Home » , » Membuat Daftar Piket Kelas

Membuat Daftar Piket Kelas

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah terdapat kegiatan membuat daftar piket. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi agar mudah dipahami pendengar

Piket kelas diartikan sebagai kegiatan bersih-bersih secara kolektif yang dilakukan oleh beberapa regu siswa untuk mencapai tujuan bersama. Lewat piket kelas, tanpa disadari, kamu sebenarnya sedang melatih kerja sama atau gotong royong dengan sesama. Sebab, hal ini merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama, sukarela, sekaligus ditujukan untuk mempererat kebersamaan.

Keikutsertaanmu dalam membersihkan kelas minimal satu kali dalam seminggu saja sudah besar untuk satu kelas. Rasa peduli pada kebersihan secara sederhana bisa dipupuk dari kegiatan ini. Coba bayangkan, jika kamu belajar di ruang kelas yang kotor dengan sampah berserakan dan berdebu. Pasti tidak nyaman.

Di awal masa tahun ajaran baru, biasanya para siswa dan wali kelas tidak langsung melakukan kegiatan belajar mengajar. Demi memperlancar kegiatan belajar, penting untuk menentukan kelengkapan kelas terlebih dahulu seperti struktur organisasi, jadwal pelajaran, dan termasuk jadwal piket kelas. Sekretaris kelas atau salah seorang siswa biasanya ditugaskan untuk membuat jadwal piket kelas ini. Cara membaginya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama, hitung terlebih dulu berapa total siswa dalam kelas. Misalnya ada 30 siswa dan kelas berjalan selama 6 hari. Kalian tinggal membagi banyaknya siswa dengan hari. Hasilnya, dalam satu hari akan ada 5 orang yang menjalani piket. 
  2. Urutkan daftar siswanya berdasarkan absen kelas, urutan nomor ganjil-genap, atau berdasarkan kesepakatan bersama. Nah, kalau jadwalnya sudah ditentukan, sekarang saatnya kamu cari tahu apa saja sih tugas-tugas yang harus dijalani saat piket kelas. 

Setiap regu bisa secara spontan memilih ketua piket untuk mengatur agar tugas bisa terbagi jelas. Idealnya, regu piket perlu datang lebih awal dari siswa lainnya, supaya ruang kelas bisa bersih sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. 

Selanjutnya, saat pulang sekolah pun regu yang bertugas harus tinggal lebih lama untuk merapikan kursi dan membersihkan sampah-sampah. Kelancaran tugas piket harian tentu perlu ditunjang juga dengan alat-alat kebersihan kelas yang memadai dari sekolah. Alat kebersihan kelas yang perlu dipersiapkan pada setiap kelas antara lain sapu lantai, pengki, alat pel, tempat sampah, penghapus papan tulis, kemoceng, dan serbet. Setelah peralatan kebersihan siap, kamu sudah siap melakukan pembagian tugasnya.

Berikut tugas-tugas piket kelas yang dilakukan secara umum antara lain:
  1. Mengangkat kursi ke atas meja. Sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih, baiknya kursi kelas diangkat terlebih dahulu ke atas meja. Tujuannya agar proses membersihkan lantai kelas lebih leluasa.
  2. Menyapu lantai kelas Setiap kelas. baiknya mempunyai minimal dua sapu lantai sehingga kegiatan menyapu minimal bisa dilakukan dua orang. Tujuannya agar tugas membersihkan kelas bisa cepat selesai. Jangan lupa buang kotoran atau sampah yang berada pada lantai ke tempat sampah.
  3. Mengepel lantai kelas. Setelah menyapu, pel seluruh sisi ruangan kelas hingga permukaan lantai terlihat bersih dan terbebas dari noda. Gunakan cairan pembersih lantai agar bakteri-bakteri yang masih bersarang di lantai kelas dapat terangkat dengan sempurna.
  4. Menghapus dan membersihkan papan tulis Selama satu hari penuh belajar di kelas, pasti ada banyak materi yang disampaikan oleh guru lewat papan tulis. Tugasmu ialah menghapus dan membersihkan papan tulis, setiap kali berganti mata pelajaran dan juga saat pulang sekolah. 
  5. Meyiram tanaman. Selain di dalam ruangan di luar ruangan juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menyiram tanaman yang ada di depan kelas. Tanaman membutuhkan air agar tetap hidup, sehingga setiap hari perlu disiram. Tujuan menyiram tanaman adalah agar tanaman tetap segar dan tetap memberikan manfaat bagi lingkungan sekolah.
  6. Memperhatikan detail-detail lain pada bagian ruang kelas. Setelah melakukan lima tahap di atas, regu piket dapat memperhatikan kembali kebersihan dan kerapian ruang kelas sebelum menyambut teman-teman kelas yang datang. Merapikan tata meja dan kursi, lap jendela, dan meja kelas bila terlihat kotor, merapikan buku kelas, mengisi spidol bila sudah habis, dan sebagainya.

Lakukan pergantian pembagian tugas regu piket setiap minggunya agar penugasan merata dan tidak membosankan. Meskipun kelihatan melelahkan, tapi jangan salah, kegiatan ini juga membawa banyak manfaat bagi kita. Berikut beberapa manfaatnya: 
  1. Menumbuhkan kekompakan kelas.
  2. Menumbuhkan rasa peduli pada teman.
  3. Memberikan pengaruh baik pada lingkungan kelas Menciptakan rasa tanggung jawab bersama.
  4. Menjaga kebersihan kelas sehingga kegiatan belajar mengajar jadi nyaman

Berdiskusi
Kalian sudah bercerita tentang tugas yang kalian lakukan di rumah. Bagaimana dengan di sekolah? Tugas apa saja yang ada di sekolah atau kelas kalian? Siapakah yang menyiram tanaman, menyapu kelas, merapikan buku, dan tugas-tugas lainnya?
  1. Diskusikan dan putuskan bersama tugas apa saja yang perlu dilakukan di sekolah atau kelas kalian.
  2. Buatlah kelompok sebanyak hari belajar kalian di sekolah. Jika kalian belajar Senin sampai Jumat, berarti kalian perlu membuat 5 kelompok.
  3. Tetapkan kelompok yang bertugas hari Senin, hari Selasa, dan seterusnya.
  4. Di setiap kelompok, pilih satu orang untuk menjadi ketua kelompok. Ketua kelompok bertanggung jawab dan memastikan semua anggotanya bertugas dengan baik.
  5. Berbicaralah dengan jelas agar mudah dipahami oleh teman-teman. Dengan mendiskusikan tugas harian di sekolah, kalian berlatih untuk aktif berdiskusi dan dapat mengemukakan pendapat dengan kalimat yang jelas 

Kreativitas
Bekerjalah dalam kelompok. Buatlah poster daftar piket sesuai hasil diskusi kalian sebelumnya.Kalian bebas berkreasi dengan bentuk, tata letak, dan pilihan warna. Setelah selesai, pajanglah daftar piket tersebut di dinding kelas.
Piket Kelas
Demikian pembahasan mengenai Memuat Daftar Piket Kelas. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:53 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.