Home » » Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pada Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan akan mempelajari tentang mengamati gambar, siswa dapat merangkai sebuah cerita dengan percaya diri. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata. Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai penduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Di bawah kandang kelinci, Edo melihat seekor siput yang sedang berjalan perlahan. Edo pun mengambilnya.

“Kelinci dan siput sama-sama hewan, tetapi gerakannya kok berbeda, ya? Kelinci bergerak lincah, berlari, dan meloncat, sedangkan siput bergerak sangat pelan. Mengapa bisa begitu, ya?” gumam Edo penasaran.

Ayo Mengamati
Kelinci dan Siput
Amati kedua hewan di atas.Temukan perbedaannya
Karakteristik KelinciKarakteristik siput
  1. Vertebrata (bertulang belakang)
  2. Gerakannya lincah dan cepat
  3. Berpindah tempat dengan berlari, berjalan, dan meloncat
  4. Tubuh kelinci dipenuhi dengan bulu
  5. Berkembang biak dengan beranak/ melahirkan
  1. Avertebrata (tidak bertulang belakang)
  2. Gerakannya lambat
  3. Berpindah tempat seolah-olah merayap
  4. Tubuh siput dilindungi cangkang yang keras.
  5. Berkembang biak dengan cara bertelur.

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain

Amatilah organ gerak siput berikut.
Siput
No.Nama Hewan Nama Organ GerakFungsinya
1.Siput.Kaki perut dengan bentuk pipih dan lebarFungsi utama kaki perut pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat

Ayo Mengamati
Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.
No.Nama Hewan Nama Organ GerakFungsinya
1.BelalangKaki dan sayapFungsi utama kaki pada belalang adalah untuk melompat dan sayap digunakan untuk terbang.
2.CacingOtot tubuhFungsi utama otot tubuh pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat dengan cara melata.
3.Ubur-uburTentakelFungsi utama tentakel pada ubur ubur yaitu untuk pergerakan naik dan turun didalam air. 

Ayo Berkreasi
Pilihlah salah satu hewan avertebrata. Kemudian buatlah model sederhana organ gerak dari hewan yang kamu pilih tersebut menggunakan plastisin. Buatlah sebaik mungkin sesuai dengan keadaan aslinya. Perhatikan contoh berikut
Siput Plastisin
Ayo Berdiskusi
Ceritakan gambar yang telah kamu buat di hadapan guru dan teman-teman satu kelasmu. Mintalah pendapat atau masukan dari guru dan teman-temanmu.(hanya contoh saja)
Organ gerak pada siput adalah kaki perut dengan bentuk pipih dan lebar. Fungsi utama kaki perut pada siput adalah untuk bergerak dan berpindah tempat. Siput bergerak sangat lambat. Gerakan otot perut siput mengangkat bagian tubuh, dan menggerakkannya ke arah depan. Jika dilihat dari atas, siput terlihat seperti meluncur perlahan.

Catatlah pendapat atau masukan tersebut pada kolom berikut.(hanya contoh)
Pendapat/Masukan GuruPendapat/Masukan Teman
Siput menghasilkan lendir yang membantu pergerakan siput dan menjaga kelembapan tubuh,Siput memiliki tentakel sebagai alat pendeteksi atau alat raba bekicot dalam mencari makanan.

Ayo Membaca
Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan. Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.

Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan. Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?

Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan. Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Siput adalah sang pengembara yang mandiri. Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.

Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.
ParagrafIde PokokKalimat Pengembang
1.Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban dan menjijikkan.Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.
2.Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan.Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-hewan lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?
3.Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan daun-daunan.Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.
4.Siput adalah sang pengembara yang mandiri.Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.
5.Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan predator.Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Kamu telah berhasil menemukan dan menuliskan ide pokok dan kalimat pengembang, sekarang coba tuangkan isi bacaan di atas ke dalam sebuah gambar cerita.

Ayo Berkreasi
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar cerita atau ilustrasi. Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar cerita atau ilustrasi.Corak gambar cerita atau ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Realis
Realis merupakan gambar yang dibuat seperti keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh,
Gambar Ilustrasi
2. Karikatur
Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan karakter yang lucu dan aneh. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun
Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan  humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

4. Dekoratif
Dekoratif adalah gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.

Nah, sekarang coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”. Kamu bisa memilih salah satu corak gambar di atas.
Kartun Siput
Ayo Renungkan
Gambarkan kembali organ gerak salah satu hewan avertebrata pada kolom berikut.Pelajaran apa yang dapat kamu ambil dari hewan tersebut?
Laba-Laba
Jadilah seperti laba-laba, yang terus menerus membangun rumahhnya ketika rusak. Ketika sarangnya dirusak, laba-laba ini perlahan tapi pasti kembali membangun sarangnya yang dirusak tadi. 
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, amatilah hewan-hewan di sekitar rumahmu. Catatlah hewan-hewan yang termasuk jenis avertebrata.
Contoh hewan avertebrata adalah cacing, lintah, lebah, laba-laba, capung, ubur-ubur, terumbu karang, timun laut, bintang laut, kerang, cumi-cumi, siput, dan gurita.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:39 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.