Home » » Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 4

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berkarya
Kompetensi Dasar
3.4Mengidentifikasi ciri-ciri gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dalam karya keterampilan
4.4
Membuat karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan/atau sambung

Pembelajaran 1 Subtema 4
Membuat model rumah-rumahan
Teknik potong, lipat dan sambung adalah salah satu jenis teknik pembuatan berbagai produk kerajinan baik sebagai benda hias atau benda pakai.
  1. Teknik potong adalah teknik dengan cara memotong atau memisahkan bahan menjadi duabagian atau lebih dalam membentuk benda kerajinan. Teknik potong dilakukan dengan berbagai jenis alat, tergantung dari jenisbahannya. Misalnya memotong kain dapat memakai gunting, cutter atau alat sejenisnya.
  2. Teknik Lipat adalah teknik dengan cara melipat sehingga membentuk sebuah kerajinan. Teknik lipat dilakukan tergantung dari bahan dan alat yang digunakan. Jikamelipat bahan lunak tentunya cukup dengan kedua tangan saja. Tetapi jika bahan keras yang dilipat, pasti menggunakan alat yang sesuai dengan jenis bahannya.
  3. Teknik sambung adalah teknik dengan caramenyatukan atau menggabungkan bahan dari dua bagian atau lebih menjadi satu dalammembentuk benda kerajinan.  Teknik sambung dapat dilakukan dengan cara dilem, dijahit, dironce dan masih banyak lagi teknik sambung, tergantung dari bahan yang digunakan.

Mari berkarya membuat rumah-rumahan. Gunting dan tempelkan gambar sehingga membentuk sebuah rumah! Guntinglah gambar berikut! Lipat bagian yang diberi tanda garis putus-putus! Lem dan tempelkan kertas tersebut sehingga membentuk rumah!
Melipat
Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi/letak dari suatu tempat. Mata angin merupakan panduan yang digunakan untuk menentukan arah.

Pembelajaran 3 Subtema 4
Membuat model sekolahan
Maket adalah model atau miniature dari suatu benda atau suatu wilayah. Maket dibuat dengan menggunakan teknik potong, lipat, dan sambung. Maket biasanya terdiri dari alas, bangunan, dan atap. Bangunan maket biasanya terbuat dari kertas karton tebal. Bangunan yang dibentuk dapat berupa bangunan apapun seperti rumah, sekolah, atau gedung kantor. 

Sebelum dibentuk, pola bangunan sebaiknya diwarnai terlebih dahulu. Hal tersebut untuk memudahkan proses menghias saat seluruh bagian maket sudah terpasang. Adapun Langkah-langkahnya sebagai berikut! 
  1. Siapkan: kardus bekas besar dan tebal, pensil, penghapus, pensil warna/spidol/cat air, penggaris, gunting, dan lem.
  2. Buatlah alas maket dari kardus bekas. Lapisilah kardus bekas dengan warna gelap.
  3. Gambarlah pola kertas lipat untuk setiap bangunan yang ada di rumah seperti, kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dan halaman.
  4. Guntinglah pola yang sudah dibuat.
  5. arnailah setiap bangunan. Pilihlah warna yang berbeda untuk setiap bangunan.
  6. Lipatlah pola yang sudah diwarnai.
  7. Tempelkan pola pada bagian alas.
  8. Berilah label nama pada bagian bawah maket.
  9. Tambahkan hiasan pada maket.
  10. Kumpulkan hasilnya kepada gurumu untuk dinilai

Buatlah model ruangan dan tanaman seperti kondisi sekolahmu! Gunting, lipat, dan tempelkan sehingga membentuk benda yang diinginkan. Susun benda-benda tersebut sehingga membentuk denah seperti kondisi sekolahmu! Sampaikan hasil kerja kelompokmu di depan teman-teman lain! Kerjakan secara berkelompok!
Denah SD
Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 4. Semoga tulisan ini bermanfaat,
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.