Home » » Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan

Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan

Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang membuat dan membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Menyebutkan dan membandingkan ukuran berat benda yang satu lebih berat daripada benda  yang lain. Menentukan bahan dan membuat karya kreasi dari bahan buatan dengan benar.. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Di sekolah Siti, banyak terdapat tanaman kaktus. Tanaman kaktus ditanam di dalam pot. Tanaman kaktus membutuhkan sedikit air untuk tumbuh. Siti bertugas menyiram kaktus 3 hari sekali.

Ayo Membaca
Bacalah teks berikut.
Tanaman Hias
Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus adalah salah satunya. Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus? Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di daerah kering seperti gurun. Daun kaktus biasanya berduri.
Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya. Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot. Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya setiap 3 hari sekali.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sebangkumu, susunlah kalimat tanya berikut. Kemudian, jawablah sesuai bacaan di atas. Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat. Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan contoh: membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus – yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus dalam pot.
Jawaban : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.
Huruf tegak
Ayo Berkreasi
Kita akan melanjutkan kegiatan membuat bunga pada pembelajaran sebelumnya. Setelah membuat bunga, ayo kita tambahkan tangkai daunnya. Tentukan bahan untuk membuat tangkainya, misalnya dari sedotan minuman. Pasangkan bunga yang sudah kamu buat pada tangkainya.

Ayo Mengamati
Tanaman hias ditanam di dalam pot. Ibu Dayu ingin menggantung tanaman-tanaman hias di atap teras rumah. Supaya tidak terlalu berat, pot-pot itu ditimbang terlebih dahulu. Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang beratnya 2 ons.
Tanaman Kaktus
Ayo Berlatih
Berilah tanda >, <, =
Soal
Ayo Renungkan
Warnai lambang 🙂 jika pernyataan sesuai denganmu.
Warnai lambang 🙁 jika pernyataan tidak sesuai.
Ayo Renungkan
Kegiatan Bersama Orang Tua
Amatilah benda-benda di sekitar rumahmu yang mencantumkan ukuran beratnya. Misalnya, kemasan beras, kemasan gula, kemasan tepung, kemasan makanan kaleng, dan kemasan bahan yang lain. Bandingkanlah berat benda yang satu dan berat benda yang lain sesuai ukuran.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:41 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.