Home » » Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 1

Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 1

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VII Perkembangan teknologi khususnya muatan pelajaran  SBdP. Tema 7 terbagi menjadi tiga subtema yaitu Subtema 1 Perkembangan Teknologi Pangan, Subtema 2 Perkembangan Teknologi Sandang, Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi matematika tematik tema 7 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 7
Kompetensi Dasar
3.2Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

Pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 1 dibahas mengenai bentuk dan pola irama. Simak penjelasannya berikut ini

Pembelajaran 1
Pola irama ialah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Panjang pendeknya bunyi dalam sebuah lagu dikenal juga sebagai pola irama. Pola ini berjalan menurut birama atau kuat dan lemahnya bunyi dalam suatu lagu. Bunyi panjang pada nada ditandai dengan pemberian kotak panjang, sedangkan bunyi pendek ditandai dengan kotak pendek.

Pola irama dapat dimainkan dengan cara tepuk tangan dan petikan jari. Apabila dalam hitungan ada pengulangan irama sebanyak dua kali, maka pola iramanya adalah dua. Sedangkan jika pengulangan irama dalam hitungan ada tiga kali, maka pola iramanya adalah tiga. Untuk pengulangan irama sebanyak empat kali dalam hitungan, maka pola iramanya adalah empat.

Lagu Rotiku bertopik salah satu jenis makanan yaitu roti. Dengan mengangkat topik tentang roti AT Mahmud ingin menjelaskan bentuk dari roti yang persegi empat, memiliki kulit berwana cokelat. Bila sudah dibuka harus ditutup rapat-rapat supaya tidak dihinggapi lalat.
Lagu Rotiku

Pola Irama Suatu Lagu
Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu.

Pembelajaran 3
Pada saat menyanyikan sebuah lagu kita dapat merasakan irama yang ditandai dengan ketukan yang teratur. Ketukan yang teratur tersebut membentuk pola irama. Kita juga dapat mendengarkan panjang pendek bunyi pada setiap syair lagu yang kita nyanyikan. Panjang pendek bunyi tersebut juga membentuk pola irama. 

Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.
Tukang Sayur
Ayo Berlatih
Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” yang dinyanyikan oleh gurumu. Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu.

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Materi SbdP Kelas 3 Tema 7 Subtema 1. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.