Home » » Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan

Pada Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan akan mempelajari tentang menuliskan informasi dari teks nonfiksi dengan benar. Setelah berdiskusi, siswa mampu membandingkan informasi sebelum dan sesudah membaca teks nonfiksi dengan benar. Setelah berdiskusi, siswa mampu menganalisis sikap yang sesuai dengan Pancasila dengan terperinci. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan runtut. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Tahukah kamu kapan Hari Pahlawan diperingati?
Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November.
Mengapa peringatan tersebut merupakan hari besar Nasional?
Hari Pahlawan 10 November merupakan salah satu peristiwa penting dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Peristiwa apa yang terjadi pada tanggal itu?
Pertempuran 10 November 1945 di kota Surabaya

Ayo Membaca
Sebelum kita pelajari lebih lanjut. Tulislah hal-hal yang kamu ketahui tentang hari pahlawan!
Saya ingin mengetahui tokoh yang berperan dan kejadian pada pPertempuran Surabaya,

Bung Tomo
Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah pahlawan yang terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.
Bung Tomo
Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Ia seorang pembakar semangat juang untuk bertempur sampai titik darah penghabisan

Beliau mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Teks Bung Tomo merupakan teks nonfiksi. Teks Non fiksi adalah sebuah tulisan atau karangan yang dihasilkan dalam bentuk cerita nyata. Atau, cerita kehidupan sehari-hari yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dengan kata lain, Non Fiksi adalah karya seni yang bersifat faktual. Hal-hal yang terkandung di dalamnya adalah nyata, benar-benar ada dalam kehidupan kita.

Berdasarkan teks di atas tulislah informasi mengenai hari pahlawan.
Hari pahlawan jatuh pada tanggal 10 Nopember. Hari pahlawan diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya.
Bandingkan informasi awal yang kamu tulis sebelumnya dengan sekarang. Apa kesimpulanmu
Kesimpulanku :
Hari Pahlawan ditetapkan bertepatan dengan pertempuran tanggal 10 November di Kota Surabaya.

Pertempuran pertama setelah Indonesia Merdeka, dan menjadi salah satu pertempuran yang paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia.

Tulislah sikap-sikap bung Tomo!
Bung Tomo membangkitkan semangat rakyat melawan Belanda dan seorang patriot yang sangat mencintai tanah air dan selalu berada di pihak rakyatnya

Apakah sikap-sikap bung Tomo mencerminkan nilai-nilai Pancasila?
Beliau mepertahankan harga diri tanah air dan bangsa yang telah diproklamirkan pada 17 Agustus 1045. Tindakan tersebut mencerminkan sila ketiga Pancasila.

Apa yang bisa kamu contoh dari Bung Tomo?
Semangat beliau yang pantang menyerah untuk mempertahankan kemerdekaan. pemberani, tanggung jawab, tegas, mengutamakan kepentingan rakyat/umum daripada kepentingan diri sendiri, pekerja keras, tidak mudah putus asa/mengeluh, percaya diri

Ayo Menulis
Ceritakan pengalamanmu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila!
Saya mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan cara rajin beribadah dan saling menghargai orang di sekitar. Toleransi terhadap perbedaan yang ada, misalnya dalam berpendapat.

Ayo Renungkan
Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang sikap nasionalisme dan cinta tanah air serta pengamalan nilai-nilai Pancasila.
Bagaimana supaya sikapmu semakin baik dari hari kehari?
Saya kan terus belajar banyak bersabar,dan taat beribadah

Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu tentang Hari Pahlawan. Diskusikan juga cara memperingati hari tersebut!
Hari Pahlawan adalah hari nasional yang yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari ini untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Cara memperingati Hari Pahlawan adalah pelaksanaan hening cipta selama 60 detik. Hal ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam membela bangsa dan negara.

Hari Pahlawan sebagai waktu mengenang jasa para pejuang. Sebagai pelajar, kita bisa belajar sungguh-sungguh. Mereka yang sudah bekerja, bisa bekerja dengan tekun
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:09 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.