapat tanggapan positif dari audiens jadi lebih besar.

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, seperti pada zaman manusia purba dimana banyak terdapat lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Penliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan melalui teks.

Perhatikan dengan saksama teks infografik berikut ini. Teks ini menggambarkan proses membuat buku dari awal penulisan hingga menjadi buku yang siap dibaca. Bacalah dalam hati dan pahamilah. Setelah itu, ceritakan proses membuat buku sesuai dengan petunjuk pada teks infografik.
Infografis
Kosa Kata baru
Berikut adalah daftar kosakata baru dari teks infografik “Proses Membuat Buku”. Dapatkah kalian mengenal maknanya? Tuliskan jawaban pada buku tulis kalian.

Penulis, Ilustrator, Percetakan, Editor, Perpustakaan, Naskah, Desain Grafis, Toko Buku, Penerbit

Latihan
Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini dengan menggunakan kosakata dari daftar di atas.
  1. Proses membuat buku dimulai saat seorang penulis cerita menuliskan idenya.
  2. Naskah cerita akan diperiksa dan diperbaiki terlebih dahulu oleh editor.
  3. Setelah selesai dibuat maka naskah cerita akan segera dikirim ke penerbit.
  4. Cerita akan dibuatkan gambar oleh ilustrator.
  5. Setelah cerita dilengkapi dengan gambar maka desain grafis akan membukukan cerita tersebut.
  6. Buku yang sudah jadi akan dikirim ke percetakkan untuk diperbanyak.
  7. Buku yang diperbanyak siap dikirim ke berbagai toko buku di seluruh Indonesia.
  8. Kalian dapat membaca berbagai koleksi buku cerita saat berkunjung ke perpustakaan di sekolah kalian.

Demikian pembahasan mengenai Infografik Proses Membuat Buku. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:35 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.