Home » » Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih

Pada Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih akan mempelajari tentang menggali informasi dari teks berkaitan dengan pertanyaan apa dan bagaimana. Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat. Dengan berdiskusi, siswa mampu mengambil keputusan bersama untuk membagi tugas mencari contoh dan berlatih menyanyikan lagu bertangga nada mayor dan minor. Dengan bercerita, siswa mampu melaporkan pengalaman proses pengambilan keputusan bersama sebagai warga kelas. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca
Suatu sore Lani bersama ayah dan ibu sedang duduk di teras. Teras rumah mereka menghadap taman di depan rumah. Di taman itu tumbuh aneka tanaman bunga. Di sudut taman juga tumbuh pohon mangga. Suasana di teras rumah terasa sejuk.
Lani Bersama Ayah
Tiba-tiba Lani terbatuk-batuk. Lani mencium bau asap. Kelihatannya seseorang tengah membakar sampah daun-daun yang belum kering. Asap sampah yang dibakar itu begitu pekat. Udara jadi tercemar asap.

Ayo Berdiskusi
Ada orang membakar sampah berupa daun-daun yang belum kering. Pembakaran sampah itu menimbulkan asap tebal. Udara jadi tercemar asap. Banyak orang jadi batuk-batuk akibat menghirup asap itu.

Menurutmu, bagaimana tindakan orang yang membakar sampah itu? Apakah dia memenuhi tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat? Jika tidak, apa akibat dari tindakannya itu?

Tuliskan pendapatmu, lalu diskusikan bersama teman-teman sekelasmu.
Menurut saya, tindakan orang yang membakar sampah itu adalah tidak benar. Seharusnya sampah tidak dibakar karena mengganggu kenyamanan lingkungan. Untuk sampah dedauanan lebih baik dikubur agar daun-daun tersebut membusuk di dalam tanah. Sebagai warga masyarakat dia tidak memenuhi tanggung jawab sebagai anggota masyarakat. Akibat dari tindakan itu adalah banyak asap tebal yang mencemari udara. Selain itu, asap tebal menyebabkan orang yang menghirupnya menjadi batuk-batuk.

Menjaga kenyamanan lingkungan merupakan salah satu tanggung jawab warga masyarakat. Apa saja jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Bacalah teks bacaan berikut.

Jenis-Jenis Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat
Tanggung jawab bersifat kodrati dan selalu melekat pada diri setiap individu, terutama dalam kedudukannya sebagai warga masyarakat. Sebagai warga masyarakat, setiap individu hendaknya memperhatikan hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya agar tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis. Berikut jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat.

1. Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat
Memelihara ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat menjadi tanggung jawab setiap anggota masyarakat. Ketertiban dan keamanan hidup bermasyarakat dapat diupayakan dengan membuat peraturan untuk dipatuhi bersama segenap warga masyarakat. Sebagai contohnya membuat peraturan jam masyarakat dan jadwal kegiatan ronda malam. Peraturan jam masyarakat dan jadwal kegiatan ronda malam tersebut hendaknya dilaksanakan setiap anggota masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

2. Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat
Masyarakat merupakan kumpulan dari berbagai individu yang mempunyai latar belakang kehidupan berbeda-beda, tetapi mempunyai tujuan yang sama. Oleh karena itu, dalam masyarakat tentu banyak terjadi perbedaan. Meskipun demikian, setiap anggota masyarakat harus tetap menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat. Dalam menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat hendaknya dipegang prinsip-prinsip dasar sebagai berikut.
  • Membina keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dalam berbagai lingkungan kehidupan. \
  • Saling mengasihi, membina, dan memberi antarsesama.
  • Tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari kesamaan.

Dengan prinsip di atas, kamu hendaknya bisa menunjukkan perilaku yang mencerminkan sikap menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat seperti berikut.
  • Hidup rukun dengan semangat kekeluargaan antarwarga masyarakat.
  • Setiap warga masyarakat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama.
  • Bergaul dengan sesama warga masyarakat tidak membedakan-bedakan suku, agama, ras, ataupun antargolongan.
  • Menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam bergaul antarsuku bangsa.
  • Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Bakti Sosial
Dengan membiasakan menjaga dan memelihara rasa persatuan dan kesatuan antarwarga masyarakat banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Beberapa manfaat yang dimaksud seperti berikut.
  • Terwujudnya kehidupan masyarakat yang serasi, selaras, dan seimbang.
  • Pergaulan antarsesama warga masyarakat akan lebih rukun dan akrab.
  • Terwujudnya sikap saling mencintai dan saling membantu antarwarga masyarakat.
  • Dapat mengatasi semua perbedaan yang ada dengan penuh kesadaran.
  • Pembangunan nasional akan berjalan lebih baik dan lancar.
  • Pelaksanaan gotong royong akan dapat berjalan lancar dan baik.

3. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial sebagai Sesama Anggota Masyarakat
Masyarakat terbentuk atas dasar persamaan tujuan dan budaya antarwarga masyarakat meskipun saling berbeda latar belakang asal usul. Atas dasar kepentingan bersama yang hendak dicapai dalam masyarakat, setiap warga masyarakat hendaknya dapat memperkuat hubungan antaranggota dengan mengabaikan perbedaan-perbedaan di antara anggota masyarakat. Dengan demikian, perbedaan dalam masyarakat menjadi hal yang dianggap wajar karena mereka dapat saling bergaul dan saling memaklumi perbedaan-perbedaan yang ada.

Solidaritas (rasa setia kawan) sebagai warga masyarakat terus ditingkatkan dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan. Sikap solidaritas sosial dalam masyarakat meliputi saling membantu, saling peduli, bisa bekerja sama, dalam mendukung pembangunan wilayah baik secara keuangan maupun tenaga.

Salah satu bentuk solidaritas sosial adalah kerja sama atau gotong royong. Gotong royong merupakan suatu bentuk tolong-menolong yang berlaku di daerah perdesaan Indonesia. Berdasarkan sifatnya gotong royong terdiri atas gotong royong bersifat tolong menolong dan bersifat kerja bakti. Gotong royong dilakukan untuk menangani permasalahan yang menjadi kepentingan bersama.

4. Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan di Masyarakat untuk Menghindari Perpecahan Masyarakat, Bangsa, dan Negara.
Tiap-tiap warga masyarakat mempunyai persamaan derajat yang harus dijunjung tinggi dan tidak boleh diabaikan oleh siapa pun. Menghormati persamaan derajat bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan antarwarga masyarakat.

Secara harfiah diskriminasi berarti “perbedaan perlakuan”. Diskriminasi ini memiliki arti memperlakukan orang atau kelompok (biasanya minoritas) secara berbeda berdasarkan karakteristik seperti asal, ras, negara, agama, keyakinan politik atau agama, kebiasaan sosial, jenis kelamin, bahasa, dan usia.

Ayo Berdiskusi
Lakukan kegiatan berikut bersama teman-teman sekelasmu.
  1. Pilihlah salah seorang anggota kelas sebagai pemimpin diskusi.
  2. Dengan dipimpin oleh pemimpin diskusi, bagilah seluruh anggota kelas menjadi 4 kelompok: A, B, C, dan D.
  3. Kelompok A dan B mencari contoh lagu bertangga nada mayor.
  4. Kelompok C dan D mencari contoh lagu bertangga nada minor.
  5. Kelompok A selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu yang telah dipilih diiringi oleh kelompok B.
  6. Kelompok C selanjutnya akan berlatih menyanyikan lagu yang telah dipilih diiringi oleh kelompok D.
  7. Catatlah hasil kegiatan ini.

Lagu Nasional bertangga nada mayor dan minor :
  1. Lagu Nasional Bertangga nada minor : Gugur Bunga, Hymne Guru, Syukur, Ibu Pertiwi, dan Mengheningkan Cipta
  2. Lagu Nasional bertangga nada mayor : Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Halo-Halo Bandung, dan Hari Merdeka
Lagu Daerah bertangga nada mayor dan minor :
  1. Lagu daerah yang menggunakan tangga nada diatonis mayor, yaitu:Anak Kambing Saya (Nusa Tenggara Timur), Yamko Rambe Yamko (Papua), Kampuang Nan Jaoh di Mato (Sumatera Barat), Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Burung Kakak Tua (Maluku)
  2. Lagu daerah dengan tangga nada diatonis minor, yaitu: Es Lilin (Sunda), Piso Surit (Sumatera Utara), Cikat Cikat Tiga Lingga (Sumatera Utara), Kole-Kole (Maluku), dan Ole Sioh (Maluku)

Ayo Bercerita
Kamu telah melakukan kegiatan diskusi untuk melakukan pembagian tugas mencari dan berlatih lagu bertangga nada mayor dan minor. Sekarang ceritakan pengalamanmu berdiskusi dalam proses pengambilan keputusan bersama teman-teman sekelasmu. Ceritakan di depan kelas. Lakukan bergantian.
Dalam pengambilan keputusan pada saat diskusi kita harus bermusyawarah dengan anggota kelompok dan menghargai pendapat oanggota kelompok lain. Dalam menjalankannya, saya berdiskusi dengan teman-teman kelas serta mempertimbangkan yang terbaik bagi kegiatan pembagian tugas mencari dan berlatih lagu bertangga minor dan mayor tersebut.
Ayo Renungkan
Apa jenis-jenis tanggung jawab warga masyarakat? Apa perbedaan lagu bertangga nada mayor dan lagu bertangga nada minor?
Jenis-jenis tanggung jawab masyarakat antara lain :
  1. Memelihara Ketertiban dan Keamanan Hidup Bermasyarakat
  2. Menjaga dan Memelihara Rasa Persatuan dan Kesatuan Masyarakat
  3. Meningkatkan Rasa Solidaritas Sosial sebagai Sesama Anggota Masyarakat
  4. Menghapuskan Bentuk-Bentuk Tindakan Diskriminasi dalam Kehidupan di Masyarakat
Perbedaan tangga nada mayor dan minor :
Ada perbedaan antara tangga nada mayor dengan tangga nada minor, antara lain :  
  1. Tangga nada mayor berpola 1-1-1/2-1-1-1-1/2 sedangkan minor berpola 1-1/2-1-1-1/2-1-1
  2. Tangga nada bayor bersifat menggembirakan sedangkan minor bersifat menyedihkan
  3. Tangga nada mayor bernada dasar C=do sedangkan minor bernada dasar A=la
  4. Tangga nada mayor nada terakhirnya biasanya do sedangkan minor nada terakhirnya la
Kerja Sama dengan Orang Tua
Apa yang dapat dilakukan keluargamu supaya selalu memenuhi tanggung jawab sebagai warga masyarakat? Diskusikan dengan kedua orang tuamu.
Hal-hal yang dilakukan keluargaku untuk memenuhi tanggung jawab sebagai anggota masyarakat antara lain :
  1. Mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi
  2. Memelihara ketertiban dan keamanan lingkungan setempat
  3. Memelihara rasa persatuan di lingkungan setempat
  4. Menghindari tindakan diskriminatif di lingkungan setempat
  5. Selalu membayar pajak
  6. Mematuhi aturan pemerintah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:27 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.