Home » , , » Mengenal dan Memainkan Notasi balok

Mengenal dan Memainkan Notasi balok

Pada pembelajaran seni musik kelas v sekolah dasar Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Mengenal dan Memainkan Notasi balok. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu membaca dan memainkan not balok secara ritmis, mulai dari not penuh (4 ketuk), not 1/2 (2 ketuk), dan not 1/4 (1 ketuk). Apabila ketiga bentuk not tersebut sudah dikuasai, boleh dilanjutkan dengan not 1/8 (setengah ketuk).

Notasi balok adalah tulisan musik dengan mempergunakan 5 garis sejajar yang sama panjang dan jaraknya. Notasi ini merupakan notasi yang paling populer dan paling sering digunakan dalam menuliskan notasi instrumen musik. Notasi balok juga dapat dikatakan sebagai media pengantar untuk mempelajari seluruh alat musik Barat (nontradisi). Seseorang yang menguasai notasi balok secara baik dapat memainkan lagu apa saja walaupun belum pernah mempelajari atau mendengar lagu tersebut.Beberapa keunggulan notasi balok, antara lain sebagai berikut:
  1. Posisinya pada alat musik pasti dan mutlak (tidak berubah-ubah). Misalnya, not C tengah pada piano, pada notasi balok posisinya sudah pasti. Adapun pada not angka, posisi 1 atau do bisa berubah-rubah sesuai nada dasarnya.
  2. Berlaku umum untuk semua alat musik (nontradisi) dan diakui secara internasional.
  3. Secara visual dapat dilihat pergerakan naik turunnya nada.

Beberapa kekeliruan dalam mempelajari not balok, antara lain sebagai berikut:
  1. Menganggap notasi balok susah dipelajari.
  2. Tidak mempraktikkan secara langsung ketika mempelajari notasi balok.
  3. Tidak menggunakan alat musik sebagai sarana utama untuk mempelajari ataupun memberi pelajaran notasi balok

A. Mengenal Bentuk dan Nilai Not Balok
Salah satu hal utama terbentuknya suatu musik ialah ritmis. Di dalamnya mengandung nilai notasi penyusunnya. Untuk itu, nilai notasi inilah yang harus dikuasai terlebih dulu agar dapat menghasilkan ritmis musik yang baik. Nilai not balok menentukan jumlah ketukan dari setiap not yang dimainkan. Notasi balok memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai nilainya.
Not
B.  Memainkan Ritme/Ketukan Not Balok Berdasarkan Nilai Not
Ketukan/ritme maupun nilai not sangatlah penting. Kesalahan pada ketukan dapat berakibat berubahnya irama suatu lagu. Siapkan stik kayu untuk memainkan not-not yang tertulis dan mulailah memainkan not dengan memukulkan kedua stik kayu. Memukul stik kayu bisa digantikan dengan bertepuk tangan.
Latihan
  1. Pertama, guru memainkan not 1/4 sebanyak 4 bar dengan tempo sedang (80–90), kemudian diikuti oleh peserta didik dengan memainkan not yang sama.
  2. Guru memainkan not 1/2 sebanyak 4 bar dengan tempo sedang, kemudian diikuti oleh peserta didik dengan memainkan not yang sama.
  3. Guru memainkan not penuh sebanyak 4 bar dengan tempo sedang, kemudian diikuti oleh peserta didik dengan memainkan not yang sama.
  4. Guru memainkan variasi dari not-not di atas sebanyak 8 bar, kemudian diikuti oleh peserta didik dengan memainkan not yang sama

Apabila ketiga bentuk not balok tersebut sudah dikuasai, guru bisa melan jutkan mengenalkan not 1/8 dengan nilai ½ ketuk yangketukannya lebih rapat dari not ¼
not 1/8
Selain harus dapat membaca, peserta didik juga harus bisa menuliskan notasi balok agar apa yang telah dipelajari selalu diingat.
Menulis Not
  1. Siapkan buku bergaris, pensil, dan penggaris.
  2. Buatlah 5 garis datar yang sejajar dan sama panjang, serta jaraknya sesuai dengan garis sepanjang halaman buku.
  3. Kemudian, bubuhkanlah kunci G di sebelah kiri garis paranada.
  4. Mulailah dengan menulis not C (not penuh) dengan pensil pada paranada yang telah kita buat tadi. Gambarlah hingga ke akhir baris dengan jarak ± 2 cm

Demikian pembahasan mengenai Mengenal dan Memainkan Notasi balok, semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.