Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku

Pasa Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku akan mempelajari tentang memberikan contoh segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, menunjukkan perbedaan segi banyak beraturan dan tidak beraturan, menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf, menyusun gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan, menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman, dan menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Indonesia juga kaya akan keberagaman kain tradisional. Misalnya batik, songket, dan ulos. Jenis-jenis kain tersebut merupakan kekayaan budaya bangsa. Ayo kita cari tahu lebih lanjut.

Untuk pembelajaran matematika Bangun Segibanyak silahkan lihat di sini !

Ayo Membaca
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena
Pakarena
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.

Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Teks Kipas Pakarena
Tari Kipas Pakarena

No.ParagrafGagasan PokokGagasan Pendukung
1Paragraf 1Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
2Paragraf 2Kisah Tari Kipas Pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting LangiKonon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu
3Paragraf 3Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian.
  1. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia.
  2. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas.
  3. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat.
  4. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur

Ayo Mengamati
Diskusikan hasilmu dengan hasil temanmu. Seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, kita hidup penuh dengan keberagaman. Di dalam keluarga, hampir setiap anggotanya berbeda. Di sekolah, kamu mempunyai teman-teman yang berbeda. Di masyarakat, kamu mempunyai tetangga yang berbeda-beda. Tahukah kamu? Perbedaan yang ada di keluarga, sekolah, dan masyarakat akan menjadi indah apabila dilandasi oleh persatuan dan kesatuan.

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan? Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan berikut.
  1. Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
  2. Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
  3. Bandingkan hasilnya.

Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan.
Apabila kita bercerai berai seperti halnya sebatang lidi maka akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan. Namun apabila diikat dan disatukan maka akan mudah dalam melakukan pekerjaan. Bersatu membuat sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi kuat. Bersatu dan bekerja sama dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

Pada umumnya, sapu lidi digunakan untuk menyapu. Bisakah sebatang lidi digunakan untuk menyapu? Tentu saja tidak! Lidi dapat digunakan untuk menyapu jika terdiri atas beberapa puluh atau ratus lidi yang diikat cukup erat menjadi satu.

Dengan menyatukan lidi-lidi dalam satu ikatan akan tercipta kekuatan yang besar. Jadi, persatuan dan kesatuan dapat diartikan kumpulan bagian-bagian yang dipersatukan. Hal itu merupakan bukti pentingnya kekompakan dalam mewujudkan persatuan. Dengan demikian, persatuan tidak mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi lebih mengutamakan kepentingan umum.

Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuanSikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
  1. Piket Kelas. Telah mencerminkan sikap persatuan karena bersama-sama membersihkan kelas sehingga kelas cepat bersih.
  2. Menghormati budaya lain. Telah mencerminkan sikap persatuan karena saling menghormati dan jika orang merasa hidup nyaman, dia akan mudah untuk bekerja sama dan bersatu.
  3. Saling membantu mencerminkan persatuan dan kesatuan karena dengan saling membantu kerukunan dan kebersamaan tetap tejaga.
  4. Membantu teman yang kesulitan memahami materi pelajaran mencerminkan persatuan dan kesatuan karena kita peduli terhadap kekurangan orang lain.
  1. Tawuran. Tidak mencerminkan sikap persatuan karena terjadi pertikaian yang akan mengakibatkan korban terluka atau sakit.
  2. Mengejek teman. Tidak mencerminkan sikap persatuan karena mengakibatkan teman menjadi terluka hatinya.
  3. Memilih-milih teman dalam pergaulan tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan karena memilih-milih teman berarti membedakan teman atas dasar suku ataupun agama.
  4. Sombong dan Acuh terhadap keadaan teman tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan karena dengan kesombongan dan acuh terhadap teman akan memisahkan kita dengan teman yang lain.

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan? 
Jika kita tidak memiliki persatuan dan kesatuan maka Indonesia sebagai negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan agama, suku, etnis, budaya,  bahasa, maupun adat istiadat akan tinggal sebuah nama saja (hancur).

Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
  1. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan dirasakan orang lain.
  2. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat.
  3. Muncul pertikaian dan permusuhan antar warga masyarakat ketika misalnya visi dan misi tidak sejalan.
  4. Tidak adanya kerja sama yang terjalin antar warga masyarakat, padahal dalam masyarakat kita gotong-royong adalah yang paling diprioritaskan. Aktivitas gotong-royong adalah salah satu contoh dari bentuk persatuan dan kesatuan yang seharusnya dipertahankan.

Ayo Renungkan
Nilai-nilai apa yang kamu pelajari hari ini? 
Hari ini saya telah belajar nilai kepedulian dan kesantunan
Apa yang perlu kita lakukan untuk mempererat pesatuan dan kesatuan?
  1. Selalu menjalin rasa kepercayaan, kebersamaan, dan saling melengkapi antarbangsa demi menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Berupaya untuk dapat saling menghargai satu sama lain antarsesama bangsa yang berlandaskan rasa kemanusiaan sehingga dapat tercapai kehidupan yang serasi dan harmonis.
  3. Selalu menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong menolong, serta nasionalisme antarbangsa yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan kepada orang tuamu pentingnya persatuan dan kesatuan. Refleksikan bagaimana persatuan dan kesatuan di lingkunganmu.
Persatuan dan kesatuan sangat penting. Itulah mengapa, penting memiliki sikap persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat dami keutuhan bangsa dan negara. Pentinganya persatuan dan kesatuan adalah untuk mengatasi semua perbedaan yang timbul dengan penuh kesadaran dehingga pembangunan nasional akan berjalan lebih lancar, aman, dan baik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:43 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.