Home » , , » Seni Dekoratif Menggambar Taplak Meja dan Teralis

Seni Dekoratif Menggambar Taplak Meja dan Teralis

Pada pembelajaran Seni Rupa Kelas IV Sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat pembelajaran mengenai Seni Dekoratif Menggambar Taplak Meja dan TeralisTujuan pembelajaran pada ali ini adalah peserta didik mengenal ragam hias dekoratif budaya Nusantara, mengetahui jenis-jenis ragam dekoratif Nusantara, dapat membuat ragam hias dekoratif secara sederhana, dan dapat lebih mencintai tradisi lokal khas Indonesia.

Mengingat Indonesia adalah negara tropis yang subur, kebanyakan motif berupa flora/tumbuhan. Melalui materi seni dekoratif, para siswa akan diajak mengenal keindahan cita rasa seni dari daerah masing-masing. Kita bisa mengetahuinya dengan bertanya pada ibu kita tentang kain adat, rumah tradisional atau ukiran meubel. Dari ibu kita, kita akan mengetahui dari mana kain itu berasal, apa arti hiasannya serta bagaimana karya tersebut dibuat.

Seni dekoratif berasal dari kata dekoratif yang berati menggambar dengan tujuan mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Gambar dekoratif juga dapat diartikan sebagai gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh dekat atau gelap terang tidak terlalu ditonjolkan.

Secara umum, seni dekoratif memiliki arti sebagai kemampuan dalam membuat tampilan suatu objek menjadi cantik dan indah. Keterampilan ini dapat dilakukan pada objek ruangan, bangunan, dinding, dan lain sebagainya dengan cara melukis, ataupun mengukir benda-benda seperti kayu, batu, logam, tekstil, dll.

B. Ciri-Ciri Seni Dekoratif
Seni dekoratif merupakan salah satu jenis seni rupa yang memiliki kaitan dengan desain serta dekorasi suatu benda. Seni dekoratif ini dapat disebut juga sebagai seni ornamen yang dapat diartikan sebagai suatu dekorasi yang digunakan untuk memperindah dari sebuah bangunan, tembok atau objek-objek tertentu. Seni ini memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jenis seni lainnya.

Seni dekoratif memiliki sifat kegarisan, berpola dan beritme, warna yang rata dan sempurna dengan tujuan untuk memperbarui kembali dan menarik mata yang melihat, dan dibuat untuk tujuan dasar menghias, mempercantik dan memperindah suatu objek mempercantik dan memperindah suatu objek seperti ruangan, bangunan atau objek-objek lainnya.

Seni dekoratif menjadikan manusia lebih kreatif lagi untuk membuat tampilan suatu objek menjadi enak dan nyaman dipandang mata. Seni dekoratif juga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai cara-cara untuk mendekorasi suatu ruangan, bangunan atau objek-objek lainnya.

Seni dekoratif membantu menyampaikan pesan ataupun memudahkan orang-orang untuk dapat mencerna suatu objek yang telah dibuat. Meningkatkan nilai jual suatu objek karena tampilannya yang lebih menarik daripada sebelumnya.

C. Jenis Seni Dekoratif
Berbagai gaya seni dekoratif dan motif telah dikembangkan untuk lukisan, mural, reliefpatung, arsitektur dan seni terapan, termasuk tembikar, mebel, keramik, logam, tekstil, kertas, dinding dan benda-benda lain. Apa saja jenis seni dekoratif?

1. Seni Dekoratif Figuratif
Seni dekoratif figuratif merupakan jenis seni menghias yang meniru bentuk-bentuk atau figur dari alam. Bentuk- bentuk ini dapat berupa manusia dengan ragam jenis dan kegiatannya, binatang dengan berbagai wujudnya, tumbuhan atau tanaman, atau pemandangan - pemandangan alam seperti laut, gunung, bukit, dan lain sebagainya.

Pada seni dekoratif terdapat pula jenis hiasan yang menggambarkan tentang realita kehidupan sehari-hari. Namun meski penggambarannya menyerupai bentuk alam serta kehidupan yang nyata, tidak serta merta menjadikan dekorasi figuratif ini meniru secara persis realitas tersebut.

Seni dekoratif figuratif memiliki ciri khas menggambarkan suatu figur atau bentuk-bentuk di alam yang kita kenali. Misalnya pemandangan, hewan, kota, pasar dan lukisan kehidupan sehari-hari. Dalam penciptaan ragam hias ini dilakukan deportasi terhadap bentuk-bentuk asli dengan cara penyederhanaan dari motif aslinya, menstilir atau menggayakan, dan menggabungkan dengan bentuk lain sehingga menjadi motif baru

2. Seni Dekoratif Geometris
Seni dekoratif geometris. Jenis ini lebih cenderung tidak terikat pada bentuk-bentuk alam dan realita yang nyata melainkan pada bidang-bidang geometris yang dilipatgandakan hingga membentuk motif dan pola.
 
Seni dekoratif geometris adalah karya-karya seni rupa yang bebas dari peniruan alam, perwujudannya merupakan susunan motif, bentuk, atau pola tertentu ditata sedemikian rupa. Seni rupa ini mempunyai ciri khas menggambarkan suatu figur atau bentuk-bentuk di alam yang kita kenali.

Macam-macam seni dekoratif geometris adalah:pemandangan, hewan, perkotaan. pasar dan sebagainyaDalam lukisan geometris memiliki kecenderungan rasional dan terikat dengan pola, motif dan bentuk dan teknik pelukisan dan menuntut ketrampilan dan kesabaran dalam kreasinya.

Indonesia memiliki banyak sekali seni dekoratif dengan motif yang sangat kaya. Setiap daerah memiliki ragam hias dengan motif yang beragam pada benda- benda hasil karya seperti ukiran, hiasan pada bangunan, gerabah, mebel, hiasan pada kain dan taplak
 
Seni dekoratif di Indonesia memiliki nilai sejarah dan makna budaya yang sangat kaya. Motif yang banyak dipakai dalam seni dekoratif di Indonesia adalah motif flora atau tumbuhan 
Taplak Meja
Gambar dekoratif merupakan gambar dengan corak dekor atau hias. Corak dari gambar dekoratif biasanya menggayakan objek sehingga tidak mirip dengan aslinya. Corak gambar dekoratif dapat berupa tumbuhan, hewan, dan manusia
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:10 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.