Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pada Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman akan mempelajari tentang menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya, menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman, mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar, dan menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Berdiskusi
Meskipun Siti dan teman-temannya berasal dari daerah yang berbeda, mereka tetap bekerja sama membantu sesama. Akhir-akhir ini, Bu Mimin, penjual makanan di kantin SDN 01 Nusantara, sering kali tampak sedih. Siti memberanikan diri bertanya kepada Bu Mimin tentang apa yang sedang terjadi padanya. Bu Mimin bercerita bahwa anaknya sedang sakit di rumah. Permasalahannya, Bu Mimin tidak dapat meninggalkan kantin sekolah. Ia membutuhkan biaya untuk membayar pengobatan anaknya dengan berjualan makanan.
kEBERAGAMAN
Siti pun menemui teman-temannya dan mengajak mereka berdiskusi untuk membantu memecahkan masalah Bu Mimin. Mereka memutuskan akan bekerja sama membantu Bu Mimin dengan menjaga kantin sekolah pada jam itu.

Jika kamu menjadi Siti, apa yang akan kamu lakukan bersama teman-temanmu? Diskusikan dalam kelompokmu! Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat membantumu.
  • Jenis bantuan apa yang dapat kamu dan teman-temanmu berikan?(Jenis bantuan yang dapat saya dan teman-teman berikan adalah membantu Bu Mimin berjualan di kantin.)
  • Apa yang akan kamu lakukan saat berhadapan dengan para pembeli?(Pada saat berhadapan dengan para pembeli saya akan melayani para pembeli dengan sebaik-baiknya)
  • Apa yang akan kamu lakukan terhadap makanan di kantin Bu Mimin agar disukai pembeli? (Saya akan selalu menjaga makanan tetap bersih dan sehat. Menutup makanan agar tidak terkena debu, ataupun dihinggapi lalat atau serangga lainnya.)
  • Apa yang akan kamu lakukan terhadap uang hasil penjualannya? (Uang hasil penjualannya akan saya diberikan semuanya kepada Bu Mimin)
  • Sikap apa saja yang dapat kamu praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya? (Sikap yang kami praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya adalah sikap jujur, kerjasama, kerja keras dan saling menghargai.)

Tuliskan hasil diskusimu!
Jenis bantuan yang dapat saya dan teman-teman berikan adalah membantu Bu Mimin berjualan di kantin. Pada saat berhadapan dengan para pembeli saya akan melayani para pembeli dengan sebaik-baiknya. Saya akan selalu menjaga makanan tetap bersih dan sehat. Menutup makanan agar tidak terkena debu, ataupun dihinggapi lalat atau serangga lainnya. Uang hasil penjualannya akan saya diberikan semuanya kepada Bu Mimin. Sikap yang kami praktikkan ketika membantu Bu Mimin menjaga kantinnya adalah sikap jujur, kerjasama, kerja keras dan saling menghargai.

Materi Segibanyak Beraturan silahkan lihat di sini

Ayo Berlatih
Sekarang bekerja samalah dengan gurumu. Gurumu akan membacakan cerita. Tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.

Sigap Membantu Sesama
Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga. Tiba-tiba terlihat seorang bapak tua yang berjalan pelan. Ia memanggul kardus besar di pundaknya. Oh, rupanya, Pak Sammy.

Pak Sammy baru pulang dari kampungnya di Maluku. Sudah dua minggu Pak Sammy pulang ke Maluku. Ia harus menghadiri acara adat di sana. Ia menggunakan kapal laut. Perjalanannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua.

Pak Encep menawarkan bantuan untuk membawa kardusnya. Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu.

Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur. Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk membuat teh. Pak Nur membeli makanan.

Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat. Ia senang warga desa membantunya. Di Kampung ini Pak Sammy merasa memiliki keluarga. 
Sigap Membantu Sesama

No.ParaggrafGagasan UtamaGagasan Pendukung
1.Paragraf 1Malam itu beberapa warga Kampung Babakan berkumpul di pos jaga.
  1. Tiba-tiba terlihat seorang bapak tua yang berjalan pelan.
  2. Ia memanggul kardus besar di pundaknya.
  3. Orang tersebut rupanya Pak Sammy
2.Paragraf 2Pak Sammy baru pulang dari kampungnya di Maluku.
  1. Sudah dua minggu Pak Sammy pulang ke Maluku.
  2. Ia harus menghadiri acara adat di sana.
  3. Ia menggunakan kapal laut.
  4. Perjalanannya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari.
  5. Tentu Pak Sammy sangat lelah. Apalagi usianya sudah cukup tua..
3.Paragraf 3Pak Encep menawarkan bantuan untuk membawa kardusnya.
  1. Sampai di rumah, Pak Sammy mengeluh kepalanya pusing.
  2. Pak Encep memanggil warga yang lain untuk membantu.
4.Paragraf 4Datanglah Pak Made, Pak Udin dan Pak Nur
  1. Mereka dengan cepat membantu Pak Sammy.
  2. Pak Made dan Pak Encep membersihkan tempat tidur.
  3. Pak Udin mengambilkan menghangatkan air untuk membuat teh.
  4. Pak Nur membeli makanan.
5.Paragraf 5Setelah makan dan meminum teh hangat Pak Sammy beristirahat.
  1. Ia senang warga desa membantunya.
  2. Di Kampung ini Pak Sammy merasa memiliki keluarga.

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Saya mempelajari tentang keberagaman yang ada dari teman-temannya dan menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar.
Sikap apa yang masih perlu kamu perbaiki?
Sikap yang perlu saya perbaiki adalah sikap peduli.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan kepada orang tuamu mengenai kerja sama yang sudah kamu lakukan di sekolah hari ini. Mintalah pendapat meraka mengenai sikapmu.
Contoh kerja sama yang sudah saya lakukan di sekolah adalah mengerjakan tugas kelompok bersama-sama dengan penuh semangat dan sabar.

Pendapat Orang Tua :
Sikap kerja sama harus terus dikembangkan bai di rumah, sekolah maupun masyarakat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:55 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.