Home » » Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Pada Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman akan mempelajari tentang menjelaskan dan menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama. Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan bakiak, menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang untuk membuat ringkasan, dan meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Amati gambar dan baca teks dalam hati.
Kerja Sama dalam Keberagaman
Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.

Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersama-sama.

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Udin, Edo, dan Beni tetap bersahabat walaupun berbeda keyakinan dan budayanya. Hal tersebut menunjukkan bahwa perbedaan latar belakang bukan halangan untuk bekerjasama.
2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Pernah, karena dalam satu sekolah latar belakang agama dan budaya kami berbeda-beda.
Jika pernah, ceritakan secara tertulis. Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.
Menurut saya perbedaan sebaiknya dijadikan sebagai kekayaan dan bukan sebagai penghalang. Saya pernah bekerjasama dengan teman yang berbeda agama. Salah satunya adalah pada kegiatan diskusi kelompok.

Kami bekerjasama satu dengan lainnya. Masing-masing teman memberikan pendapat tentang topik diskusi. Kami saling menghormati dan menghargai masing-masing anggota kelompok. Kami pun dapat menyelesaikan tugas diskusi tepat waktu.

Kami bekerjasama dengan baik, tanpa membedakan antara satu dengan lainnya. Walaupun agama kami berbeda beda tetapikami tetap bekerja sama dengan baik.
3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Perbedaan latar belakang baik budaya maupun agama bukan merupakan penghalang untuk bekerjasama, justru dengan latar belakang yang berbeda kami menjadi semakin lengkap dan saling melengkapi.

Ayo Mencoba
Kamu akan mengikuti lomba Bakiak secara berkelompok. Apakah kamu masih ingat tentang gerak dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerak dasar tersebut! Perhatikan kembali cara guru memperagakan gerakan dasar yang diperlukan dalam bermain Bakiak. Sebelum berlomba, berdiskusilah dengan anggota kelompokmu untuk menentukan strategi dan gerak dasar yang harus diterapkan agar kelompokmu bisa memenangkan pertandingan. Tulislah hasil diskusimu.
Gerak dasar yang dilatih dalam permainan Bakiak adalah Jalan. Saat bermain bakiak kita harus berjalan dengan sikap tubuh tegak serta mengayunkan kaki dengan tegas dan bertenaga. Untuk bermain bakiak diperlukan kerjasama anggota tim dan kekompakan gerak serta keterampilan berjalan dan mengayunkan kaki. Maka dari itu startegi kami untuk memenangkan pertandingan adalah teman yang memiliki tenaga yang lebih kuat, ayunan kaki yang terampil kami tempatkan di depan. Setelah itu di ikuti oleh teman yang lainnya. Untuk ayunan langkah yang pertama kami sepakati menggunakan kaki kanan.

Ayo Menulis
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’? Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut!

Sebelum membuat ringkasan, perhatikan langkah-langkah membuat ringkasan berikut.
Membuat ringkasan
Cara Membuat Ringkasan
  1. Membaca Naskah Asli (a) Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali hingga kamu paham. (b) Mengetahui kesan umum (inti) tulisan. (c) Mengetahui maksud dan sudut pandang penulis naskah asli.
  2. Mencatat Gagasan Utama (a) Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok. (b) Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.
  3. Gunakan Kalimat Baru (a) Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan. (b) Menyesuaikan urutan isi dengan naskah asli. (c) Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan. (d) Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat baru.
  4. Ketentuan Tambahan. (a) Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal. (b) Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata
AspekParaggraf 1Paragraf 2Paragraf 3
Gagasan PokokMenghias kelas tanggungjawab bersamaHampir semus siswa di kelas Udin hadir hadirSiang hari sekolah semakin ramai
Gagasan Pendukung
  1. Hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. 
  2. Semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas
  3. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan.
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah.
  1. Edo dan Martha belum terlihat.
  2. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu.
  3. Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas.
  4. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
  1. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  2. Udin dan teman-teman berbagi tugas.
  3. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti menjalankan ibadahnya. 
  4. Edo, Martha, Dayu yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.
Ringkasan :
Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama. Pada hari Minggu semua siswa diminta datang ke sekolah. Mereka akan menghias kelas masing-masing. Kegiatan menghias kelas dilaksanakan untuk lomba menyambut hari kemerdekaan. Udin dan teman-teman hadir di sekolah.

Hampir semus siswa di kelas Udin hadir. Namun, Edo dan Martha belum terlihat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja. Udin dan Siti mampir ke rumah Edo dan Martha. Mereka mengambil bahan hiasan kelas. Ternyata perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.

Siang hari sekolah semakin ramai. Edo dan Martha juga sudah terlihat hadir di sekolah. Edo dan teman-teman berbagi tugas. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Ternyata perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah hal-hal berikut.

Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya mempelajari tentang kebersamaan dalam keberagaman agama, permainan bakiak, dan membuat ringkasan teks.
Apa yang sudah kamu pahami dengan baik?
Muatan pelajaran yang sudah saya pahami dengan baik adalah bermain bakiak dan keragaman agama.
Apa yang masih belum kamu pahami?
Muatan pelajaran yang belum saya pahami adalah membuat ringkasan.
Apa rencanamu untuk ke depannya terkait dengan apa yang belum kamu pahami?
Saya akan belajar lebih tekun, mencari informasi yang lebih banyak tentang cara membuat ringkasan.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Praktikkan sikap kerja sama bersama teman-temanmu di lingkungan rumah. Tulis pengalaman kerja sama tersebut dan diskusikan dengan orang tua. Tulisan diserahkan kepada guru pada pertemuan berikutnya.
Setiap ada tugas kelompok kami selalu bekerja sama dalam kelompok. Masing-masing anggota memiliki tugas tersendiri. Misalnya saja pada saat mengerjakan tugas membuat prakarya. Ada yang bertugas membawa alat dan bahan dan ada pula yang bertugas membuat prakarya. Meski tugas masing-masing berbeda kami tetap saling bekerja sama, saling membantu. Manfaat kerja sama adalah pekerjaan bisa selesai dengan cepat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:25 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.