Home » » Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku

Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku

Pada Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku akan mempelajari tentang menilai cerita secara perinci dan mendeskripsikan penilaian cerita secara lisan dan tulisan. Setelah membaca teks tentang pengrajin kayu, siswa mampu mengidentifikasi jenis pekerjaan terkait social budaya di wilayahnya. Mengomunikasikan jenis pekerjaan terkait sosial budaya di wilayahnya. Menginformasikan dampak pemanfaatan sumber daya alam yang tidak terkontrol dalam kehidupan sehari-hari. Menuliskan contoh kegiatan sebagai upaya pencegahan langkanya sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca
Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?Kali ini kamu akan membaca dongeng yang diberikan oleh gurumu. Bacalah dongeng tersebut dengan saksama!

Tupai dan Ikan Gabus
Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.

Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencarikannya untuk sahabatnya.

Setelah Gabus menyampaikan obat penawar penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.

Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu
memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.

Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.
(disadur dari Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda, Ajeng Restiyani)

Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut.
Tupai dan kan Gabus
Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?
Menurut saya cerita tersebut sangat menarik yang menunjukkan persahabatan dua ekor binatang.
Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?
Hal baik yang saya pelajari adalah sesama teman kita harus saling tolong menolong.
Sampaikan tulisanmu di depan kelas!

Ayo Berdiskusi
Dayu mempunyai teman yang bernama Beno. Pekerjaan ayahnya adalah pengrajin kayu.

Bacalah teks berikut dalam hati!
Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi. Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya, membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi yang dibuat ke toko mebel. Dari toko mebel itulah orang-orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa produk yang dihasilkan dari pekerjaan ayah Beni?
Ayah Beni menghasilkan meja dan Kursi.
2. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?
Pekerjaan ayah Beno termasuk menghasilkan barang yaitu meja dan kursi.
3. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?
Kegiatan yang dikerjakan oleh pengrajin kayu adalah Pertama membeli kayu dan memotongnya. Kemudian membentuk menjadi kursi, menghaluskan, dan mengecat kursi. Terakhir adalah menjual kursi ke toko mebel.
Diskusikan hasilnya dengan temanmu!

Adakah pengrajin di sekitarmu? Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan memuat produk yang dihasilkan,  sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat  terhadap masyarakat s
Seorang tukang kayu menghasilkan barang berupa meja dan kursi. Merka menggunakan sumber daya alam kayu sebagai bahan bakunya. Tukang kayu termasuk jenis pekerjaan produksi, sedangkan penjual di toko mebel termasuk jenis pekerjaan distribusi. Tukang kayu dapat menghasilkan barang-barang keperluan rumah tangga seperti meja dan kursi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.
Membuat Meja dan Kursi

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!
1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!
Pohon di hutan ditebang dan kemudian diangkut sampai ke pengrajin kayu. Pengrajin kayu mengubah kayu menjadi barang seperti meja dan kursi. Setelah jadi meja dan kursi dijual oleh pengrajin ke toko mebel. Dari toko mebel masyarakat yang membutuhhkan meja dan kursi dapat membelinya di toko tersebut.
2. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu? 
Penebang kayu, Tukang pengangkut barang, Pengrajin kayu, Pedagang Mebeler.
3. Ternyata cukup panjang, ya perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?
Sebaiknya kita merawat barang yang kita miliki dengan baik agar awet. Karena barang-barang yang ada di rumah kita dibuat dari sumber daya alam yang jumlahnya bisa berkurang sewaktu-waktu.

Ayahku mendapatkan kayu untuk bahan baku mebel dari hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan. Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang. Sering sekali karena kebakaran hutan.

Ayo Mengamati
Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini! Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.
Kayuku
Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun?
Hutan Kalimantan
.1 Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010
Hutan di Kalimantan tahun 1950 hampir menutupi seluruh kalimantan, sedangkan tahun 2010 hutan di kalimantan sudah sama banyaknya dengan pemukiman.
2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?
Tahun 1950 hampir seluruh kalimantan masih tertutup oleh hutan. Sedangkan tahun 2010 hutan di Kalimantan sudak berkurang karena digunakan untuk pemukiman.
3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?
Jika hutan ditebang terus menerus maka hutan akan rusak dan hutan menjadi gundul.
4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang? Apabila pohon di hutan semakin kurang maka banyak hewan yang akan kehilangan tempat tinggalnya. selain itu pohon yang berkuran di hutan dapat menimbulkan abrasi, pemanasan global, dan bencana longsor.

5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?
  • Melakukan reboisasi
  • Menerapkan sistem tebang pilih
  • Menerapkan sistem tebang-tanam
  • Melakukan penebangan secara konservatif
  • Memberikan sangsi bagi penebang yang melakukan penebangan sembarangan
  • Tidak membuang sampah sembarangan di hutan
  • Melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan
  • Mengurangi penggunaan kertas berlebih
  • Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan
  • Melakukan seminar pelestarian hutan

6. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?
Sebaiknya pengrajin kayu melakukan tebang pilih yaitu memilih kayu yang sudah tua dan setelah memotong pohon menanamnya kembali.
Ayo Mencoba
Keberadaan hutan sangat berpengaruh pada pekerjaan seorang tukang kayu.  Untuk itu, hutan perlu dijaga kelestariannya.

Menurut kamu, bagaimana kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030? 
Menurut saya keberadaan hutan sangat berpengaruh pada pekerjaan seorang tukang kayu. Untuk itu, hutan perlu dijaga kelestariannya.

Warnai peta di bawah ini dengan warna hijau untuk menunjukkan masih  adanya pohon di hutan!
Peta Kalimantan
Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan?
Untuk menghindari kerusakan hutan dapat dilakukan dengan Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul. Melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon. Menerapkan sistem tebang–tanam dalam kegiatan penebangan hutan.
Bandingkan hasilmu dengan hasil temanmu!

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya belajar tentang Cerita, dongeng, Sumber daya alam dan pelestariannya, dan Jenis-jenis pekerjaan terkait sosial budaya
Apa yang bisa kamu pelajari dari pekerjaan orang tuamu?
Saya dapat belajar dari orang tua bagaimana bekerja dengan baik.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Apa yang dihasilkan dari pekerjaan orang tuamu? Sumber daya alam apa yang  sering dipakai? Nilai baik apa yang bisa kamu pelajari dari pekerjaan orang  tuamu? Diskusikan hal tersebut dengan orang tuamu. Sampaikan hasil diskusimu kepada guru dan temanmu!
Ayahku bekerja sebagai seorang petani. SUmber daya alam yang digunakan adalah air, tanah, dan tumbuhan. Nilai baik yang dapat saya pelajari adalah kerja keras dan peduli terhadap lingkungan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.