Home » » Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku

Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku akan mempelajari tentang menjelaskan dan mempraktekkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Mengelompokkan dan mensimulasikan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah. Menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Amatilah gambar di atas! Apa yang sedang dilakukan anak-anak yang tampak pada gambar? Bermain. Anak tersebut berlari-lari mengejar kupu-kupu. Ada juga anak-anak yang sedang melompat.

Ayo Berlatih
Apakah kamu suka bermain sambil melompat? Bagaimana gerakan melompat tersebut? Kita bisa melakukan gerakan melompat. Ada berbagai variasi gerakan melompat. Perhatikan gambar berikut! Peragakan gerakan sesuai petunjuk gurumu!
Melompat
Ayo Berlatih
Amatilah kembali gambar di atas. Ada kupu-kupu yang sedang terbang. Ada juga kupu-kupu yang sedang hinggap pada bunga. Masih ingatkah kamu dengan permainan kupu-kupu di taman bunga? Ayo, kita mainkan kembali permainan itu! Tambahkan satu peraturan!
Peraturan tambahannya adalah sebagai berikut. Jika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari. Kemudian, bunga berputar mengelilingi kupu-kupu dan bertukar tempat dengan bunga yang lain. 
Ikuti peraturan permainannya dan jagalah kekompakan.

Ayo Berdiskusi
Siti dan teman-temannya bermain dengan gembira Semua mengikuti peraturan permainan. Ibu guru pun senang melihat anak-anak kelas dua tertib dalam bermain.

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu. Tuliskan kembali peraturan permainan kupu-kupu di taman bunga!
Peraturan permainan kupu-kupu di taman bunga.
  1. Buatlah kelompok kupu-kupu dan kelompok bunga.
  2. Satu bunga berpasangan dengan satu kupu-kupu.
  3. Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.
  4. Jika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan genap, kupu-kupu berlari. Kemudian, kupu-kupu berputar mengelilingi bunga dan bertukar tempat dengan kupu-kupu yang lain.
  5. Jika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari. Kemudian, bunga berputar mengelilingi kupu-kupu dan bertukar tempat dengan bunga yang lain.
  6. Ikuti peraturan permainannya dan jagalah kekompakan.

Apa yang terjadi apabila anak-anak kelas dua tidak mengikuti peraturan permainan?
Apabila anak-anak kelas dua tidak mengikui peraturan permainan, maka permainan tidak bisa berjalan lancar. Permainan tersebut akan menimbulkan kecurangan dan timbul perselisihan dalam permainan.
Ayo Berdiskusi
Lakukan tanya jawab dengan teman di sebelahmu! Tuliskan pertanyaan dan jawaban pada lembar yang tersedia! Tuliskan dengan huruf tegak bersambung!

1. Tanyakan kepada temanmu contoh tata tertib ketika jam istirahat di sekolah
Pertanyaan 1
2. Tanyakan kepada temanmu tentang usaha untuk mematuhi tata tertib yang sudah disebutkan!
Pertanyaan 2
3. Tanyakan juga kepada temanmu apakah pernah melanggar aturan di sekolah?
Pertanyaan 3
Bacalah kembali hasil tanya jawab dengan teman di sebelahmu! Buatlah kesimpulan dari hasil tanya jawab itu! Tuliskan kesimpulan tersebut dengan menggunakan huruf tegak bersambung! Perhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik dalam penulisan kesimpulanmu.
Kesimpulan
Ayo Berdiskusi
Berdiskusilah bersama teman dalam kelompok mengenai pertanyaan berikut. Melanggar peraturan mengakibatkan hal yang tidak baik. Apa saja yang tidak boleh kita lakukan di lingkungan sekolah? Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
Peraturan
Ayo Renungkan
Apa yang akan kamu lakukan ketika melihat temanmu melanggar peraturan sekolah? Mengapa kamu melakukan hal itu?
Saya akan menegur teman dan memberi nasihat bahwa sebagai seorang siswa wajib menaati peraturan ketika di sekolah baik saat proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama dengan orang tuamu, tuliskan hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan di lingkungan rumahmu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.