Home » » Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Pada Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku akan mempelajari tentang menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung, menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan, menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan benteng-bentengan dan gobak sodor. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran berdama Bapak/Ibu guru.

Setelah membaca teks tentang Suku Minang, apa yang dapat kamu simpulkan dari teks tersebut?

Ayo Membaca
Setiap suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?

Suku Minang
Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.
Suku Minang
Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado

Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.
pARAGRAF 1
No.ParagrafGagasan PokokGagasan Pendukung
1Paragraf 1Suku Minang terdapat di Provinsi Sumatera Barat
  1. Suku Minang sering disebut orang Padang atau Urang Awak.
  2. Bahasa Minang adalah bahasa daerah suku Minang.
  3. Orang Minang gemar berdagang dan merantau.
  4. Malin Kundang adalah salah satu legenda dari Suku Minang.
2Paragraf 2Rumah adat Suku Minang disebut Rumah Gadang
  1. Rumah Gadang terbuat dari kayu dan berbentuk dasar balok.
  2. Lengkung atap Rumah Gadang tajam seperti tanduk kerbau dan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal.
  3. Atap rumah Gadang terbuat dari ijuk.
  4. Bentuk atap Rumah Gadang disebut gonjong.
  5. Rumah Gadang disebut juga rumah Bagonjong
3Paragraf 3Alat musik tradisional Minang disebut Talempong
  1. Talempong merupakan alat musik pukul.
  2. Alat musik Minang lainnya adalah Saluang.
  3. Saluang merupakan alat musik tiup.
4Paragraf 4Tari-tarian suku Minang
  1. Contoh tarian suku minang adalah tari Pasambahan dan tari Piring.
  2. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat
5Paragraf 5Makanan khas suku Minang
  1. Rendang sangat terkenal sampai ke mancanegara. 
  2. Makanan khas suku Minang lainnya adalah sate padang dan dendeng balado.

Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
  1. Gagasan pokok dapat ditemukan pada bagian awal atau akhir paragraf. Sementara itu, gagasan pendukung bisa ditemukan dimana saja.
  2. Gagasan pokok berfungsi untuk menjelaskan inti dari paragraf sedangkan gagasan pendukung bertujuan untuk menjelaskan gagasan utama dalam teks.
  3. Suatu paragraf hanya memiliki satu gagasan pokok sedangkan gagasan pendukung dapat berjumlah lebih dari satu.
  4. Gagasan pokok dalam suatu teks dapat diketahui jika membaca teks tersebut secara keseluruhan sedangkan gagasan pendukung dapat ditemukan jika sudah mengetahui letak dari gagasan pokok.
  5. Gagasan pokok berupa kalimat lengkap yang dapatberdiri sendiri sedangkan gagasan pendukung tidak dapat berdiri sendiri.

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang!
Suku Minang atau Urang Awak terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa daerah Minang. Orang Minang biasanya gemar berdagang dan merantau. Salah satu legenda dari Suku Minang adalah legenda Malin Kundang.

Rumah adat Suku Minang disebut Rumah Gadang yang terbuat dari kayu dan berbentuk dasar balok. Atap rumah Gadang terbuat dari ijuk yang disebut dengan gonjong. Sehingga Rumah Gadang disebut juga rumah Bagonjong

Alat musik tradisional Minang disebut Talempong yang merupakan alat musik pukul. Alat musik lainnya adalah Saluang yang merupakan alat musik tiup. Tari-tarian suku Minang diantaranya adalah tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat suku Minang

Makanan khas suku Minang sangat beragam. Salah satunya adalah rendang yang sangat terkenal sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya adalah sate padang dan dendeng balado.

Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolahmu!

Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Sekolah
Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah melakukan kerja bakti membersihkan ruang kelas bersama dengan teman-teman. Dengan begitu perilaku bergotong royong dan kerja sama yang dilakukan siswa akan menumbuhkan sikap persatuan dan kesatuan dalam diri siswa..Berikut ini rencana kegiatan membersihkan kelas yang akan kami lakukan :

Nama Kegiatan:Kerja Bhakti Membersihkan Ruangan Kelas IV
Hari, Tanggal:Sabtu, 22 mei 2021
Tempat:Ruang Kelas IV SDN Nusantara
Waktu:Pukul 07.00 WIB sampai dengan selessai
Jumlah Peserta:20 orang
Tujuan:Membersihkan ruang kelas IV SDN Nusantara agar berih dan nyaman saat kegiatan pembelajaran
Penanggung Jawab:Ketua Kelas IV SDN Nusantara
Rencana Kegiatan:Membersihkan seluruh ruang kelas IV SDN Nusantara. Siswa berbagi tugas, ada yang mengepel lantai, menyapu, membersihkan kaca, menata buku-buku pelajaran. Siswa akan dibagi mnjadi 4 kelompok sesuai tugas masing-masing.

Ayo Mencoba
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia, seperti permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor. Apakah kamu masih ingat cara memainkan permainan tersebut?

Keterampilan apa saja yang kamu perlukan agar dapat bermain dengan baik? Bagaimana strategi memenangkan permainan tersebut?Diskusikan secara berkelompok dan tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Gerak dasar jalan dan lari sangat diperlukan dalam permainan Gobak Sodor dan Bentengan :
  1. Berjalan adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat yang lain, pada saat kaki melakukan pergantian langkah salah satu kaki tetap  menumpu pada dasar pijakan.
  2. Berlari adalah aktivitas gerak memindahkan tubuh  dari satu tempat ke tempat yang lain, pada saat kaki melakukan pergantian langkah badan dalam keadaan melayang di udara.

Strategi dalam permainan tersebut adalah membagi anggota kelompok menjadi penyerang dan penjaga. Penyerang bertugas mencari celah agar dapat menyentuh benteng lawan dan penjaga 'benteng' harus menjaga benteng mereka dari pihak lawan yang ingin menyentuh benteng. Satu hal yang sangat diperlukan dalam permainan ini adalah kerjasama tim.

Sekarang saatnya kamu mencoba kembali permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor. Perhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Ikuti arahan guru! 
  2. Perhatikan guru mempraktikkan keterampilan jalan, lari, dan lompat dengan benar untuk permainan tersebut! 
  3. Bermainlah dengan sportif dan terapkan keterampilan jalan, lari, dan lompat secara benar!

Ayo Renungkan
Setelah belajar hari ini, renungkanlah!

Apa yang kamu pelajari dalam hal menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu? 
Dari keberagaman dan perbedaan yang ada kita mendapat banyak pembelajaran dan pengalamab hidup. Semakin banyak perbedaan maka akan semakin berwarna hidup kita.
Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu.
Kita harus saling menghargai, tidak mengusik atau mengganggu seseorang yang berbeda dengan kita, , dan tak boleh pilih pilih kawan karena latar belakang atau kepercayaan nya yang berbeda.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan hasil refleksimu selama belajar satu minggu ini kepada orang tuamu di rumah. Sampaikan bagaimana perasaanmu saat belajar, apa yang sudah kamu pelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat serta sangat menarik bagimu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.