Home » » Meringkas Teks Eksplanasi dari Media Cetak atau Elektronik

Meringkas Teks Eksplanasi dari Media Cetak atau Elektronik

Ringkasan adalah versi singkat dari teks yang menyoroti poin-poin utamanya. Sehingga meringkas adalah menuliskan kembali teks dengan lebih singkat dan sederhana dengan menuliskan garis besar ide-ide yang disuguhkan dalam teks secara sistematis. Meringkas teks bertujuan memberikan bentuk teks yang lebih sederhana namun orisinil, agar pembaca dapat memahami keseluruhan isi teks secara garis besar.

Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan ketika ingin meringkas teks eksplanasi.

1. Membaca Keseluruhan Teks
Untuk memahami isi teks, langkah pertama yang harus kita lakukan tentulah membaca secara keseluruhan. Isi dari teks semacam ini biasanya berupa jawaban atas pertanyaan “mengapa” atau “bagaimana.” Pertanyaan “mengapa” akan dijawab dengan menjelaskan sebab-akibat, sementara pertanyaan “bagaimana” akan dijawab dalam teks secara kronologis. Struktur teks sendiri terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi.

2. Mencari Informasi Penting Teks
Selanjutnya, kita harus menentukan informasi penting dari teks yang kita baca. Dalam teks eksplanasi tentu banyak informasi penting yang dapat kita peroleh. Cara menentukan informasi penting yaitu dengan membaca setiap kalimat yang disampaikan pada teks, kemudian pilihlah sebuah kalimat maupun informasi yang dianggap penting

3. Menggabungkan Informasi Penting Menjadi Paragraf
Setelah menemukan informasi penting teks, kita bisa mulai menuliskan rangkuman teks. Perhatikan agar informasi penting terssebut disertakan dalam rangkuman tersebut. Ketika membaca, kita bisa sambil menandai kalimat-kalimat mana saja yang penting untuk dimasukkan ke dalam ringkasan. Sehingga ketika kita menulis rangkuman, kita sudah tahu bagian mana saja yang akan kita masukkan.

4. Memperbaiki Paragraf Sesuai Kalimat Efektif dan Kosakata Baku
Terakhir, kita perlu membaca kembali rangkuman teks yang kita tulis. Selain memperhatikan jika pokok-pokok gagasan teks sudah disertakan, kita juga perlu mengecek penulisan kalimat sudah menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif supaya tidak ada kesalahan.

Pembelajaran 1
Pada Pembelajaran 1 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Bahan Konduktor dan Isolator

Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kamu akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, lalu carilah artinya dengan menggunakan kamus. Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan menggunakan kata-kata tersebut dengan menggunakan kalimat lengkap dan kata yang baku.
KataArtiKalimat
BahanBarang yang akan dibuat menjadi satu benda tertentu; bakal;Panci terbuat dari bahan aluminium
Bahan konduktor biasanya terbuat dari bahan logam. 
MenghantarMengirimkan (membawa) ke:Logam besi dapat menghntar panas dengan baik
Bahan isolator sulit menghantar panas.
KonduktorBenda atau bahan penghantar panas, arus listrik, atau suaraBeberapa contoh bahan yang bersifat konduktor antara lain besi, tembaga, baja, aluminium
Ada banyak bahan yang digolongkan ke dalam jenis konduktor.
IsolatorPenyekat atau pengisolasi Isolator merupakan jenis bahan yang memiliki sifat berlawanan dengan bahan konduktor.
Isolator bersifat tidak menghantarkan panas.
SemikonduktorBahan yang mempunyai daya hantar panas/listrik antara konduktor dan isolatorBahan semikonduktor bisa ditemukan pada berbagai komponen elektronika.
Bahan semikonduktor yang paling sering digunakan pada komponen elektronika adalah Germanium (Ge) dan Silikon (Si).
AlatBenda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu: perkakas; perabot(an)Isolator melindungi pemakai alat agar tidak kepanasan.
Panci, wajan, dan kompor termasuk alat-alat dapur.

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan hal-hal penting dari setiap paragraf bacaan. Tuliskanlah dalam bentuk kalimat pada tabel berikut ini.
ParagrafInformasi Penting
Satu
  1. Pemilihan bahan didasarkan pada sifat yang dimiliki bahan tersebut.
  2. Bahan yang dapat menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor.
  3. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut dengan isolator.
  4. Bahan yang sedikit dapat menghantarkan panas yang disebut dengan bahan semikonduktor.
Dua
  1. Bahan konduktor yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari bahan logam.
  2. Jenis logam yang paling sering digunakan antara lain besi, aluminium, dan tembaga.
Tiga
  1. Bahan yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.
  2. Beberapa bahan yang termasuk sebagai isolator, antara lain adalah kayu, kain, dan plastik.
Empat
  1. Penggunaan bahan konduktor dan isolator, dapat diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat
  2. Ada bahan yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator.
  3. Penggunaan bahan isolator berguna untuk mencegah panas dari sumber panas.

Dengan menggunakan hal-hal penting yang kamu tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kamu dapat juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan. Gunakan diagram di bawah ini untuk menjelaskannya. Tentukanlah pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan dan tuliskanlah di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak mewakili satu paragraf.
Konduktor

Pembelajaran 2
Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Sejarah termos

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.
ParagrafInformasi Penting
Satu
  1. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis.
  2. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat.
Dua
  1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar.
  2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat.
Tiga
  1. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara. yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos.
  2. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.

Pembelajaran 3
Pada Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Peran Masyarakat terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.
Desa Adat
Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan di dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! Buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.
Masyarakat Indonesia
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan yang diperoleh dari media elektronik di atas dalam tulisan satu paragraf berikut.
Masyarakat Indonesia selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Misalnya kegiatan tradisi peristiwa kelahiran hingga kematian. Ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya, namun kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Desa adat memang untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang. Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat. Beberapa desa adat dan kehidupan masyarakat asli yang diperkenalkan ke masyarakat luas. Salah satunya adalah Desa Adat Osing di Kemiren, Banyuwangi.

Pembelajara 4
Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Permasalahan Sosial di Sekitar Kita

Tanggung Jawab

Pembelajaran 5
Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.
Isi Paragraf 1Isi Paragraf 2
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator.Selimut dan jaket memiliki cara kerja yang sama yaitu memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. 
Isi Paragraf 3Isi Paragraf 4
Panci  terbuat dari bahan logam aluminium yang merupakan penghantar panas. Pegangan panci terbuat dari plastik yang merupakan isolator panasOven menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang.
Isi Paragraf 5Isi Paragraf 6
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Setrika dibuat dari bahan logam sebagai penghantar panas. Sedangkan bab pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator.

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf! Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan konduktor atau isolator. Selimut dan jaket memiliki cara kerja yang sama yaitu memerangkap udara sehingga badan tetap hangat. Panci terbuat dari bahan logam aluminium yang merupakan penghantar panas. Pegangan panci terbuat dari plastik yang merupakan isolator panas. Oven menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Panas dari sumber panas akan mematangkan maskan yang dipanggang. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Setrika dibuat dari bahan logam sebagai penghantar panas. Sedangkan bab pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat isolator..

Berdasarkan bacaan di atas, buatlah sebuah diagram untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca. Gunakan beberapa bentuk diagram yang sudah diberikan contoh sebelumnya. Namun, kali ini kamu dapat menambahkan gambar-gambar yang mewakili pokok pikiran pada paragraf bacaan.
Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita

Pembelajaran 6
Pada Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan terdapat teks Masalah Sosial di Sekitar Kita

Berdasarkan bacaan di atas tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.
Isi Paragraf

Buatlah sebuah paragraf untuk menjelaskan isi bacaan yang melibatkan semua isi dalam setiap paragraf. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan kata-kata baku dan ejaan yang tepat.
Beberapa masalah sosial seperti pencemaran lingkungan, rusaknya atau buruknya fasilitas umum, perilaku tidak disiplin, merupakan masalah sosial yang sering terjadi. Pencemaran lingkungan terjadi karena masyarakat membuang bahan-bahan berbahaya secara sembarangan sehingga mengakibatkan pencemaran air, udara, dan tanah. Fasilitas umum seperti sarana transportasi, sarana pendidikan, dan sarana kesehatan harus dijaga dan dilaporkan kerusakannya agar dapat digunakan. Banyak perilaku tidak disiplin di jalan raya dapat menyebabkan kecelakaan misalnya menjalankan kendaraan dengan melawan arus, mengendarai sepeda motor di tempat yang tidak semestinya, memarkir kendaraan di sembarang tempat, berhenti untuk menurunkan dan menaikkan penumpang di sembarang tempat, serta menyeberang jalan secara sembarangan.

Kesimpulanku:
Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, salah satunya disebabkan oleh adanya pihak yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Peraturan dibuat agar tertib, aman, dan nyaman. Maka, jika salah satu tidak melaksanakan kewajibannya, maka bisa terjadi kecelakaan yang merugikan berbagai pihak.

Demikian pembahasan mengenai Meringkas Teks Eksplanasi dari Media Cetak atau Elektronik. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas V tema 6, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.