Home » , » Mengenal Pandawa Lima Anak Prabu Pandhu

Mengenal Pandawa Lima Anak Prabu Pandhu

Dalam dunia pewayangan, kisah Pandawa Lima, menjadi salah satu kisah yang menarik dalam kitab Mahabarata.  Pandawa Lima sendiri dalam dunia pewayangan, selalu dikaitkan sebagai tokoh dalam dunia kebaikan. Bahkan Pandawa Lima sering diartikan sebagai Pendakwah oleh penyuka seni budaya pewayangan.

Pandawa lima adalah sebutan bagi lima karakter protagonis utama atau tokoh-tokoh sentral dalam wiracarita Mahabharata, baik versi India maupun pewayangan Jawa. Kelimanya adalah putra-putra dari Pandu Dewanata dengan kedua istrinya yaitu Dewi Kunti dan Dewi Madrim. Kelima bersaudara tersebut yaitu Puntadewa (Yudhistira), Werkudara (Bima), Janaka (Arjuna), Nakula dan Sadewa.

Banyak karakter pewayangan yang dapat kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, tentunya tokoh yang berkarakter baik. Salah satunya adalah Pandawa Lima dari kerajaan Astina. Berikut penjelasan mengenai kelima tokoh Panadawa lima.
No.GambarKeterangan
1.
Puntadewa
  1. Nama : Yudistira
  2. Anak dari : Anak pertama Prabu Pandhu dan Dewi Kunthi
  3. Nama kecil : Puntadewa
  4. Penjelmaan dari : Dewa Yama
  5. Kasatrian : Kerajaan Amarta
  6. Karakter : bijaksana, tidak pernah berdusta seumur hidupnya, suka memaafkan, mengampuni musuh yang menyerah, adil, sabar, jujur, taat, percaya diri, dan berani berspekulasi.
  7. Nama senjata : Jamus Kalimasada
2.
Bima
  1. Nama : Bima/Werkudara/Bayusetha
  2. Anak dari : Anak kedua Prabu Pndhu dan Dewi Kunthi
  3. Nama kecil : Bratasena
  4. Nama anak : Gatotkaca, Antareja dan Antasena
  5. Penjelmaan dari : Dewa Dewa Bayu
  6. Kasatrian : Jodhipati
  7. Karakter : gagah berani, kuat kuat, tabah, patuh dan jujur, kasar bagi musuh, berhati lembut, setia, tidak suka basa-basi, tidak pernah mendua, dan tidak pernah menjilat ucapanya sendiri, pandawa paling sangar.
  8. Nama senjata : Kuku Pancanaka, Gada Rujakpala
3.
Arjuna
  1. Nama : Arjuna
  2. Anak dari : Anak ketiga Prabu Pandu dan Dewi Kunthi
  3. Nama kecil : Permadi
  4. Penjelmaan dari : Dewa Indra
  5. Kasatrian : Madukara
  6. Karakter : cerdik, pandai, pendiam, lemah  lembut, teliti, sopan, berani, melindungi yang lemah, mahir memanah.
  7. Nama senjata : Panah Pasopati
4.
Nakula
  1. Nama : Nakula
  2. Anak dari : Prabu Pandu dan Dewi madrim
  3. Nama kecil : Pinten
  4. Jelmaan dari : Dewa Aswin (Dewa Pengobatan)
  5. Kasatrian : Sawojajar
  6. Karakter : jujur, setia, taat pada orang tua, tahu membalas budi, dan dapat menjaga rahasia, ahli bermain pedang
  7. Senjata : Pedang Tirtamanik
5.
Sadewa
  1. Nama : Sadewa
  2. Anak dari : Prabu Pandu dan Dewi madrim
  3. Nama kecil : Tangsen
  4. Jelmaan dari : Dewa Aswin
  5. Kasatria : Bhumiretawu
  6. Karakter : jujur, setia, taat pada orang tua, tahu membalas budi, dan dapat menjaga rahasia, ahli astronomi
  7. Senjata : Pedang Tirtamanik

Salam pewayangan, kisah Pandawa Lima adalah kisah yang terkenal. Pandawa Lima merupakan sosok yang tidak terpisahkan dari cerita Mahabarata. Di dalamnya ada lima tokoh bersaudara yang terdiri atas Puntadewa, Werkudara, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Mereka juga menjadi bagian Perang Baratayuda yang memerangi Kurawa. Sebetulnya Pandawa Lima dan Kurawa merupakan saudara sepupu, tapi perang tidak dapat dihindarkan. Kedua pihak memperebutkan kekuasaan di Hastinapura. Terkadang, peperangan antara Pandawa dan Kurawa diibaratkan sebuah perang di antara kebaikan dan kejahatan. Pandawa mewakili kebaikan, sedangkan Kurawa mewakili kejahatan.

Menjelang akhir hidupnya, para pandawa mengikuti pejalanan suci ke gunung Himalaya. Di sana mereka meninggal dalam perjalanan dan arwahnya mencapai surga.

Kurawa
Kurawa adalah sebutan untuk keturunan dari Destarasta dan Dewi Gandari. Kurawa berjumlah 100 0rang. Kurawa merupakan musuh bebuyutan Pandhawa Lima. Kurawa memiliki sifat buruk. Beberapa tokoh kurawa antara lain sebagai berikut :
  1. Duryudana merupakan anak tertua dari kurawa. Duryudana memiliki sifat pengiri, jahat, kejam dan penghasut.
  2. Dursasana merupakan adik Duryudana. Tokoh ini memiliki sifat suka berbuat sesuka hati, kurang sopan, berbicara keras dan kasar
  3. Beberapa tokoh kurawa lainya adalah Bogadenta, Citraksa, Gardapati, Kartamarma, dan Dewi Dursilawati, semuanya memiliki sifat hampir sama dengan Duryudana dan Dursasana.
  4. Yuyutsu adalah Kurawa yang memiliki sifat baik. Yuyutsu adalah putra Destarata dengan seorang pelayan. Yuyutsu memeiliki sifat jujur, pemberani, dan teguh pendirian.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:46 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.