Home » , , » Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik

Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik

Tujuan pembelajaran muatan ini adalah peserta didik dapat mengasah kemampuannya mendengar dan mengenali berbagai bunyi yang ada di lingkungan sekitar. Peserta didik dapat mengenali berbagai jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya. Peserta didik dapat mengenali jenis alat musik berdasarkan bunyi yang dihasilkan. Peserta didik dapat mengimajinasikan dan mengkorelasikan bunyi-bunyi yang ada di lingkungan sekitar dengan jenis alat musiknya

Pembelajaran 1, aktivitas mendengarkan dan mengidentifikasi menjadi materi utama sebagai dasar aktivitas pendidikan musik. Mengajar semua peserta didik untuk dapat mengenali berbagai jenis bunyi-bunyian dan alat musik telah menjadi dasar memperkenalkan pengajaran musik secara umum. Pada pertemuan 1 ini guru dapat mendorong peserta didik untuk terlibat pasif dalam mengeksplorasi berbagai sumber bunyi yang berasal dari berbagai jenis alat musik sebagai dasar untuk berkreativitas. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran PAKEM dengan anjuran metode eksperimen dan permainan untuk penerapannya.

A. Bunyi
Bunyi bisa diartikan sebagai unsur suara yang dapat diberdayakan menjadi kesatuan harmoni dalam suatu kegiatan musikal. Unsur musik yang satu ini berkaitan dengan tinggi rendahnya bunyi dalam musik. Bunyi merupakan bagian terpenting dari musik. Bunyi yang dipelajari dapat melatih kepekaan telinga peserta didik untuk mendengarkan (listening) bukan hanya mendengar (hearing). Untuk mengembalikan sensifitasnya kembali, seseorang harus mau untuk belajar mendengarkan salah satunya dengan memahami berbagai bunyi yang ada di sekitar kita. Menurut R. Murray Schafer (dalam A Sound Education : 1992) di era teknologi yang serba cepat banyak orang yang mengalami penurunan efektifitas pendengaran.

Berdasarkan hal tersebut, guru dapat menjadikan bunyi-bunyian yang ada di lingkungan sekitar seperti suara langkah kaki, pintu terbuka, lalat terbang, tetesan air, ketukan pulpen dengan meja, gesekan penghapus papan tulis, dentingan suara penjual bakso keliling, dan sebagainya. Suara-suara tersebut sebagai materi bunyi yang akan mengantarkan antusiasme murid untuk penjelasan mengenai materi jenis-jenis alat musik yang dapat diidentifikasi dari bunyi yang dihasilkan dari cara memainkannya.

Bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh suara-suara di sekitar dapat dijadikan materi untuk merangsang imajinasi peserta didik dalam menjelaskan sesuatu yang abstrak. Contohnya suara langkah kaki atau ketukan meja yang identik dengan alat musik pukul, suara pintu yang terbuka atau gesekan penghapus papan tulis yang identik dengan alat musik gesek, suara angin, burung atau siulan seseorang yang identik dengan alat musik tiup, gemericik air hujan yang identik dengan alat musik petik dan sebagainya. 

Materi bunyi yang ada di sekitar dapat dijadikan pembuka dalam menjelaskan berbagai jenis alat-alat musik moderen. Jenis alat musik yang akan dipresentasikan contohnya seperti biola yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara digesek, seruling atau terompet yang dihasilkan dengan cara ditiup, drum atau tamborin yang dihasilkan dengan cara dipukul, dan sebagainya.

B. Jenis Jenis Alat Musik
Berdasarkan cara memainkannya, alat musik terbagi menjadi 5 (lima) jenis, diantaranya yaitu alat musik sentuh atau tekan, alat musik pukul, alat musik tiup, alat musik gesek, dan alat musik petik. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.
Alat Musik
a. Alat Musik Sentuh atau Tekan
Alat musik sentuh atau tekan adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara disentuh atau ditekan. Setelah kamu menyentuh atau menekan alat musik ini maka akan keluarlah sebuah irama suara yang timbul akibat sentuhan atau tekanan yang kamu lakukannya tersebut.

Pada biasanya, jenis alat musik tersebut mempunyai 2 (dua) jenis yakni alat musik sentuh atau tekan manusia, dan juga elektronik. Keduanya memiliki perbedaan, diantaranya yaitu terletak pada alat yang disentuh atau ditekan, dan efek suara yang muncul beraneka macam. Contoh dari jenis alat musik sentuh atau tekan ini yaitu Organ, Keyboard, Piano, dan lain sebagainya.

b. Alat Musik Pukul
Alat musik pukul adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul. Pada umumnya alat musik jenis tersebut dipukul dengan menggunakan tangan maupun benda lainnya sebagai penggantinya, misalnya tongkat atau stik.

Alat musik jenis ini biasanya cenderung tidak memiliki tangga nada, dan juga kunci yang spesifik. Nada yang dipakainya tersebut bersifat sebagai pelengkap. Pada umumnya, ketika pertunjukan dimulai alat musik ini dimainkan setelah iringan alat musik lainnya memperoleh nada yang sesuai. Hal itu supaya semua iringan dapat terdengar secara selaras.

Jenis alat musik pukul ini memiliki 2 (dua) macam yaitu alat musik pukul dengan menggunakan nada, dan juga tanpa menggunakan nada. Contoh alat musik pukul yang memakai nada seperti perangkat gamelan, arumba, kulintang, calung, bellira, vibraphone, xylophone, glockenspiel, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan contoh alat musik pukul tanpa menggunakan nada yaitu rebana, gendang, tamborin, ketipung, triangle, symbal, kastanyet, tympani, gong, drum set, pauken, dan lain sebagainya.

c. Alat Musik Tiup
Alat musik tiup adalah salah satu jenis alat musik yang cara memainkannya dengan cara meniup. Jenis alat musik ini mempunyai lubang-lubang di setiap nada-nadanya menjadi suara. Sehingga alat musik tersebut bisa menghasilkan sebuah bunyi yang berbeda-beda.

Cara meniup alat musik ini tidak boleh sembarangan, sebab terdapat aturan, dan berbagai teknik supaya bisa mengeluarkan suara yang merdu. Adapun caranya yaitu dengan cara meniup tipis, sedang, dan juga sekuat tenaga. Contoh dari jenis alat musik tiup, diantaranya yakni tuba, harmonica, bason, seruling, recorder, flute, horn, pianika, clarinet, terompet, saksofon, dan masih banyak lagi lainnya.

d. Alat Musik Gesek
Alat musik gesek adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara menggesekkan senar pada alat musik tersebut. Pada biasanya, jenis alat musik gesek ini dipakai ketika ada sebuah pertunjukan teater, opera, Broadway, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan  Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.