Home » » Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 3

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 3

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 3
Kompetensi Dasar
3.9Mengidentifikasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, dan visual
4.9
Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) besertaartinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

Pembelajaran 1
Membaca teks mengenal rambu-rambu lalu lintas
Rambu lalu lintas di jalan ada yang berupa rambu larangan. Rambu larangan dipasang sebagai tanda hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh para pengguna jalan.

Semua anggota kelompok juga mematuhi ramburambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.

Mari memahami rambu-rambu lalu lintas!
Perhatikan gambar berikut!
GambarArtinya
Parkir
Tanda di samping berarti kendaraan dilarang parkir.
Berhenti
Tanda di samping berarti kendaraan dilarang berhenti
Zebra Cross
Garis hitam dan putih sebagai tempat menyeberang jalan. Garis hitam dan putih disebut zebra cross

Perhatikan gambar berikut ini!
Rambu-rambu lalu lintas yang ada pada gambar dan artinya!
Lalu Lintas
GambarArtinya
Parkir
Dilarang parkir
Berhenti
Dilarang berhenti
Zebra Kros
Zebra cross tempat menyebrang jalan
Lampu Lalin
Rambu peringatan adanya lampu lalu lintas
Petunjuk Arah
Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menunjukan arah daerah

Pembelajaran 2
Mengenal rambu lalu lintas
Jenis rambu lalu lintas yang lain adalah rambu peringatan. Rambu peringatan di pasang di jalan sebagai peringatan kepada para pengguna jalan. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas berikut!
Rambu
Rambu tersebut dapat ditemukan di jalanan berkelok-kelok. Rambu tersebut juga dapat ditemukan di daerah pengunungan.

Pasangkan simbol rambu-rambu lalu lintas berikut dengan artinya!
Pasangan Rambu
Menurut kalian, mengapa harus dipasang rambu jalan berkelok?
Rambu jalan berkelok digunakan mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. 

Pembelajaran 3
Mengenal rambu lalu lintas
Udin dan teman-teman menemukan banyak rambu lalu lintas. Diantara rambu tersebut ada rambu
dilarang masuk ke jalur tertentu. Ada pula rambu tidak boleh belok kanan. Ada pula rambu tidak boleh belok kiri. Cobalah menemukan lambang dan arti rambu lalu lintas! Hubungkan rambu lalu lintas dan artinya berikut ini!
Rambu
Pembelajaran 4
Membaca dan menjawab teks

Rambu lalu lintas yang lainya adalah rambu petunjuk. Rambu petunjuk dipasang di jalan untuk memberikan petunjuk tempat atau lokasi tertentu kepada para pengguna jalan.

Perhatikan gambar tersebut!
Ibu Siti ingin membeli ikan di Pasar Ikan. Perhatikan papan petunjuk arah pada gambar! Ke mana Ibu Siti harus menuju dari tempatnya berdiri saat ini?
Papan Penunjuk
(Dari tempat berdiri Siti harus berjalan ke arah kanan)
Papan petunjuk tersebut termasuk rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas terdiri dari beberapa jenis. Di antara jenis-jenis rambu sebagai berikut.
Macam Rambu
  1. Rambu peringatan Rambu jalan licin merupakan contoh rambu peringatan.
  2. Rambu larangan Rambu dilarang berhenti merupakan contoh rambu larangan.
  3. Rambu perintah Rambu wajib belok kiri merupakan contoh rambu perintah.
  4. Rambu petunjuk Rambu petunjuk arah merupakan contoh rambu petunjuk.

Lengkapi gambar berikut seperti perintah yang tersedia! Lengkapi agar menjadi rambu petunjuk arah yang benar!

1. Untuk menuju Taman Bermain harus belok kiri. Untuk menuju masjid Agung harus belok kanan. Untuk menuju sekolah Nusantara harus lurus mengikuti arah jalan.
Papan Penunjuk

2. Untuk menuju Kebun binatang harus belok kiri. Untuk menuju Rumah Sakit Indah harus belok kanan. Untuk menuju Pasar Ikan harus lurus mengikuti arah jalan.
Papan Penunjuk
Rambu petunjuk yaitu rambu lalu lintas yang berfungsi sebagai petunjuk arah atau tempat. Rambu petunjuk, dipasang di atas jalan. Namun ada juga rambu petunjuk dipasang di pinggir jalan.

Pembelajaran 5
Mengenal papan petunjuk arah
Rambu petunjuk adalah Rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya, tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada.

Berikut ini contoh gambar rambur-ambu petunjuk tempat.
Rambu Petunjuk
  1. Rambu petunjuk masjid.
  2. Rambu petunjuk tempat rumah sakit.
  3. Rambu petunjuk tempat pom bensin

Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut ini!
Ada papan petunjuk arah dan tempat yang dimaksud. Lengkapi tulisan pada papan petunjuk arah! Lengkapi sesuai posisi tempat yang ada pada gambar!
Papan Petunjuk

Perhatikan papan petunjuk berikut ini!
Petunjuk
Pembelajaran 6
Membuat cerita berdasarkan gambar
Menyusun paragraf berdasarkan gambar biasanya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing. Kemudian gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik.

Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Selanjutnya adalah membuat kalimat yang menjelaskan gambar tadi. Setelah itu susun kalimat hingga membentuk cerita yang urut dan baik.

Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar Cerita
Buatlah cerita sesuai urutan gambar! Kemudian jawablah pertanyaan sesuai gambar tersebut!
Suatu hari ada seorang Nenek yang akan pergi ke Perumahan Lestari. Setelah turun dari bus sang Nenek tersebut ingin menyeberang jalan. Kebetulan Edo melihat Nenek tersebut. Edo membantu sang Nenek menyeberang jalan. Edo juga menunjukan jalan menuju Perumahan Lestari. Edo mengantar sang Nenek sampai ke tempat tujuan. Edo merasa lega dapat membantu sang ibu.
Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Apa saja rambu lalu lintas yang kamu lihat dari gambar tersebut? (Rambu lalu lintas yang terlihat dari gambar adalah zebra cross, papan petunjuk tempat masjid, papan penunjuk arah perumahan lestari, dan lampu lalu lintas.)
  2. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan? (Hal yang perlu diperhatikan saat menyeberang jalan adalah lampu lalu lintas, menengok ke kiri dan ke kanan saat menyeberang untuk memastikan kondisi jalan raya, dan menyebrang pada tempat yang disediakan yaitu zebra cross.)

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 Tema 8 Subtema 3. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.