Home » , , » Membaca dan Memahami Pesan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Membaca dan Memahami Pesan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

Surat Al-Hujurat merupakan surat yang ke-49 dalam Alquran yang terdiri dari 18 ayat yang kompleks. Secara umum, Surat Al-Hujurat membahas tentang konflik dan perdamaian secara berdampingan. Ayat 13 pada Surat Al-Hujurat ini menjadi salah satu ayat yang menjelaskan tentang prinsip dasar relasi antarmanusia.

Ayat ini juga membahas tentang nilai kemanusiaan di sisi Allah SWT dengan menegaskannya melalui asal usul terciptanya manusia. Adapun maksud yang ingin disampaikan pada Surat Al-Hujurat ayat 13 ini adalah agar manusia dapat saling mengenal dengan sesamanya. Dengan begitu, hal ini dapat semakin memudahkan setiap insan untuk saling memberi manfaat.

A. Membaca Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Ya ayyuhan-nāsu inna khalaqnakum min żakariw wa unṡa wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ, inna akramakum 'indallāhi atqākum, innallaha 'alīmun khabīr.
Ketika kalian membaca Al-Qur’an, perhatikan makhārijul hurūf dan hukum bacaan tajwid yang terdapat pada bacaan tersebut. Tulisan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 tersebut berwarna-warni dengan tujuan memudahkan kalian dalam membedakan hukum bacaan.
Bacaan
Aktivitasku
Ayo, latihan membaca surah Al-Ḥujurāt/49:13!
Bacalah berulang-ulang agar kalian dapat membaca surah Al-Ḥujurāt/49:13 dengan benar!

Aktivitas Kelompok
Temukan contoh bacaan tajwid pada Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13!
gunnahqalqalahmad
gunah1
qolqolah1
mad1
gunah2
qolqolah2
mad2
gunah3

mad3
Gunah4

mad4


mad5


mad6


mad7


mad8


mad9

Mengartikan Surah Al-Ḥujurāt/49:13
terjemahan
Bacalah terjemah Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
Terjemah:
Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Aktivitas kelompok
Pasangkan ayat dan terjemahnya!
pasangan
B. Memahami Pesan Pokok Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13
Manusia tercipta dengan aneka ragam. Ini adalah anugerah Allah Swt. yang patut kita syukuri. Bagaimana keragaman dalam keluarga kalian? Coba kalian tulis perbedaan jenis kelamin, bentuk fisik, dan macam-macam sifat dalam keluarga kalian! Pernahkah kalian bergotong-royong bersama orang yang berbeda agama? Mengapa kalian harus membantu orang lain walaupun berbeda suku atau bangsanya?

Allah Swt. melalui Al-Qur’an memberikan gambaran kepada kita tentang keragaman manusia, tujuan penciptaan keragaman dan kemuliaannya di hadapan Allah Swt.

Bacalah dengan cermat tafsir ringkas Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 berikut ini!
Wahai manusia! Sesungguhnya, Kami telah menciptakan kalian berasal dari seorang pria dan seorang wanita, yakni keturunan yang sama dari Adam dan Hawa. Seluruh manusia sama derajat kemanusiaannya, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan suku yang lain.

Kemudian Kami jadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling membantu, saling melengkapi dan bekerja sama, bukan saling mengolok-olok dan saling memusuhi antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. 

Allah Swt. tidak senang terhadap orang yang menampakkan kesombongan dengan keturunan, kekayaan atau kepangkatan, karena sesungguhnya yang paling mulia di hadapan Allah Swt. hanyalah orang yang paling bertakwa. Karenanya, kalian hendaknya berusaha untuk meningkatkan ketakwaan supaya menjadi orang yang mulia di hadapan Allah Swt. 

Sesungguhnya, Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, Allah Swt. Mahateliti sehingga tidak ada satu pun perbuatan manusia yang terlewat dari pengetahuanNya.

Di tengah keragaman itu, maka manusia diminta untuk saling berlapang dada dan bertenggang rasa. Manusia sebagai wakil Allah Swt. di atas bumi mendapat mandat untuk mengelola dan menjaga kelestarian planet ini. Dalam rangka itu, manusia harus mencipta suasana harmoni dan damai. “Berbeda dalam persaudaraan. Bersaudara dalam perbedaan”

Demikian pembahasan mengenai Membaca dan Memahami Pesan Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13. Semoga tulisan ini bermanfaat. Mohon koreksinya jika ada kesalah penulisan pada tulisan ini.

Sumber : Buku Pendidikan Agama Islam Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud dan Kemenag
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.