Home » » Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pada Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman akan mempelajari tentang menjelaskan keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama, menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman, dan mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Berdiskusi
Mozaik Kreasi Bersama
Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.
Mozaik Kreasi Bersama
“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani. Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama.

Silahkan lihat materi "Segi Banyak" di sini

Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.

Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

1. Apa ide yang dimiliki Lani?
Ide yang di miliki Lani adalah membuat mozaik rumah adat daerah lain.
2. Apa ide yang dimiliki oleh Edo?
Ide yang dimiliki oleh Edo adalah membuat mozaik rumah adat Maluku.
3. Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?
Cara menyikapi ide yang berbeda adalah dengan cara menghormati ide yang disampaikan oleh seseorang. Jika ide yang disampaikan teman itu baik, bisa untuk dilaksanakan akan tetapi jika ide yang disampaikan kurang tepat, sebaiknya kita tetap menghargai ide tersebut.
4. Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!
Ide yang berbeda dapat memberikan manfaat yaitu pilihan ide semakin banyak, semakin beragam, dan dapat menambah wawasan baru untuk kita.
5. Kerja sama apa yang terlihat pada cerita di atas?
Kerjasama yang terlihat adalah kerjasama dalam membuat mozaik rumah adat.
6. Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?
Manfaat kerjasama dalam keberagaman adalah agar tercipta kerukunan, kekeluargaan, saling menghargai, saling menghormati dan saling mendukung.
7. Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?
Hal baik yang bisa didapatkan ketika bekerjasama dalam keberagaman adalah akan menumbuhkan rasa saling memahami dan saling menghargai antar sesama manusia.
8. Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas?
Nilai kerjasama, dan nilai menghargai pendapat orang lain.
Bagaimana dengan kamu, Pernahkah kamu bekerja sama dalam perbedaan. Coba ceritakan pengalamanmu
  1. Jenis kerja sama.
  2. Perbedaan yang ada. 
  3. Manfaat dari kerja sama dalam perbedaan.
  4. Nilai-nilai baik yang bisa kamu ambil.

Tulislah ceritamu, dan ceritakan kepada temanmu.
Saya pernah melakukan kerjasama dengan teman-teman satu kelas. Kami melakukan kerjasama membersihkan ruang kelas. Saya dan teman-teman bermusyawarah dua hari sebelum melaksanakan kegiatan membersihkan ruang kelas.

Pada hari Minggu,, saya dan teman-teman berkumpul di sekolahan sekitar pukul 07.00 pagi. Akan tetapi ada sebagian teman kami yang belum datang, karena harus beribadah terlebih dahulu ke gereja. Kami tidak mempermasalahkannya. Kita semua menghormati perbedaan agama yang ada diantara kami semua.

Kita memulai kerja bakti dengan kegiatan yang sudah dibagi-bagi pada hari sebelumnya. Ada yang membersihkan kelas, menyapu kelas, membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding kelas, membersihkan sarang laba-laba yang sudah mulai terlihat banyak di langit-langit kelas kami.

Sekitar pukul 09.30 pagi teman kami Marchel dan Kristiawan datang dari gereja dan langsung membantu pekerjaan kami. Kami sangat senang mereka datang dan bisa membantu kami. Karena dengan pekerjaan yang dikerjakan secara bersama-sama membuat pekerjaan menjadi cepat selesai, selain itu juga kami menjadi semakin akrab karena bekerjasama.

Dari sini saya menyadari, bahwa kerjasama sangat baik untuk dilakukan. Kerjasama dapat dilakukan tanpa memandang perbedaan yang ada. Walaupun kita berbeda agama, berbeda suku, adat dan budaya akan tetapi itu semua jangan sampi menghalangi kita untuk tetap bekerjasama.

Ayo Berkreasi
Berlatihlah kembali Tari Bungong Jeumpa dengan formasi berdiri dan duduk. Jangan lupa gunakan iringan musik. Kamu akan tampil di depan kelas pada pertemuan ke 6. Pastikan bahwa kamu dan teman-teman kelompokmu hafal gerakannya
Keberagaman
Meskipun kita berbeda, kita harus bisa bekerja sama. Kerja sama dalam perbedaan itu akan semakin memperkaya kita.

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
Hari ini saya mempelajari tentang sikap bekerjasama dalam perbedaan dan berlatih tari Bungong Jeumpa.
Apakah kamu merasakan manfaat kerja sama dalam perbedaan?
Saya merasakan manfaat kerjasama dalam perbedaan. Perbedaan tidak menghalangi kami untuk tetap bekerjasama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Mintalah orangtuamu untuk menceritakan pengamalannya bekerja sama dalam perbedaan. Ceritakan hasilnya kepada gurumu.
Ayahku pernah bekerjasama dengan orang yang memiliki perbedaan baik agama maupun suku bangsa. Menurut ayahku meski berbeda mereka tetap dapat bekerja sama dengan baik. Perbedaan diantara mereka semakin mempererat persatuan dan kesatuan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.