Home » » Unsur dan Paparan Iklan Media Elektronik

Unsur dan Paparan Iklan Media Elektronik

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya dapat laku dijual di masyarakat. Iklan dapat kita temukan pada media cetak, laman dari situs web, internet, televisi, radio, dan lain sebagainya. Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Tujuan adanya iklan elektronik untuk memberitahu masyarakat umum mengenai suatu barang atau jasa agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Contoh media elektronik adalah radio, TV, laptop, HP, komputer.

A. Jenis Iklan Media Elektronik
Media elektronik sekarang sudah mulai banyak berkembang. Sama halnya dengan iklan media elektronik yang juga semakin banyak ditemukan karena semakin mudahnya untuk akses menggunakan media tersebut. Iklan dari media elektronik dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu iklan dari radio, televisi, dan internet.

1. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

2. Iklan Televisi
Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam berbagai bentuk,  kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat menentukan menarik tidaknya sebuah iklan.

3. Iklan Internet
Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif

B. Paparan dalam iklan elektronik
1. Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

Iklan Pewangi Ruangan
Efek suara:(SUARA LALAT)
Anak Perempuan:Mama kamar adik banyak lalat
Mama:Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik
Anak Perempuan:Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya
Mama:Tenang, mama punya antinya
Efek suara:(Suara semprotan nyamuk)
Anak Perempuan:Wah, wangi sekali, Ma
Mama:Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO
Musik:Gitar klasik bernuansa ceria (UP-IN-DOWN)
Narasi:Ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang.
Musik:(UP-IN-DOWN).

Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas?
Berdasarkannaskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharumruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

2.  Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.
Iklan Televisi
Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

Contoh Iklan Elektronik
Merek:My Baby Shampoo dan Milk Bath
Media:Televisi
Waktu:1 menit

Iklan :
Waktu mandi menggunakan Shampoo My Baby, lembut di mata, pakai sabun My Baby lembut di kulit, busanya banyak. Usapkan pada tangan dan kaki. Bilas sampai bersih dan wangi dari kepala sampai kaki. Kulit dan rambut wangi sehat menggemaskan sepanjang hari. My Baby bikin mandi jadi hepi. My Baby kepercayaan ibu cerdas.

Kesimpulan Isi Iklan :
Berdasarkan iklan televisi tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut berisi ajakan menggunakan Shampoo dan Sabun cair My Baby. Shampo My Baby lembut dimata, Sabun My Baby lembut dikulit dan busanya banyak sehingga kulit dan rambut wangi sepanjang hari. My Baby membuat mandi menjadi menyenangkan dan menjadi kepercayaan ibu cerdas.

3.  Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan Yumi Mie
Itulah salah satu contoh iklan yang dipaparkan melalui internet. Iklan di atas merupakan iklan internet jenis banner. Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web. Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk Yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.
Iklan Televisi
Iklan pada gambar (1)  memberikan informasi penting tentang pasta gigi, menjadi bersih dan kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar (1) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan pasta gigi tersebut

Iklan pada gambar (2) memberikan informasi penting tentang shampoo yang dapat menghilangkan ketombe. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (2) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan shampo tersebut.

.Iklan pada gambar (3) memberikan informasi penting tentang sirop yang dapat menghilangkan rasa haus. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (3) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan/meminum sirop tersebut.
Ketiga iklan tersebut berisi penjelasan atau keunggulan produk yang dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan

C. Unsur-unsur Iklan Media Elektronik
Ada beberapa jenis iklan elektronik, yaitu iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet. Masing-masing iklan elektronik itu memiliki unsur atau karakteristik masing-masing. Secara umum unsur iklan media elektronik adalah sebagai berikut:

1. Unsur Iklan Televisi
Iklan dalam televisi memiliki karakteristik yang menggunakan aksi, emosi, dan demonstrasi untuk menciptakan pesan yang menarik dan menancap di benak khalayak. Beberapa unsur iklan media televisi antara lain sebagai berikut:
  • Suara: Dalam iklan televisi ada unsur suara, seperti suara manusia, suara hewan, musik, atau efek suara lainnya.
  • Gambar: Dalam televisi memiliki unsur gambar, misalnya produk yang ditawarkan atau orang yang menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.
  • Gerak: Iklan televisi juga mengandung unsur gerak seperti video atau animasi yang membuatnya menarik.
  • Tulisan: Iklan televisi biasanya mengandung teks atau tulisan yang singkat, misalnya penjelasan produk yang diiklankan.

2. Unsur Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang umumnya dapat kita dengarkan melalui suara di radio. Iklan radio termasuk ke dalam kategori salah satu iklan elektronik yang cukup banyak digunakan sebagai jalan alternatif promosi produk atau jasa. Dalam iklan radio hanya ada satu unsur, yaitu unsur suara. Suara dalam radio bisa berupa suara yang berisi penjelasan tertentu, musik, dan efek suara lainnya.

3. Unsur Iklan Internet
Iklan internet adalah Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Kurang lebih iklan internet memiliki unsur yang sama dengan iklan televisi, yaitu ada unsur suara, gambar, tulisan, dan gerak. Namun ada juga iklan internet yang hanya memiliki sebagian dari unsur-unsur itu, misalnya ada iklan internet yang hanya memiliki unsur gambar dan tulisan. 

D. Ciri Bahasa Iklan Media Elektronik
Iklan media elektronik sebagai media penyampai pesan harus memiliki bahasa yang mudah dipahami oleh khlayak. Iklan elektronik memiliki bahasa yang juga bisa menarik calon konsumen yang menjadi sasaran dari pemilik usaha. Berikut ini ciri-ciri bahasa pada iklan media elektronik:
  1. Iklan menggunakan bahasa dan pemilihan kata yang tepat, logis, dan sopan. Ini artinya, iklan elektronik harus menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan produk yang diiklankan.
  2. Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik juga harus yang dapat memberikan sugesti kepada konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan.
  3. Kata yang dipilih harus mengandung informasi yang jelas mengenai produk, agar konsumen dapat mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan.
  4. Pilihan kata yang digunakan dalam iklan harus menujukkan sasaran yang dituju, misalnya iklan untuk anak-anak, maka menggunakan kata-kata yang sering digunakan untuk anak-anak.
  5. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, namun menarik, karena iklan di media elektronik terbatas waktu sehingga bahasa dan kata yang digunakan harus singkat, padat, namun jelas agar informasinya tersampaikan dengan baik.

1. Produk yang diiklankan:
Mi Instant
Mi sedap
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran, dengan menekankan pada kata "Puas Sedapnya", sehingga khalayak terpengaruh  untuk menikmati kesedapan mie tersebut.

2. Produk yang diiklankan:
Bimbingan Belajar
Iklan Quiper
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata "Belajarnya Nomor Seru, kualitasnya nomor satu" sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati mengikuti bimbingan belajar tersebut agar belajar seru dengan kualitas nomor satu.

3. Produk yang diiklankan:
Mobil
Iklan Mobil
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata "Satu untuk sejuta impian", sehingga khalayak terpengaruh untuk membeli mobil tersebut.

E. Ciri Iklan Yang Baik
Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik
  1. Perhatian (Attention) Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Minat (Interest) Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Keinginan (Desire) Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
  4. Rasa Percaya (Conviction) Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Tindakan (Action) Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Demikian pembahasan mengenai Unsur dan Paparan Iklan Media Elektronik, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : Buku kelas V Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 11:31 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.