Home » » Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan

Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan

Pada Pembelajaran 3 Tema 3 Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan akan mempelajari tentang menjelaskan variasi polagerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar. Mempraktikkan variasi pola gerak dasar dasar jalan, lari, lompat, dan lempar dalam permainan bola kasti. Menggali informasi melalui kegiatan wawancara. Menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Menjelaskan penting penghijauan sebagai salah satu upaya pelestarian sumber daya alam. Melakukan praktek nyata untuk melestarikan sumber daya alam dan lingkungan mandiri. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kamu sudah belajar tentang lingkungan yang baik. Kamu akan belajar lebih banyak lagi tentang hal itu. Tetapi kamu akan berolahraga dahulu dengan teman-temanmu.

Hari ini kamu akan bermain kasti. Kamu pasti sudah tahu tentang permainan ini bukan? Bacalah teks berikut.!

Ayo Membaca
Permainan Kasti
Permainan kasti merupakan salah satu permainan bola kecil. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, yakni regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berusaha mendapat nilai dengan memukul bola, kemudian berlari mengelilingi lapangan. Sebaliknya regu penjaga berusaha menangkap bola serta mengalahkan regu pemukul. Regu yang banyak mengumpulkan nilai menjadi pemenang.
Permainan Kasti
Permainan sederhana ini dapat dimainkan di lapangan yang tidak begitu luas. Alat yang dibutuhkan dalam permainan kasti adalah bola kecil dan pemukul kayu.

Setiap regu dalam bola kasti beranggotakan 12 orang dengan 6 orang anggota cadangan. Dua regu dalam tim bola kasti berperan sebagai regu penjaga dan regu pemukul.

Regu penjaga
Berperan mengangkap bola yang dipukulkan oleh anggota regu pemukul. Bola yang ditangkap oleh regu penjaga dapat ditembakkan kembali ke anggota regu pemukul yang sedang berlari saat melakukan perpindahaan pos. Perpindahan ini dilakukan agar regu pemukul dapat ""pulang ke rumah," atau ke ruang bebas. Jika saat berlari pulang regu pemukul tertembak bola yang dilemparkan kembali oleh regu penjaga, pemain tersebut dinyatakan mati. Setelah itu, terjadi pergantian regu dengan regu penjaga berganti menjadi regu pemukul. Saat tim regu pemukul sedang tersebar di pos-pos, regu penjaga dapat menempati ruang bebas.

Regu pemukul
Tugas regu pemukul adalah memukul bola agar regu penjaga tidak menangkap bola. Setelah memukul bola, pemukul dapat berlari mengelilingi pos untuk kembali ke ruang bebas. Penting bagi pemukul untuk memastikan bahwa tongkat pemukul diletakkan dalam area yang diizinkan. Bila keluar dari area tongkat pemukul, pemukul tidak diberi nilai atau harus mengembalikannya ke dalam area tongkat pemukul.

1. Teknik Melempar Bola
Melempat Bola Mendatar
Pemain memegang bola kasti dengan tangan kanan. Pandangan diarahkan ke target lemparan dan tubuh diposisikan secara tegak. Kemudian bola dilemparkan dengan arah mendatar.

Melempar Bola ke Bawah
Bola kasti dipegang dengan tangan kanan. Sama seperti teknik sebelumnya, pandangan diarahkan fokus ke target lemparan. Badan dalam posisi tegak dan kemudian lempar bola ke arah bawah.

Melempar Bola Melambung
Pegang bola kasti lebih dulu dengan  tangan kanan. Arah pandangan fokus pada target lemparan. Condongkan badan agak ke belakang sebelum melemparkan bola ke atas agar melambung.

2. Teknik Memukul Bola
Memukul Bola Mendatar
Bentuk sikap berdiri tegak. Letakkan kaki kiri di depan sambil memegang erat tongkat pemukul dengan tangan kanan. Pukul dari arah belakang bahu ke kanan ke arah kiri depan dengan arah pukulan sejajar dengan bahu.

Memukul Bola ke Bawah
Awali dengan sikap berdiri tegak. Kaki kiri kemudian diletakkan di depan sambil memegang pemukul dengan tangan kanan. Pukul dari bahu kanan belakang ke arah kiri depan bawah dengan pukulan menyilang dan melengkung dari atas ke bawah. Bola yang dipukul dengan teknik iniakan memantul ke lantai atau tanah.

Memukul Bola Melambung
Berdirilah dengan tegak, kaki kiri di depan dan tangan kanan memegang tongkat. Pukul bola dengan arah silang dari arah belakang bahu kanan ke kiri depan atas dengan tangan yang lemas.

3. Teknik Menangkap Bola
Menangkap Bola Mendatar
Arahkan pandangan pada bola yang datang. Tangkap dengan kedua, telapak tangan dibuka membentuk setengah bola. Kedua telapak tangan di depan dada.

Menangkap Bola Menyusur Tanah
Berdirilah dengan tegak. Letakkan kaki kanan di depan, tekuk kaki kiri, dan tempelkan lutut kaki kanan di tanah. Kedua telapak tangan diletakkan saling berhadapan di depan kaki kanan.

Menangkap bola melambung
Tekuk siku terlebih dahulu. Posisikan tangan berhadapan di atas kepala atau di depan dada bergantung pada arah datangnya bola. Lemaskan jari-jari tangan sebelum menangkap bola.

Perhatikan cara bermain kasti yang disampaikan oleh gurumu. Diskusikanlah kembali dengan temanmu bagaimana memainkannya.

1. Bagaimana perasaanmu setelah bermain kasti?
Saya merasa senang karena dapat olahraga dapat menyehatkan tubuh.
2. Keterampilan apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti?
Gerak dasar jalan, lari, lompat, dan lempar.
3. Sikap apa yang dibutuhkan dalam bermain kasti?
Disiplin, kerjasama dan sportivitas.

Ayo Menulis
Ambillah laporan hasil wawancaramu. Lanjutkan pekerjaanmu untuk membuat laporan. Setelah selesai, perlihatkan kepada teman sebelahmu. Mintalah masukan darinya. Bacalah kembali laporanmu setelah diperbaiki. Sampaikan kepada gurumu

Sudah beberapa bulan ini, Ibu Siti mengeluhkan lahan kosong di belakang rumahnya yang tidak terawat. Ia bingung karena tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dengan lahan miliknya. Ayah Siti pun mengusulkan untuk menanam tanaman di lahan kosong tersebut. Ibu Siti langsung tersenyum mendengar ide itu.

Menurutmu, tanaman apa ya, yang dapat ditanam di lahan kosong di rumah kita? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Membaca
Lahan kosong yang tidak terawat membuat lingkungan kita menjadi kurang sedap dipandang, apalagi jika lahan itu kotor. Pemanfaatan lahan kosong di pekarangan sekolah atau rumah merupakan cara penghijauan sebagai wujud perilaku peduli lingkungan. Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan/tanah itu.

Salah satu cara menghijaukan lahan adalah dengan menanam tumbuhan yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit dan jahe. Ibu Siti pun mengetahui bahwa lahan kosong di rumahnya dapat ditanami tanaman obat. Siti dan ibunya kemudian membuat jadwal penyiraman tanaman obat mereka. Simaklah informasi berikut.

Kencur
Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat. Kencur sangat mudah untuk ditanam, dengan permukaan tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, dan cukup terkena sinar matahari, tanaman kencur ini bisa hidup dengan mudah.

Kencur memiliki banyak manfaat mengobati berbagai macam penyakit, seperti influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, dan keseleo.
Jahe Kunyit dan Kencur

Kunyit
Kunyit atau kunir merupakan salah satu jenis tanaman rempah atau obat. Kunyit atau kunir ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat kita sebagai bahan bumbu dalam masakan. Namun, ada juga yang memanfaatkan buah kunyit untuk kesehatan diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

Kunyit sangat baik ditanam saat awal musim hujan. Penyinaran matahari yang cukup dan tanah yang gembur dapat menambah kesuburan.

Jahe
Tanaman jahe telah lama dikenal dan tumbuh baik di negeri kita. Jahe merupakan salah satu rempah penting. Tanah yang digunakan untuk penanaman jahe tidak boleh tergenang. Jahe memiliki banyak manfaat, antara lain, bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan, dan juga dapat memberi efek rasa panas dalam perut. Oleh karenanya, jahe juga digunakan sebagai bahan minuman penghangat tubuh.

Selain itu, jahe juga banyak digunakan dalam industri obat, minyak wangi, dan jamu tradisional.

1. Tuliskan informasi penting yang kamu temukan dari bacaan tersebut!
Lahan kosong dapat dapat dihijaukan dengan menanam tanaman seperti kencur, kunyit dan jahe. Tanaman tersebut dapat digunakan untuk bahan bumbu masakan dan bahan obat-obatan.
2. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu memiliki lahan kosong? Jelaskan!
Jika saya memiliki lahan yang kosong akan saya tanami dengan tanaman obat-obatan.
3. Berdasarkan informasi tadi, hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan!
Memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan dan sekaligus tanaman obat-obatan.

Ayo Berdiskusi
Mari simak cerita petualangan berikut.

Merawat Tumbuhan dan Hewan
Siti mengingat pengalaman bersama teman-temannya ketika bertemu dengan Pak Jajak. Pak Jajak memiliki kebun dan peternakan. Siti pun mengajak ayah ibunya berkunjung kembali ke sana. Di kebun Pak Jajak, Siti menemukan beberapa tanaman obat, di antaranya lengkuas, lidah buaya dan sirih.

Di sana juga ada hewan ternak, yaitu sapi, kerbau, kambing, ayam dan bebek. Mereka diajak Pak Jajak berkeliling melihat tanaman dan hewan ternak. Siti juga melihat Pak Jajak menyirami tanamannya. Menurutnya, hal tersebut sangat penting karena membantu kesuburan tanaman. Pak Jajak juga mengajak Siti melihat sapi-sapi yang sedang dimandikan.

Siti gembira sekali dengan pengalamannya berkunjung ke kebun dan peternakan Pak Jajak. Ia ingin segera berbagi cerita tersebut bersama teman-temannya di sekolah.

Perilaku merawat dan melestarikan tumbuhan dan hewan merupakan sikap peduli lingkungan yang
dapat kamu lakukan. Menurutmu, cara apa lagi yang harus dilakukan untuk mencintai lingkungan,
tumbuhan, dan hewan?

Diskusikan dengan seorang temanmu contoh-contoh lain sikap mencintai lingkungan. Tulislah hasil diskusimu pada peta pikiran di bawah ini!
Peta Pikiran
No.Cara MencintaiHal yang Dilakukan
1.Cara mencintai lingkungan
  1. Menghemat pemakaian air bersih di rumah.
  2. Menghemat pemakaian Gas apa saja.
  3. Menghemat pemakaian kertas.
  4. Menanam pohon di halaman yang kosong.
  5. Menggunakan pembersih rumah yang tidak membahayakan lingkungan.
2.Cara mencintai hewan
  1. Menyiram tumbuhan setiap hari
  2. Memberi pupuk secara teratur
  3. Memberi obat pembasmi hama
  4. Membersihkan bagian tumbuhan yang layu
  5. Menjaga dari gangguan hewan
3.Cara mencintai tumbuhan
  1. Membuat kandang yang kuat dan kokoh
  2. Memberi makan dan minum secara teratur
  3. Melakukan pemeriksaan kesehatan hewan
  4. Mengasihi dan menyayanginya
  5. Membersihkan kandang dan sekitar kandang

Ayo Renungkan
1. Tulislah apa saja yang telah kamu pelajari dari kegiatan hari ini.
Hari ini saya telah belajar tentang variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat, lempar, Teks laporan, Pelestarian sumber daya alam dan lingkungan
2. Manfaat apa yang kamu dapatkan dari pembelajaran hari ini?
Manfaat yang saya peroleh adalah lebih peduli terhadap lingkungan.
3. Mengapa kita harus merawat tumbuhan dan hewan?
Kita harus merawat hewan dan tumbuhan karena hewan dan tumbuhan merupakan sumber kehidupan dan sumber makanan bagi kita
4. Bagaimana caramu mencintai lingkungan?
Cara mencintai lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, melmiah sampah agar mudah didaur ulang.,menghemat pemakaian kertas, menanam dan merawat pohon.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Berikan contoh sikap yang telah kamu lakukan dalam mencintai lingkungan rumah dan sekolah. Diskusikan hal tersebut dengan orang tuamu. Sampaikan hasil diskusimu dengan gurumu.
Contoh cara kita mencintai lingkungan adalah antara lain: 
  1. Membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah sembarangan.
  2. Membuang sampah sesuai jenisnya agar mudah didaur ulang.
  3. Menghemat pemakaian kertas.
  4. Menanam pohon serta merawat dan menjaga pohon karena pohon butuh waktu lama untuk tumbuh. Hemat air dengan menggunakan air seperlunya dan tidak membuang-buang air. 
  5. Mengurangi penggunaan plastik
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.