Home » » Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku

Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku akan mempelajari tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sekolah. Menjelaskan dan mempraktekkan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Ayah membersihkan kandang ayam. Lani juga ikut membantu. Kandang ayam terlihat bersih. Hal itu dilakukan agar ayam tidak mudah sakit. Perhatikan percakapan berikut!
Percakapan
Ayo Berdiskusi
Buatlah pertanyaan berdasarkan percakapan di atas! Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan teman di sebelahmu!Jawablah pertanyaan temanmu!Diskusikan pertanyaan dan jawaban yang kamu kerjakan bersama temanmu.
Pertanyaan : Apa yang sedang dilakukan Lani dan ayah?
Jawaban : Lani dan ayah sedang membersihkan kandang ayam.

Pertanyaan : Mengapa kandang ayam perlu dibersihkan secara rutin?
Jawaban : Agar ayam tidak mudah sakit.

Pertanyaan : Siapa yang membantu ayah membersihkan kandang?
Jawaban : Lani.

Ayo Menulis
Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dengan menggunakan huruf tegak bersambung! Gunakan huruf kapital dengan benar.
Tegak Bersambung
Ayo Berlatih
Lingkarilah penggunaan huruf kapital yang tidak tepat pada teks cerita berikut
Kapital
Apa saja yang dilakukan lani untuk menjaga kesehatan Ayam peliharaannya?
Lani menjaga kesehatan ayam peliharaannya dengan membersihkan kandang, memberi makan secara teratur, dan memberi vaksin agar tidak mudah sakit.

Bacalah teks di bawah ini!
Perhatikan penggunaan huruf kapital pada kalimat. Lingkarilah huruf kapital pada kalimat berikut.
Huruf Kapital
Setiap hari Minggu, Lani membantu Ayah membersihkan kandang ayam. Kandang ayam Lani terjaga kebersihannya. Kandang ayam yang bersih membuat ayam tidak mudah sakit. Dengan demikian, lingkungan sekitar kandang pun menjadi sehat.

Ayo Berdiskusi!
Buatlah kelompok diskusi. Diskusikan penggunaan huruf kapital berdasarkan teks di atas. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu.
Kesimpulan: Huruf kapital digunakan pada setiap awal kalimat, nama orang, dan nama hari.

Ayo Menulis!
Lani memiliki kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan ketika memelihara hewan peliharaannya. Kita memiliki kebiasaan yang harus dilakukan alam kehidupan sehari-hari.

Sebagai pelajar, kita memiliki tugas belajar. Kita berangkat ke sekolah untuk belajar di sekolah. Kita tidak boleh terlambat tiba di sekolah. Tiba di sekolah, kita memberi salam kepada guru. Sebelum mulai pelajaran, kita berdoa kepada Tuhan.

Ketika mengikuti pelajaran, kita harus mematuhi tata tertib. Misalnya, memperhatikan petunjuk guru. Selain itu, kita juga harus menyelesaikan tugas dari guru. Tugas di sekolah bermacam-macam. Ada tugas berdiskusi tentang materi pelajaran. Ada tugas membaca dan menulis.

Ayo, tuliskan tata tertib yang harus dipatuhi ketika mengikuti pelajaran!
Kelompokkan hal-hal yang boleh dilakukan ketika mengikuti pelajaran. Kelompokkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengikuti pelajaran.

Hal-hal yang boleh aku lakukan ketika mengikuti pelajaran
Memperhatikan petunjuk dari guru, mengerjakan tugas atau membaca buku pelajaran.
Aku boleh melakukan hal-hal tersebut karena hal tersebut menambah pengetahuanku

Hal-hal yang tidak boleh aku lakukan ketika mengikuti pelajaran adalah
Bermain sendiri/tidak memperhatikan guru dan tidak mengumpulkan tugas
Aku tidak boleh melakukan hal itu karena mengganggu teman lain yang sedang belajar

Ayo Berlatih
Lani memiliki kebiasaan berolahraga setiap pagi. Lani mengenakan pakaian olahraga. Lani melakukan pemanasan sebelum berolahraga. Perhatikan gerakan Lani.
Gerakan Lani
Lakukan gerakan lari berbelok-belok sesuai pola yang ditentukan. Lakukan gerakan sesuai ketukan dalam lagu Ayamku. Lakukan gerakan sesuai ketukan lagu yang lain. Ikutilah petunjuk gurumu!

Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan kepada orang tuamu mengenai kegiatan di sekolahmu hari ini. Tuliskan ceritamu itu dengan bimbingan orang tuamu. Tuliskan dengan huruf tegak bersambung! Gunakan huruf kapital dengan benar.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.