Home » » Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 3

Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 3

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang
Kompetensi Dasar
3.1Mengidentifikasi kombinasi garis, bidang, dan warna dalam sebuah karya dekoratif
4.1
Menggunakan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif

Pembelajaran 1 Subtema 3
Membuat karya dekoratif
Gambar dekoratif adalah kegiatan melukis dengan corak dekor yang tujuannya mengolah suatu permukaan benda menjadi lebih indah. Untuk memperoleh objek gambar dekoratif, perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Bentuk- bentuk objek di alam disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya. Misalnya bunga, hewan, tumbuhan yang digayakan. Kesan tentang bunga, hewan, tumbuhan harus masih ada pada motif itu. Dan masih banyak motif-motif hias lain. 

Gambar dekoratif termasuk seni rupa dua dimensi. Contoh gambar dekoratif yang sering ditemui yaitu batik. Unsur yang terdapat dalam gambar dekoratif yaitu:
  1. Titik. Unsur gambar dekoratif yang paling kecil.
  2. Garis. Adalah unsur gambar dekoratif yang didapat dari gabungan antar titik.
  3. Bidang. Merupakan unsur yang didapat dari pertemuan antara ujung-ujung garis.
  4. Bentuk. Ini unsur yang didapat dari hasil penggabungan beberapa bidang, misalnya bentuk lonjong, persegi dan lainnya.
  5. Warna. Karya dekoratif terlihat nyata dan indah dengan adanya warna.
  6. Tekstur. yaitu wujud permukaan dari gambar dekoratif.

Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada juga yang
berbentuk garis.
Bentuk Hiasan
Ayo Berkreasi
Cobalah kamu menghias gambar bus di bawah ini! Hiaslah menggunakan garis dan titik agar lebih menarik!

Mobil
Pembelajaran 3 Subtema 3
Membuat karya dekoratif
Selain digunakan untuk meningkatkan keindahan suatu benda, gambar dekoratif juga memiliki beberapa fungsi lain.
  1. Fungsi Estetis. Pada fungsi ini, gambar atau seni dekoratif digunakan hanya untuk memperindah penampilan suatu benda. Seni dekoratif biasanya ditambahkan pada benda dalam bentuk gambar atau ukiran seni dekoratif.
  2. Fungsi Simbolis. Selain memberikan unsur keindahan, gambar dekoratif juga bisa menjadi bentuk simbol. Simbol yang digunakan bisa dalam bentuk gambar hewan atau tumbuhan, namun memiliki makna yang berbeda sesuai dengan keyakinan setiap daerah. Bisanya ini digunakan pada benda-benda sakral dan upacara-upacara adat atau keagamaan.
  3. Fungsi Teknis Konstruktif. Fungsi ketiga ini berkaitan dengan konstruksi suatu benda. Ornamen akan diberikan pada bagian-bagian bangunan yang memiliki fungsi menyangga, menopang, menghubungkan atau memperkokoh konstruksi.

Berilah hiasan agar gambar kereta api ini menjadi lebih menarik! Gunakan titik, garis, atau bidang untuk menghiasnya!
Kereta
Biasanya, lampu warna merah mengandung beberapa corak berwarna jingga, dan lampu hijau mengandung beberapa warna biru. Ini dimaksudkan agar orang-orang yang buta warna merah dan hijau dapat mengerti sinyal lampu yang menyala. Di Amerika Serikat, lampu lalu lintas memiliki pinggiran berwarna putih yang dapat menyala dalam kegelapan. Ini bertujuan agar orang yang mengidap buta warna dapat membedakan mana lampu kendaraan dan yang mana lampu lalu lintas dengan posisinya yang vertikal.

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 3. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.