Home » » Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pada Pembelajaran 4 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan akan mempelajari tentang mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat. Dengan membuat informasi, siswa dapat menyebutkan kondisi geografis wilayah Indonesia secara benar. Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila secara benar. Dengan membaca, siswa menemukan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila pancasila yaitu gotong royong secara benar.Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersma Bapak.Ibu guru,

Denah Kandang Kelinci
Kandang Keleinci
Tata letak bangunan, sanitasi, jalan, dan pembuangan limbah kandang kelinci Pak Rudi sangat rapi. Dengan demikian, setiap pengunjung yang datang akan merasa nyaman. Sebelum membangun kandang kelinci, Pak Rudi telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan membuat denah.

Tahukah kamu apa itu denah? Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. Peta merupakan gambaran dengan menggunakan skala tertentu mengenai suatu daerah.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah mengetahui luas dan letak wilayah Negara Indonesia dengan menggunakan peta. Dengan peta kita juga bisa mengetahui kondisi geografis negara Indonesia.

Ayo Mengamati
Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.
No.Nama PulauKondisi Geografis Berdasarkan Peta
1.
Pulau Sumatera
  1. Pulau Sumatra merupakan pulau terluas ke lima di dunia.
  2. Batas batas Pulau Sumatera :Sebelah Barat : Samudra Hindia, Sebelah Timur : Selat Karimata, Sebelah Selatan : Samudra Hindia, Sebelah Utara : Laut China Selatan dan Negara Malaysia
  3. Nama Pantai di Sumatera : Pantai Iboih, Aceh, Pantai Sorake, Pulau Nias, Sumatra Utara, Pantai Trikora, Kepulauan Riau, Pantai Pasir Putih, Lampung, Pantai Tanjung Tinggi, Kepulauan Belitung
  4. Nama laut di Sumatera : Laut Indonsia, Selat Bangka, dan Selat Malaka
  5. Dataran rendah di Sumatra : Bagian timur Sumatra adalah sebagian besar berupa hutan rawa dan merupakan dataran rendah yang sangat luas. Dataran rendah di Sumatera Utara yaitu Melaboh dan Singkil
  6. Di Sumatra banyak terdapat gunung berapi aktif, seperti Marapi, Talang, Sinabung, dan lain-lain.
2.
Pulau Sumatra
  1. Pulau Jawa merupakan wilayah terluas ke lima di Indonesia dan merupakan pulau terbesar ke 13 di dunia.
  2. Batas batas pulau jawa yaitu Utara = Laut Jawa dan Pulau Kalimantan. Timur = Selat Bali dan Pulau Bali. Selatan = Samudera Hindia dan Kepulauan Cocos (australia). Barat = Selat Sunda dan Pulau Sumatera
  3. Nama pantai yang ada di pulau Jawa : Pantai Pangandaran (Jawa Barat), Pantai Carita (Banten), Pantai Anyer (Banten), Pantai Parangkritis (Jogjakarta)
  4. Nama laut di pulau Jawa : Laut Jawa, Samudra Indonesia, Selat Sunda
  5. Nama dataran rendah di Pulau Jawa : Dataran rendah Surakarta, Dataran rendah Semarang, dan Dataran rendah Madiun.
  6. Nama Gunung yang ada di pulau Jawa : Gunung Ciremai, Gunung Papandayan, Jawa Barat. Gunung Sindoro,  Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Gunung Lawu, Gunung Ijen, Jawa Timur.
3.
Kalimantan
  1. Kalimantan merupakan pulau terluas kedua di Indonesia dengan luas 785.753 km ²
  2. Batas Batas Pulau Kalimantan : Sebelah Barat : Selat Karimata, Sebelah Timur : Selat Makassar, Sebelah Selatan : Laut Jawa, Sebelah Utara : Negara Malaysia.
  3. Nama Pantai di Kalimantan antara lain : Pantai Amal tarakan, pantai mangkupadi, pantai sungai teiwan / sute, pantai batu lamampu, dan pantai kayu angin.
  4. Nama laut di Kalimantan : Selat Makasar, Laut Cina Selatan,
  5. Dataran rendah di Kalimantan : Dataran rendah Kapuas, Dataran rendah di antara Pegunungan Muller dan Schwaner dengan Pegunungan Meratus, Dataran rendah Sungai Mahakam di sebelah Timur
  6. Nama Gunung di kalimantan : Gunung Palung di Kalimantan Barat, Gunung Bukit Raya di Kalimantan Tengah, Gunung Liangpran di Kalimantan Timur, Gunung Halau-halau, Kalimantan Selatan.
4.
Sulawesi
  1. Di Indonesia pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke 4 setelah Kalimantan, Papua, dan Sumatera.
  2. Batas-batas Pulau Sulawesi : Sebelah Barat : Selat Makassar, Sebelah Timur : Pulau Halmahera dan Laut Arafuru, Sebelah Selatan : Laut Bali dan Laut Jawa, Sebelah Utara : Laut Filipina
  3. Dataran rendah di provinsi Sulawesi Selatan terdapat di wilayah bagian selatan dan pesisir pantai, seperti Maros, Pangkep, Barru, parepare, Pinrang, Polmas (Polewali Mamasa), Majene, Mamuju, Ujungpandang, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar dan lain-lain.
  4. Nama laut di Sulawesi : Selat Makasar, Laut Flores, dan Laut Banda.
  5. Nama Pantai di Sulawesi : Taman Nasional Wakatobi, Pantai Nirwana, Pantai Lakeba, Pantai Kamali, Pantai Walengkabola
  6. Di Sulawesi terdapat 41 gunung : Gunung Ambang, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Gunung Awu  Kepulauan Sangihe, Gunung Bawakaraeng , Gunung Boliyohuto Kab.Gorontalo, Gunung Lokon
5.
Papua
  1. Luas wilayah Pulau Papua adalah 890.000 kilo meter persegi. Selain itu, Pulau Papua juga merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah pulau Greenland yang ada di Denmark.
  2. Batas-batas Pulau Papua : Sebelah Barat : Laut Arafuru dan Laut Banda, Sebelah Timur : Negara Papua Nu Gini, Sebelah Selatan : Samudra Hindia, Sebelah Utara : Laut Filipina
  3. Nama-nama pantai di Papua : Pantai Teluk Triton di Kaimana, Pantai Pulau Venue, Pantai Yen Beba, Patai Bakaro, Pantai Kaironi, Pantai Pulau Um
  4. Nama Laut di Papua : Laut Arafuru. Samudera Pasifik Selatan, Teluk Cenderawasih
  5. Dataran rendah yang ada di pulau Papua yaitu : Dataran rendah Pesisir bagian selatan Papua, Dataran rendah Pesisir Arafura, Dataran rendah Pesisir Trans-Fly, Dataran rendah Pesisir Teluk Papua, Dataran rendah Pesisir barat laut Papua
  6. Nama-nama gunung di Papua : Gunung Puncak Jaya (4,860 m.dpl), Gunung Puncak Trikora (4,730 m.dpl)m Gunung Puncak Idenberg (4,643 m.dpl), Gunung Dom (1,332 m.dpl), Gunung Derabaro (4,150 m.dpl), Gunung Yamin (4,595 m.dpl)
6.
Nusa Tenggara
  1. Pulau Sumbawa merupakan pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat. Luas dari pulau Sumbawa ini adalah 15.448 kilo meter persegi sehingga luasnya hampir 75 persen luas Provinsi Nusa Tenggaara Barat.
  2. Batas-batas Nusa Tenggara : Sebelah utara Laut Flores, sebelah barat Laut Timor, Sebelah Selatan Samudra Indonesia, Seblah timur Laut Bali.
  3. Nama nama pantai : Pantai Selong Belanak, Pantai Seger, Pantai Gili Meno, Pantai Senggigi, Pantai Pulau Kenawi, Pantai Pulau Moyo
  4. Nama nama laut : Laut Sawu, Laut Flores, Laut Timor, Laut Bali. Samudera Hindia
  5. Nama dataran rendah : Dataran rendah kebanyakan terdapat di daerah pantai di sekeliling teluk dan lembah-lembah seperti di  Lombok, Sumbawa, dan Flores.
  6. Nama nama Gunung : Gunung Iliboleng, Gunung Inierie, Gunung Kelimutu, Gunung Batutara, Gunung Egon, dan Gunung Rokatenda

Ayo Berdiskusi
Setelah kamu mengetahui kondisi geografis pulau-pulau besar yang ada di Indonesia, buatlah kesimpulan kondisi geografis wilayah Indonesia secara umum. Bandingkan hasil kesimpulanmu dengan temanmu. Mintalah pendapat dan penjelasan dari bapak atau ibu guru.
Kondisi geografis wilayah Indonesia adalah kepulauan dengan dua pertiga wilayahnya berupa perairan. Bentang alam Indonesia sangat lengkap dan bervariasi mulai dari pantai, dataran rendah, lembah, padang rumput, rawa, sungai, hutan, dataran tinggi, bukit dan perbukitan, serta gunung dan pegunungan. Di Indonesia juga banyak terdapat gunung berapi, danau, dan sungai, baik sungai besar maupun kecil, sungai panjang atau pun pendek. Antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya memiliki karakteristik kondisi geografis yang berbeda-beda. Demikian pula dengan hasil alamnya.

Ayo Mencoba
Setelah kamu mengetahui kondisi geografis wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke dalam sebuah peta sederhana.Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat, kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT dan RW ataupun tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.Peta Kondisi Geografis Wilayah RW Tempat Tinggalku.
Tempat Tinggalku
Luas, letak, dan kondisi geografis negara Indonesia merupakan modal dasar yang sangat penting bagi pembangunan nasional dan pemerataan hasil-hasilnya. Namun demikian, semuanya itu harus didukung dengan perilaku dan sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam silasila Pancasila. Sikap dan perilaku negatif yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila akan menjadi penghambat pembangunan nasional.

Ayo Membaca
Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan

Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis. Mengapa demikian? Karena dengan bergotong royong, masyarakat akan sering melakukan silaturahmi dan kerja sama, sehingga terjalinlah solidaritas. Seiring dengan munculnya rasa solidaritas inilah, akan muncul juga rasa empati dan simpati di antara masyarakat yang akan mempererat dan memperkuat hubungan masyarakat.

Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong. Gotong royong adalah kerja bersama, memeras keringat secara bersama, dan perjuangan saling bantu membantu secara bersama. Gotong royong dilakukan demi mencapai tujuan bersama. Tidak mempedulikan agama, suku, ataupun golongan.
Gootng Royong
Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. Karena semua masyarakat merasa saling memiliki. Masyarakat juga merasa mempunyai tujuan yang sama, yakni terwujudnya kehidupan yang sejahtera. Dengan bergotong royong, segala program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah akan dapat dilaksanakan dengan baik tanpa adanya gangguan yang disebabkan oleh ketidakharmonisan masyarakat.

Ayo Berlatih
Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.
ParagrafIde Pokok
Paragraf 1.Gotong royong merupakan modal terwujudnya suasan masyarakat yang harmonis.
Paragraf 2.Dalam gotong royong tidak ada perbedaan antara yang satu dengan yang lain
Paragraf 3.Prinsip-prinsip dalam gotong royong bisa menjadi modal pembangunan nasional.

Ayo Menulis
Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.
Ide PokokParagraf
Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Musyawarah ini, sama seperti gotong royong dan kerja bakti, diwariskan dari kebudayaan bangsa Indonesia dan melekat utuh sebagai bagian dari kepribadian bangsa. Musyawarah ini mengakar pada bangsa Indonesia sejak ratusan tahun silam hingga saat ini sebab memang menjadi jalan untuk mempererat persatuan dan kesatuan.
Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara.Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak yang dijamin langsung oleh Undang-undang Dasar Tahun 1945. Hak ini harus selaras pula dengan kewajiban untuk menghargai pilihan orang lain, menghormati jalannya peribadatan mereka, tidak mencampuri urusan agama orang lain dan sebagainya.

Selain pengetahuan dan keterampilan dalam beternak kelinci, ternyata Pak Rudi juga memiliki wawasan yang luas tentang bangsa dan negara. Pak Rudi banyak memberikan pengetahuan kepada Edo berkaitan dengan Pancasila dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

Ayo Renungkan
1. Dengan mengamati peta, kamu telah mengetahui kondisi geografis Indonesia dan kondisi geografis tempat tinggalmu. Apa yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan kondisi geografis lingkungan atau wilayah tempat tinggalmu?
Kita dapat memanfaatkan kondisi geografis lingkungan wilayah tempat tinggal untuk menunjang kegiatan ekonomi. Misalnya saja lingkungan sekitar berupa daerah pegunungan maka dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pariwisata.
2. Gotong royong dan musyawarah merupakan contoh perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.Masihkah kedua perilaku tersebut diterapkan di wilayah tempat tinggalmu? Sebutkan contohnya!
Gotong royong masih diterapkan di lingkungan tempat tinggalku, misalnya saja saat ada tetangga yang hajatan banyak warga sekitar yang membantu. Sementara musyawarah juga masih diterapkan dalam beberapa kegiatan bersama, misalnya saja ketika membahas pembangunan tempat ibadah,
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ceritakan kepada orang tuamu perilaku-perilaku yang telah kamu lakukan yang menunjukkan pengamalan nilai-nilai luhur sila-sila Pancasila.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:46 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.