Home » » Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Pada Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan akan mempelajari tentang menjawab pertanyaan tentang Raja Purnawarman dan menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasanya sendiri . Mengidentifikasi dan mengkomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya , siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.. Setelah melakukan percobaan tentang cahaya, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Hari ini kamu akan belajar tentang pahlawan. Tahukah kamu apa yang dimaksud  dengan pahlawan?
Pahlawan adalah orang orang yang sangat berjasa, berani dan penuh pengorbanan bagi bangsa, negara, dan agama. pahlawan juga orang yang sangat gagah berani karena mereka telah rela mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan.

Ayo Mengamati
Amati gambar berikut.
SIkap Kepahlawanan
Jawab pertanyaan di bawah ini!
1. Apa yang mereka lakukan?
Mereka sedang menjenguk temannya yang sakit.
Kedua anak lelaki itu sedang mengamati dan menjaga alam sekitar.
Anak perempuan itu sedang membantu temannya merapikan tasnya.
2. Bagaimana pendapatmu mengenai hal itu?
Sikap mereka sangat baik dan baik untuk dicontoh, sama halnya dengan para pahlawan yang rela berjuang juga demi negaranya. Kita harus terbiasa berbuat baik sejak dini.
3. Hal baik apa yang bisa kamu contoh?
Menurut saya semua dapat bisa dicontoh, karena semua adalah perlbuatan baik.

Menolong orang lain dengan ikhlas, berani, dan gigih merupakan sikap yang dimiliki oleh para pahlawan. Untuk menghargai mereka, kamu bisa meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ayo Membaca
Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berjuang untuk rakyatnya. Ia membangun saluran air dan memberantas perompak.

Raja Purnawarman sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Ia memperbaiki aliran Sungai Gangga di daerah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia juga memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sehingga air bisa mengalir ke seluruh kerajaan. Para petani senang karena ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sehingga menjadi subur. Ladang para petani tidak kekeringan pada musim kemarau

Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman berhasil membasmi semua perompak, keadaan menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah membaca teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!
1. Tuliskan perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!
Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat dan memberantas perompak.

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman?
Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara jika Rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.

5. Ceritakan kembali isi teks berdasarkan jawaban-jawabanmu. Tulisanmu harus memperhatikan peristiwa yang ada, runtut, dan menggunakan ejaan yang benar
Raja Purnawarman adalah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman adalah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya karena telah berjuang dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut untuk menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kecintaan rakyat Kerajaan Tarumanegara kepada Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam bentuk prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.

Ayo Mengamati
Berikut adalah beberapa tokoh dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.
Tokoh dan Peninggalan Hindu
Amati gambar di atas! Apa yang ingin kamu ketahui tentang perjuangan mereka?
Tuliskan pertanyaanmu di bawah ini!
Apa sja perjuangan yang mereka lakukan terhadap negara-masing-masing?
Diskusikan pertanyaan tersebut dengan temanmu untuk mengetahui  jawabannya!

Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  1. Membangun armada laut yang kuat
  2. Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.
  3. Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
  4. Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin.
  5. Peninggalan dari Raja balaputradewa yakni Prasasti Nalanda,
  6. Ajaran positif pantang menyerah dan cinta tanah air.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?
  1. Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.
  2. Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam.
  3. Masjid Raya Baiturrahman merupakan peninggalan Kerajaan Aceh yang paling terkenal.
  4. Gigih, pemberani, rela berkorban.
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?
  1. Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.
  2. Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.
  3. Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.
  4. Peninggalan sultan Hasanudin antara lain Benteng Ujung Pandang, batu pelantikan, Masjid Katangka, Benteng Somba Opu
  5. Gigih, pemberani, rela berkorban
Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
  1. Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.
  2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang. 
  3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.
  4. Peninggalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada antara lain Situs Trowulan, Gapura Bajang Ratu, Kitab Negarakertagama, Candi Tikus, dan Gapura Wringin Lawang.
  5. Sikap positif cinta tanah air, semangat dan pantang menyerah.


Ayo Membaca
Sifat-sifat Cahaya
Sifat-Sifat Cahaya
  1. Cahaya merambat lurus. Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!
  2. Cahaya menembus benda bening. Percobaan menggunakan cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.
  3. Cahaya dapat dipantulkan. Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul!
  4. Cahaya dapat dibiaskan. Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjanganya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Catat proses percobaan dan peristiwa yang terjadi tersebut dalam lembar  laporan berikut.

Laporan Kegiatan Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

AspekPercobaan 1Percobaan 2Percobaan 3Percobaan 4
Nama
percobaan
Percobaan Cahaya Merambat LurusPercobaan Cahaya
Menembus Benda
Bening
Percobaan Cahaya Dapat DipantulkanPercobaan Cahaya Dapat Dibiaskan
Tujuan
Percobaan
Mengetahui cahaya dapat merambat LurusMengetahui Cahaya
dapat menembus
benda bening
Mengetahui cahaya dapat dipantulkanMengetahui cahaya dapat dibiaskan
Alat dan BahanTiga buah karton
Sebuah lilin
Korek api
Isolasi
Cermin datar
Lampu senter
Cermin datar
Lampu senter
Sebuah gelas berisi air
Sebuah pensil
Langkah Kerja.Lubangi bagian tengah
ketiga karton tersebut.
Letakkan dengan posisi
tiga  lubang tersebut sejajar
dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang.
Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.
Percobaan menggunakan
cahaya matahari/ cahaya
senter,  gelas/benda-benda transparan/bening,
benda-benda berwarna
gelap, dan benda-benda
bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar.
Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih.
Pantulkan cahaya
senter menggunakan
cermin. Coba
berbagai posisi
cermin yang
berbeda dan gunakan lebih banyak cermin.
Pensil setengah bagian
panjanganya berada
di dalam gelas berisi air. Amati pensil
dari sisi samping luar gelas
Hasil
Pengamatan
Cahaya  lilin/ senter
dari depan rangkaian
kardus yang sudah
diberi lobang sejajar cahaya dapat
merambat lurus
Cahaya senter yang
melewati benda bening
dapat terlihat sedangkan
sebaliknya pada
benda tidak bening seperti kardus cahaya
tidak bisa menembus.
Cahaya senter yang
diarahkan kecermin datar dapat memantul.
Pensil yang dimasukan ke dalam air akan
kelihatan bengkok

Kesimpulan :
Berdasarkan hasil pengamatan bahwa sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.
Diskusikan hasil percobaanmu bersama teman-teman kelompok dan buat  kesimpulan tentang sifat-sifat cahaya.
Sifat-sifat cahaya diantaranya yaitu cahaya dapat merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan. dan dapat memantul.
Ayo Renungkan
 Apa yang telah kamu pelajari dari materi hari ini?
Hari ini saya belajar tentang teks Non fiksi, Sifat-sifat cahaya, dan Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini?
Saya ingin tahu lebih banyak tentang Peninggalan sejarah masa Hindu, Buddha dan Islam serta pengaruhnya
Bagaimana sikapmu ketika mempelajari materi hari ini?
Saya merasa bangga sebagai siswa mengetahui perjuangan para pahlawan bangsa.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah nilai-nilai perjuangan Raja Purnawarman di rumah. 
Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat dan memberantas perompak. 
Dapatkah  kamu menemukan nilai-nilai luhur dari sikap dan perilaku masyarakat di  sekitarmu? Sampaikan hasilnya kepada teman di sekolah.
Berikut anilai luhur dan sikap dan perilaku di lingkup masyarakat skitarku: 
  1. Ikut kerja bakti atau gotong royong membersihkan lingkungan
  2. Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan dengan tetangga
  3. Menyelesaikan masalah sosial bersama-sama tidak diselesaikan sendiri
  4. Bergaul sesama warga dengan tidak membedakan agama, suku, atau ras
  5. Bersikap ramah kepada semua orang
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:22 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.