Home » » Jenis Jenis Iklan Media Elektronik

Jenis Jenis Iklan Media Elektronik

Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan yang berfungsi untuk menawarkan produk supaya dapat laku dijual di masyarakat. Iklan dapat kita temukan pada media cetak, laman dari situs web, internet, televisi, radio, dan lain sebagainya. Ada yang berupa iklan pada media cetak, ada pula yang berupa iklan dari media elektronik.  

Iklan elektronik merupakan jenis iklan atau promosi yang penyebarannya menggunakan berbagai media elektronik seperti radio, televisi, dan internet. Iklan dari media elektronik juga dibedakan menjadi beberapa jenis seperti iklan dari radio, televisi, internet, dan sebagainya. 

A. Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Medianya
Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Seiring berjalannya waktu, bentuk iklan terus berkembang dan tumbuh. Ada berbagai jenis iklan media elektronik yang digunakan pemasar untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk dan layanannya. Secara spesifik, iklan media elektronik dapat berupa:

1. Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang disampaikan melalui media radio. Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.

2. Iklan Televisi
Iklan televisi adalah iklan yang disampaikan melalui media elektronik televisi. Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

Beberapa contoh iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet antara lain sebagai berikut berikut.
No.Media elektronikProduk yang DiiklankanTanggapan
1.TelevisiMilna Organik (makanan bayi)Sangat menarik karena menawarkan Milna organik yang menggunakan bahan organik dan tanpa bahan pengawet, Milna organik dapat membantu pertumbuhan bayi
2.RadioMNC VisionSangat menarik dan jelas penyampaiannya. Iklan tersebut menawarkan layanan televisi satelit berlangganan. MNC vision membuat rumah serasa bioskop dengan hiburan terlengkap.
3.Internet (Youtube)Azalia Zaitun OilSangat menarik, iklan tersebut menawarkan Azalia Zaitun Oil mampu membuat kulit lembab, berseri  dan halus
4.Internet (Blog)NovaKID (Belajar Bahasa Inggris Online)Sangat menarik dan jelas penyampaiannya. NovaKid menawarkan cara baru belajar Bahasa Inggris lebih seru. Menggunakan kelas interaktif dan dengan format yang menarik

B. Jenis Iklan Ditinjau dari Isinya
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai iklan dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya. Ditinjau dari segi isinya iklan dikelompokkan sebagai berikut :
Iklan TV
  1. Iklan politik. Iklan politik adalah iklan yang menayangkan gambar partai-partai politik dalam Pemilu, untuk mengenalkan kepada khalayak tentang partai-partai politik peserta Pemilu. Melalui iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.
  2. Iklan pendidikan. Iklan pendidikan ini berisi tentang ajakan kepada khalayak untuk membeli aplikasi pendidikan anak berbahasa Indonesia
  3. Iklan kesehatan. Iklan kesehatan adalah iklan yang menawarkan produk kesehatan seperti obat, pasta gigi, pengobatan alternatif.
  4. Iklan makanan dan minuman. Iklan makanan dan minuman adalah iklan yang menawarkan  makanan dan minuman, seperti mie, kue, teh
  5. Iklan otomotif. Iklan otomotif adalah iklan yang menawarkan produk otomotif, seperti ban, mobil, sepeda motor, oli.
  6. Iklan kecantikan. Iklan kecantikkan adalah iklan yang berisi tentang produk-produk kecantikan seperti bedak, lipstik, sampo, sabun, cream wajah, parfum dsb

Perhatikan contoh iklan berikut ini
Iklan Pendidikan
Iklan Quiper Video dan Ruang Guru:
Kedua iklan mengajak masyarakat untuk membeli aplikasi pendidikan sehingga kedua iklan dikategorikan sebagai iklan pendidikan.

G. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya
Salah satu tujuan periklanan adalah mempersuasi atau membujuk pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang dipromosikan perusahaan. Berdasarkan tujuannya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu 
Jenis Iklan Berdasarkan isi
  1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita.
  2. Iklan penawaran (niaga) Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang.
  3. Iklan layanan masyarakat Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain.

Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.
Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut. Jawaban:
Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan. adalah mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan.. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.

C. Jenis Iklan Media Elektronik Berdasarkan Sifatnya
Iklan menjadi aspek terpenting saat memasarkan sebuah produk, baik berupa barang maupun jasa. Berdasarkan sifatnya, jenis-jenis iklan elektronik dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Iklan komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar. Iklan komersial digunakan untuk menjual produk atau jasa secara langsung.

2. Iklan perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang menekankan pada citra perusahaan. Iklan perusahaan umumnya dirancang dengan tujuan tertentu yang menguntungkan perusahaan di masa datang. Tujuan utama iklan perusahaan adalah meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.

3. Iklan layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada masyarakat. Iklan layanan masyarakat ini biasanya dibuat oleh instansi pemerintah. Iklan ini biasanya berisi pesan-pesan yang mengingatkan serta mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskansuatu program yang ditujukan untuk kepentingan bersama. Contohnya, iklan bahaya rokok bagi kesehatan.

Perhatikan gambar berikut ini dan tulislah kesimpulan isi iklan pada kotak berikut
Iklan Honda
Kesimpulan :
Iklan tersebut merupakan iklan perusahaan yang menekankan pada citra perusahaan. Iklan yang diproduksi oleh Honda ini diharapkan memberikan kesan kepada konsumen bahwa Honda melakukan pengembangan sepeda motor untuk kecepatan. Diharapkan dengan motor yang cepat dapat menarik minat calon pembeli.

Demikian pembahasan mengenai Jenis Jenis Iklan Media Elektronik. Semoga tulisan ini bermanfaat

Sumber : Buku Kelas V Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.