Home » , » Menyimak Teks “Jauh dan Dekat”

Menyimak Teks “Jauh dan Dekat”

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Bab III Lihat Sekitar terdapat kegiatan menyimak bacaan berjudul Jauh dan Dekat. Tujuan kegiatan pembelajaran kali ini adalah melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.

Jauh dan Dekat
Ada banyak cara orang bepergian. Paling mudah, tentu saja dengan berjalan kaki. Namun, untuk menempuh jarak yang jauh, berjalan kaki sungguh melelahkan. Kita membutuhkan kendaraan. Dengan demikian, perjalanan bisa ditempuh dengan lebih cepat.

Kendaraan juga disebut alat transportasi. Berdasarkan tenaga penggeraknya, kendaraan terbagi menjadi dua yaitu kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Kendaraan yang digerakkan oleh mesin antara lain mobil, sepeda motor, pesawat terbang, dan kereta api. Sementara itu, delman, gerobak, kereta kuda digerakkan oleh hewan, sedangkan sepeda digerakkan oleh kaki pengendaranya.

Menariknya, orang-orang juga mengendarai hewan secara langsung, tidak duduk di atas kereta atau gerobak yang ditarik hewan. Hewan yang dijadikan tunggangan ataupun sebagai penarik kereta biasanya memiliki kelebihan seperti kuat berjalan jauh, kuat membawa beban, atau mampu berlari kencang. Mungkin kalian sudah tahu kuda, sapi, atau kerbau dijadikan tunggangan ataupun penarik kereta. Di negara lain orang-orang juga menaiki keledai, unta, bahkan gajah.

Berdasarkan tempat pemakaiannya, ada kendaraan yang digunakan di daratan, di perairan, dan di udara. Kendaraan darat misalnya sepeda, mobil, truk, kereta api, atau hewan seperti kuda dan unta.
Alat ANgkut
Di sebagian daerah yang memiliki banyak sungai, bepergian lewat air terkadang lebih disukai. Walaupun sudah ada jalan raya, banyak orang di sana yang tetap memilih lewat sungai. Alat transportasi di sungai antara lain sampan, perahu cepat, atau kapal. Kapal yang berukuran besar bahkan bisa mengarungi lautan.

Ada jenis kendaraan yang mampu melintas di udara. Ada helikopter dan pesawat terbang, kecil ataupun besar. Ada pula kendaraan yang sampai ke luar angkasa, disebut pesawat luar angkasa.

Berdiskusi
1. Mendiskusikan Bacaan
Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!

a. Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
Alat transportasi yang digunakan di sungai dan laut adalah sampan, perahu cepat, atau kapal. Ada alat transportasi yang sama yaitu kapal dapat digunakan baik di sungai maupun di laut.
b. Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
Dokar merupakan kendaraan tradisional beroda 2 yang ditarik kuda, Pengemudi dokar disebut kusir. Dokar dapat ditemukan di beberapa tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta, dan Malioboro.
c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
Di daerahku (Jawa Tengah) perahu disebut dengan prau.
d. Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?
Menurut saya penyebab beragamnya jenis kendaraan adalah karena beragamnya kebutuhan manusia dan kondisi alam yang berbeda. Beragamanya kebutuhan dan kondisi alam yang berbeda menuntut manusia menyesuaikan diri.

2. Pilih Kendaraan
Untuk kegiatan berikut ini, kalian perlu membentuk kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 orang. Setiap kelompok memilih satu moda transportasi di antara empat yang disediakan. Satu moda transportasi hanya boleh dipilih oleh satu kelompok.
  1. Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Misalnya, Kelompok Darat memilih mobil, Kelompok Laut memilih perahu cepat, Kelompok Udara memilih pesawat terbang, dan Kelompok Hewan memilih unta. Tentu saja kalian boleh mengusulkan kendaraan lain di kelompok kalian.
  2. Setiap kelompok mendiskusikan kendaraan pilihannya. Seberapa cepat kendaraannya itu bisa berjalan? Apa keuntungan menggunakan kendaraan tersebut? Apa kekurangannya?
  3. Tuliskan hasil diskusi tersebut! 
  4. Presentasikan ke depan kelas secara bergiliran!

Kelompok Transportasi Darat Mobil
Kecepatan mobil berbeda-beda sesuai dengan jenis mesin yang digunakan. Ada beberapa mobil sport yang dapat mencapai kecepatan 300 km/jam. Bahkan kecepatan maksimal sebuah mobil F1 dapat mencapai 379 km/jam

Keuntungan menggunakan mobil
  1. Tidak kepanasan dan kehujanan
  2. Lebih cepat sampai ke tujuan
  3. Jika perjalanan jarak jauh lebih aman dan nyaman
  4. Lebih efisien saat bepergian bersama keluarga
  5. Lebih aman untuk anak-anak

Kekurangan Menggunakan Mobil
  1. Jika terjadi kemacetan tidak bisa melalui jalan sempit/gang
  2. Harga dan biaya perbaikan mobil lebih mahal dibandingkan motor
  3. Lebih besar biaya perjalanan jika dibandingkan menggunakan motor
  4. Mengeluarkan banyak asap yang dapat menyebakan polusi udara
  5. Biaya pajak lebih tinggi

Kelompok Tranportasi Air Kapal Cepat
Perahu cepat/speedboat adalah jenis perahu kecil dan dengan kecepatan tinggi. Jet air ini sanggup berlayar dengan kecepatan maksimal hingga 300 km/jam.

Keuntungan menggunakan kapal cepat
  1. Lebih cepat sampai ke tujuan.
  2. Dapat bergerak lebih lincah dan lebih leluasa.
  3. Dapat menampung lebih banyak penumpang.
  4. Bebas dari kemacetan.
  5. Fasilitas keamanan lebih lengkap (pelampung)

Kekurangan menggunakan kapal cepat
  1. Tarif lebih mahal dibandingkan angkutan lain
  2. Sering terjadi kecelakaan
  3. Biaya perawatan lebih mahal
  4. Bagi yang tidak biasa dapat menyebabkan mabuk
  5. Menimbulkan polusi udara

Kelompok Transportasi Udara Pesawat Terbang
Pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang adalah kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat berjenis Boeing 787 dapat bergerak dengan kecepatan mencapai 1.289 km/jam.

Keuntungan menggunakan pesawat terbang
  1. Naik pesawat terbang jauh lebih aman dibanding kendaraan lainnya. Terbukti dari kecelakaan pesawat terbang terbilang lebih sedikit.
  2. Hemat waktu dan hemat tenaga.
  3. Pilihan rute lebih banyak.
  4. Terhindar dari kemacetan
  5. Lebih nyaman dan aman

Kekurangan menggunakan peswat terbang
  1. Biaya lebih mahal
  2. Jika terjadi kecelakaan akibatnya fatal
  3. Menyebabkan mabuk udara
  4. Tidak bisa menggunakan ponsel
  5. Barang bawaan terbatas

Kelompok Hewan Unta
Unta adalah salah satu hewan paling luar biasa di dunia. Mereka mampu bertahan hidup di gurun, salah satu tempat yang paling ekstrem bagi makhuk hidup. Unta dapat berlari di rute padang pasir sejauh 8 km dengan kecepatan rata-rata 64 km/ jam. 

Keuntungan menggunakan unta
  1. Mampu mengangkut beban yang berat
  2. Mampu menerjang dinginnya suhu gurun di malam hari
  3. Dapat tahan haus selama berhari-hari.
  4. Hemat biaya dan tenaga
  5. Terhindar kemacetan dan ramah lingkungan

Kekurangan menggunakan unta
  1. Membutuhkan waktu lama karena unta berjalan lambat
  2. Hanya dapat dinaiki 1 atau 2 orang saja
  3. Jika unta mogok/sakit membutuhkan waktu lama untuk penyembuhannya
  4. Beban yang dapat dibawa terbatas
  5. Kotoran hewan unta dapat mengganggu kenyamanan

Demikian pembahasan mengenai Menyimak Teks “Jauh dan Dekat”. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:14 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.