Home » » Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku

Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku akan mempelajari tentang mengidentifikasi arah gerakan kaki, arah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari. Mempraktikkan gerakan kaki dan koordinasi gerak. Menemukan kalimat yang menggunakan nama bulan dan menggunakan huruf kapital pada nama bulan di dalam kalimat. Dengan mengamati alat timbang, siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda dan membaca ukuran berat benda. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca
Bacalah bacaan berikut.

Ayah memelihara burung merpati. Beni memelihara ayam. Setiap sore, Ayah dan Beni memberi makan hewan peliharaannya. Burung dan ayam memiliki sayap. Burung dapat terbang tinggi,sedangkan ayam tidak dapat terbang tinggi.

Ayo Mengamati
Perhatikan gerakan sayap burung saat terbang!Bagaimana gerakan sayapnya?Burung melebarkan sayapnya untuk dapat terbang.

Perhatikan gerakan ayam saat mengejar Beni! Apakah ayam memiliki sayap yang panjang?Apakah sayap ayam mengepak saat berlari?
Beni Dikejar Ayam
Perhatikan gerakan Beni memberi makan ayam. Dia mengambil makanan dari dalam kotak. Lalu, dia menebarkannya di antara ayam-ayam.
Memberi Makan Ayam
Ayo Berlatih
Tirukan gerakan burung saat terbang. Bayangkan kedua tanganmu adalah sayap burung. Bentangkan tanganmu kemudian kepakkan. Hitung hingga 8 kali kepakan. Setelah 8 kali kepakan, buat gerakan mengepak! Lakukan sambil membentuk lingkaran.
Gerakan Burung
Tirukan gerakan ayam. Bayangkan kedua tanganmu adalah sayap ayam. Lipat siku tanganmu hingga membentuk sayap yang pendek. Hitung hingga 8 kali kepakan. Setelah 8 kali kepakan, buat gerakan mengepak.
Gerakan Ayam
Tirukan gerakan Beni. Bayangkan dirimu adalah Beni yang memberi makan ayamnya. Beni mengambil makanan dari kotak. Kemudian menebarkannya pada ayam di depannya. Lakukan hingga 8 kali menebar makanan.

Ayo Bermain Peran
Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4 orang. Tentukan peran setiap anggota kelompokmu! Ada yang berperan sebagai ayam. Ada yang berperan sebagai burung. Ada yang berperan sebagai Beni. Lakukan gerakan ayam.Lakukan gerakan burung. Lakukan gerakan Beni. Lakukan seperti pada latihan sebelumnya. Tampilkan di depan kelas hasil kreasi kelompokmu.Gunakan suara yang sesuai agar lebih menarik.

Ayo Membaca
Baca teks berikut.
Ayah mulai membuat kandang ayam pada bulan Januari. Pada bulan Februari, kandang ayam selesai dibuat. Ayah membeli 2 ayam pada bulan Maret. Pada bulan April, ayam itu bertelur. Pada bulan Mei, 6 telur ayam pun menetas. Ayah membeli 2 ayam lagi pada bulan Juni. Berapakah ayam yang dimiliki Ayah?

Ayo Berdiskusi
Ada 12 bulan dalam satu tahun. Ada berapa nama bulan yang disebutkan pada bacaan?
Ada 6 nama bulan yaitu Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, dan Juni.
Sebutkan nama-nama bulan yang disebutkan pada bacaan! Ada berapa nama bulan yang tidak disebutkan? Coba tuliskan nama-nama bulan yang tidak ada pada bacaan.
Ada 6 nama bulan yang tidak disebutkan yaitu Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember, dan Desember.
Berikut adalah nama-nama bulan dalam satu tahun. Dapatkah kamu menyusun nama bulan sesuai dengan urutan yang benar?
Nama-Nama Bulan
Urutan nama-nama bulan adalah : Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember.

Saat menuliskan nama bulan, ingatlah untuk menggunakan huruf kapital, seperti saat menuliskan nama hari dan awal kalimat.

Ayo Berlatih
Tanyakan kepada 5 temanmu, pada bulan apakah mereka berulang tahun? Lalu, buatlah 5 kalimat dengan bulan ulang tahun temanmu. Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama bulan. Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu. Gunakan huruf tegak bersambung.
Tanggal Lahir
1. Hafis lahir pada bulan Desember.
2. Calysta lahir pada bulan Juli.
3. Bela lahir pada bulan Februari.
4. Desyifa lahir pada bulan April.
5. Agus lahir pada bulan Agustus.

Ayo Mengamati!
Bulan November adalah bulan ulang tahun Edo. Ibu bersiap membuatkan kue ulang tahun. Ibu membutuhkan telur, tepung terigu, gula, cokelat, dan mentega. Untuk membuat kue yang enak, bahan kue harus ditimbang terlebih dahulu. Ibu menggunakan alat timbang seperti gambar berikut.

Berapakah angka yang ditunjuk oleh jarum timbangan? Apakah angkanya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan Ibu? Diskusikan dengan temanmu jawaban pertanyaan di atas. Lalu, apakah yang harus dilakukan Ibu? Menambahkan telur pada timbangan, ataukah mengurangi telur pada timbangan?
Timbangan
Jarum timbangan menunjukkan angka 500 gram, sehingga ibu harus mengurangi jumlah telur yang ditimbang.

Ayo Berlatih!
Selain telur, Ibu membutuhkan bahan-bahan lainnya. Perhatikan resep berikut ini.

Tepung terigu 300 gram
Gula 200 gram
Mentega 150 gram
Cokelat 100 gram

Perhatikan gambar bahan di atas timbangan berikut. Lingkari bahan kue yang sesuai dengan ukuran berat yang dibutuhkan.
Bahan Kue
Ayo Renungkan!
Bagaimana menurutmu pelajaran hari ini? Sebutkan 3 hal yang kamu pelajari hari ini. Adakah bagian yang menurutmu sulit? Adakah hal yang ingin kamu ketahui lebih lagi?
Pembelajaran hari ini sangat menyenangkan. Tiga hal yang saya pelajari adalah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari, kalimat yang menggunakan nama bulan, dan  membaca ukuran berat benda. Saya ingin mengetahui beberapa satuan berat yang lainnya.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Tanyakan kepada orang tuamu. Pada bulan apakah hari ulang tahun ayahmu, ibumu, kakak atau adikmu, serta kakek dan nenekmu? Tuliskan informasi yang kamu dapat pada tabel berikut ini! Lalu, temukan bulan ulang tahun keluarga temanmu. Adakah yang sama dengan bulan ulang tahun keluargamu?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.