Home » » Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pada Pembelajaran 3 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan akan mempelajari tentang menjelaskan langkah penanganan luka memar. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan seluruh langkah penanganan luka memar. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya terkait dengan cakram warna. Setelah melakukan percobaan dengan cakram warna, siswa mampu mengomunikasikan hasilnya dengan detai. Setelah membaca teks tentang Raja Balaputradewa, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar.. Setelah menjawab pertanyaan tentang teks Raja Balaputradewa, siswa mampu menceritakan teks dengan bahasa sendiri secara detail. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kebanggaan kita terhadap pahlawan bisa diwujudkan dengan meneladani sikap-sikap kepahlawanan. Salah satu sikap kepahlawanan adalah menolong orang lain.Tahukah kamu bagaimana cara menolong orang lain?

Edo sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba-tiba Edo terjatuh. Akibatnya, kaki Edo memar. Edo berteriak kesakitan. Lani yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Edo dan langsung menolongnya. Lani mengobati luka memar pada kaki Edo.
a. Apa yang terjadi pada Edo?
Edo terjatuh saat bermain sepak bola di lapangan.
b. Apa yang dilakukan Lani terhadap Edo?
Lani menolong mengobati kaki Edo.
c. Apakah sikap Lani sudah mencerminkan sikap kepahlawanan? Jelaskan!
Salah satu sikap kepahlawanan adalah dengan menolong orang lain yang sedang mengalami musibah.

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Lani meniru sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan. Lani mengobati Edo yang sedang luka memar. Bagaimana ciri-ciri luka memar?

Ayo Berlatih
Apakah kamu pernah mengalami luka memar? Apa yang kamu lihat di luka itu? Apa yang kamu rasakan?
Saya pernah mengalami luka memar saat terjatuh dari sepeda.Aku melihat darah keluar dari luka tersebut. Kaki saya merasa nyeri dan sakit,

Sekarang, dengan temanmu, lakukan praktik pengobatan luka memar dengan mengikuti tahapan berikut!

Memar adalah cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Ciri-ciri luka memar adalah sebagai berikut.
  1. Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan seluler merembes ke jaringan sekitarnya.
  2. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. 
  3. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma.
  4. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Adapun memar yang mungkin terjadi pada daerah kepala, bahu, siku, tangan, dada, perut dan kaki. Benturan yang keras pada kepala dapat mengakibatkan memar dan memungkinkan luka sayat. Tahapan mengobati luka memar
  1. Kompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin.
  2. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.
  3. Setiap tiga jam sekali, ulangi pengompresan denganmenggunakan kain bersih yang dicelupkan ke air dingin dan air hangat secara bergantian.

Sekarang, Ceritakan pengalamanmu melakukan pengobatan terhadap memar dalam bentuk tulisan. Hal-hal yang harus kamu tulis adalah ciri-ciri, cara pengobatan, dan nilai-nilai yang dikembangkan. Membantu teman yang terluka adalah cerminan sikap kepahlawanan.
Mengobati Luka Memar
Aku dan Budi sedang bermain sepak bola di lapangan. Tiba-tiba Budi terjatuh. Akibatnya, kaki Budi memar. Ciri-ciri luka memar adalah Jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah dan cairan merembes ke jaringan sekitarnya. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit. Bila terjadi pendarahan yang cukup, timbulnya pendarahan didaerah yang terbatas disebut hermatoma. Nyeri pada memar biasanya ringan sampai sedang dan pembengkakan yang menyertai sedang sampai berat.

Budi berteriak kesakitan. Aku yang mengetahui kejadian itu segera menghampiri Budi dan langsung menolongnya. Tahapan mengobati luka memar yang aku lakukan adalah mengompres bagian yang memar dengan menggunakan air dingin. Jika terjadi pendarahan pada luka, kompres dengan air hangat dulu selama 15-20 menit. Tujuannya supaya pembuluh darah melebar dan darah lancar sehingga proses penyembuhan lebih cepat.

Seorang pahlawan mempunyai kewajiban untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan. Aku meniru sikap kepahlawanan, yaitu menolong orang lain yang sangat membutuhkan bantuan dengan cara mengobati luka Budi.
Berdasarkan bacaan tentang Raja Balaputradewa pada halaman selanjutnya, jawablah pertanyaan berikut.

Apa yang dilakukan oleh Raja Balaputradewa? (jawab di nomor 1,2 dan 3).
Raja BalaputraDewa
Dari semua perjuangan yang telah dilakukannya, setujukah kamu, apabila Raja Purnawarman dikatakan sebagai pahlawan?  Jelaskan jawabanmu!
Saya setuju Raja Purnawarman dikatakan sebagai pahlawan karena beliau membangun armada yang kuat, membawa Sriwijaya ke puncak kejayaan, dan tegas dalam memimpin rakyatnya,
Sampaikan jawabanmu di depan kelas! Tuliskan kembali bacaan tentang Raja Balaputradewa dengan 
menggunakan kalimatmu sendiri di selembar kertas! Bacakan tulisanmu di depan kelas.
Raja Balaputradewa dari Dinasti Syailendra adalah seorang raja terkenal Kerajaan Sriwijaya yang mencapai puncak kejayaan sekitar ke-8 dan 9M. Semasa pemerintahannya Balaputradewa merupakan raja yang cakap dalam memerintah dan berhasil menjadikan kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Berita tertua tentang kerajaan Sriwijaya berasal dari seorang musafir Cina bernama I-tsing (671M). Berita lain berasal dari tahunb 683M dengan ditemukannya prasasti kedukan bukit di bukit segunting dekat palembang.

Pada akhir abad ke-8, Kerajaan Sriwijaya telah berhasil menguasai seluruh jalur perdangangan di Asia Tenggara, baik melalaui Selat Sunda maupun Selat Malaka, Selat Karimata dan Tanah Genting Kra. Dengan wilayah kekuasaan itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi Kerajaan Laut terbesar di Asia Tenggara. Selain itu di Sriwijaya juga terdapat seorang guru besar agama Budha yang bernama Dharmapala dan Sakyakirti. Hal itu membuktikan bahwa kehidupan sosial masyarakat kerajaan sudah tinggi dan kehidupan sosial pun akan mempengaruhi perkembangan kerajaan Sriwijaya.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
Membangun armada laut yang kuat
  1. Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  2. Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  3. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpin
Ayo Mencoba
Pantang menyerah adalah merupakan sikap yang perlu diteladani dari seorang pahlawan. Kamu juga dapat menerapkan sikap tersebut dalam pembelajaran, misalnya ketika melakukan percobaan. Kamu sudah pernah melakukan percobaan tentang cahaya. Masih ingatkah kamu tentang sifat cahaya?

Kamu akan belajar lebih lanjut tentang cahaya. Bacalah teks berikut  dengan saksama.
Mata kita berfungsi seperti teropong cangkir. Cahaya menembus lubang kecil bernama pupil dan berhenti pada layar yang disebut retina. Proses ini membuat gambar terbalik. Saraf mata menghubungkan retina dengan otak yang membalikkan gambar ke bentuk sebenarnya. Ternyata cahaya memiliki peranan penting dalam proses penglihatan.

Membuat Cakram Warna
Kamu bisa membuktikan bahwa cahaya putih matahari terdiri atas tujuh warna dengan membuat cakram warna dari kertas berbentuk lingkaran, warnai kertas sesuai dengan tujuh warna pelangi.

Putarlah kertas tersebut dengan kecepatan tinggi. Perhatikan warna yang tampak saat kertas berputar kencang.
Cakram Warna
Ayo Mencoba
Tulislah laporan percobaanmu pada tabel berikut!
Nama percobaan:Percobaan Cakram Warna
Tujuan percobaan:Membuktikan bahwa cahaya matahari terdiri dari tujuh warna
Alat-alat yang dibutuhkan:Pensil, Kertas putih berbentuk lingkaran, dan Pensil warna.
Langkah kerja:
  1. Buatlah lingkaran pada karton putih dengan jari-jari 10 cm!
  2. Bagilah lingkaran tersebut dengan 7 bagian yang sama besar!
  3. Warnailah  masing-masing bagian sesuai dengan warna spektrum cahaya secara berturut-turut dengan menggunakan pensil warna!
  4. Buatlah 2 buah lubang yang jaraknya 1 cm sebelah kanan dari titik pusat dan 1 cm sebelah kiri dari titik pusat!
  5. Guntinglah lingkaran tersebut!
  6. Masukkan benang kasur melewati dua lubang tersebut!
  7. Coba putarkan cakram warna tersebut dengan cara menarik an mengendurkan tali!
  8. Amati warna cakram ketika sedang berputar!
KesimpulanDari hasil percobaan membuktikan kalau gabungan dari beberapa warna bisa menyusun warna putih. Seperti pada cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih, sebenarnya tersusun atas banyak cahaya berwarna.
Sampaikan hasil percobaanmu kepada gurumu.

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang Ciri-ciri memar dan penanggulangannya, TeksNon fiksi, dan Sifat-sifat cahaya.
Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dari pembelajaran hari ini?
Saya ingin tahu lebih lanjut tentang sifat-sifat cahaya.
Hal baik apa yang bisa kita contoh dari Raja Balaputradewa?
Hal baik yang bisa kita contoh dari Raja Balaputradewa adalah semangat pantang menyerah dan keberaniannya untuk berjuang agar seluruh rakyatnya bisa hidup dengan aman dan sejahtera.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Cobalah lagi percobaan membuat cakram warna di rumah bersama orang tua  atau temanmu. Ceritakan hasilnya kepada temanmu di sekolah.
Saya mencoba membuat cakram warna bersama ayahku. Hasil percobaan menunjukkan gabungan dari beberapa warna bisa menyusun warna putih. Seperti pada cahaya matahari yang kita lihat berwarna putih, sebenarnya tersusun atas banyak cahaya berwarna.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.