Home » » Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pada Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan akan mempelajari tentang mengidentifkasi informasi dari teks nonfiksi yang dibaca dengan terperinci. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi dari teks non fiksi dengan terperinci.. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila keempat dengan terperinci.. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila keempat Pancasila dengan terperinci. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kamu sudah mengetahui perjuangan Raja Purnawarman. Maukah kamu mengetahui perjuangan raja lainnya? Ayo, kita cari tahu bersama.

Ayo Mengamati
Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya
Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
Balaputra Dewa
Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Hal itu bertujuan supaya jalur pelayaran yang melalui Sriwijaya merasa aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Diskusikan pertanyaan berikut.
Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
Hasil perjuangan Balaputradewa adalah kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan besar dengan armada laut yang kuat.
Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai karena tidak ada yang membangun armada laut yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.
Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas. Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha. Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah
Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!
Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan perjuangan Balaputradewa tulislah sikap-sikapnya yang sesuai dengan Sila ke empat Pancasila. Jelaskan pula alasanmu.
  1. Sikap. Balaputradewa membangun kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Alasan : Hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa menjalankan amanat yang diberikan oleh rakyatnya
  2. Sikap : Balaputradewa membangun armada laut yang kuat. Alasan : hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa memperhatikan keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

Bagaimana dengan daerahmu? Apakah ada tokoh sejarah? Tulislah hal-hal baik yang bisa kamu contoh dari tokoh tersebut!
Salah satu tokoh dari daerahku adalah Jenderal Sudirman. Yang bisa kita teladani dari perjuangan Jenderal Sudirman adalah:
  1. Semangat patriotisme Jenderal Sudirman pada bangsa dan negara Indonesia yang besar. Jiwa nasionalis atau cinta tanah air yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.
  2. Rela berjuang demi bangsa dan negaranya sebab ingin berdaulat penuh.
  3. Semangat berkorban demi kemerdekaan Republik Indonesia.
  4. Tak pantang menyerah meski dengan senjata seadanya. Meski sedang sakit, Jenderal Sudirman tetap mampu berjuang untuk kemerdekaan Indonesia hingga akhirnya dikenal sebagai pahlawan bangsa. Bersatu dan bergabung dengan rakyat demi mewujudkan kemerdekaan RI.
  5. Sikap teguh yang tidak rela bangsa dan negaranya dijajah bangsa lain.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu kamu sudah mewujudkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
  1. Beribadah dengan giat, tidak merendahkan agama lain, tidak memaksakan agamaku pada temanku (sesuai nilai SILA PERTAMA)
  2. Gemar menolong teman yang kesulitan, menolong kucing yang kelaparan, tidak memandang rendah derajat orang lain (sesuai nilai SILA KEDUA)
  3. Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan etnis, budaya, bahasanya, cinta produk bikinan dalam negeri (sesuai nilai SILA KETIGA)
  4. Menyelesaikan masalah dengan musyawarah (sesuai nilai SILA KEEMPAT)
  5. Adil pada semua, tidak melanggar hak orang lain, melaksanakan segala tanggung jawab diri (sesuai nilai SILA KELIMA)

Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
  1. Boros, suka menghambur-hamburkan uang (tidak sesuai sila kelima Pancasila).
  2. Ketika musyawarah, kadang memotong pembiacaraan orang lain (tidak sesuai sila keempat Pancasila).
  3. Lebih menyukai kebudayaan bangsa lain, mengagumi baju adat mereka dan tak tertarik mempelajari kebudayaan sendiri (tidak sesuai sila ketiga Pancasila).
  4. Masih sering semena-mena pada saudara (tidak sesuai sila kedua Pancasila).
  5. Sering lalai dalam beribadah (tidak sesuai sila pertama Pancasila).

Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah:
  1. Belajar untuk berhemat dan tidak boros berbelanja.
  2. Mengupayakan agar belajar lebih keras lagi.
  3. Belajar untuk tidak egois dan mementingkan kepentingan bersama.
Ayo Renungkan
Nilai-nilai kebaikan apa yang dipelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang nilai tanggung jawab, disiplin dan peduli,
Apa yang bisa kamu contoh dari Balaputradewa?
Sikap pahlawan yang dimiliki oleh Balaputradewa dan dapat kita contoh adalah berani dan pantang menyerah. Balaputradewa selalu pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya menjadi sangat terjamin. Hal inilah yang patut kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Kamu sudah belajar tentang Balaputradewa, sampaikan nilai-nilai kebaikan beliau kepada orang tua.
Beberapa kebaikan dilakukan oleh Raja Balaputradewa adalah sebagai berikut.
  1. Balaputradewa berjuang untuk membangun Sriwijaya hingga menjadi kerajaan Nusantara pertama yang mempunyai wilayah sangat luas.
  2. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai ekrajaan maritim yang kuat dan tangguh.
  3. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agam Buddha dengan mendirikan perguruan tinggi Buddha.
  4. Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga ada banyak kapal yang singgah..
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.