Home » » Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pada Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan akan mempelajari tentang mengamati teks, siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat. Dengan berdiskusi, siswa mampu menganalisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri. Dengan membaca teks, siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar. Dengan membaca dan menulis, siswa mampu menentukan ide pokok dari teks secara benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Selesai bermain, Pak Rudi mengajak Edo mengumpulkan air seni kelinci. Air seni kelinci tersebut oleh Pak Rudi disalurkan melalui saluran-saluran air dan dikumpulkan ke dalam satu wadah penampungan.
Air Seni Kelinci
“Ih, bau sekali, Pak,” kata Edo.

“Benar, Edo. Meskipun bau, tetapi air seni kelinci ini sangat baik digunakan sebagai bahan pupuk cair organik untuk tanaman. Sayuran akan tumbuh dengan subur, tanaman buah akan cepat berbuah, dan tanaman bunga akan cepat berbunga,” jawab Pak Rudi.

Tiba-tiba, Pak Eko datang ke kandang kelinci. Pak Eko meminta air seni kelinci milik Pak Rudi untuk memupuk sayuran di belakang rumahnya.

Dengan ikhlas, Pak Rudi pun memberikan sebagian air seni kelinci tersebut kepada Pak Eko.

“Pak, kenapa air seni kelinci itu diberikan kepada Pak Eko? Kan Sayang, Pak?” tanya Edo penasaran.

“Iya, tidak apa-apa, Edo. Kita harus saling membantu. Jika ada orang yang membutuhkan bantuan, kita harus secara ikhlas dan suka rela memberikan bantuan. Karena kita makhluk sosial, artinya tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain,” jawab Pak Rudi.

“Dan ingat, saling membantu dan tolong-menolong adalah bentuk dari pengamalan sila Pancasila juga lho,” tambah Pak Rudi.

“Benar sekali, Pak. Jika tidak salah, Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,” kata Edo.

Ayo Membaca
Untuk lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila, bacalah bacaan berikut dengan seksama.

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini.

Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu.

1. Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

2. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersamasama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan.

Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

3. Persatuan Indonesia
Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

4. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.

5. Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan menghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.Berilah tanda centang ( ✓) pada kolom yang sesuai.
No.Sikap/PerilakuSesuai dengan Sila Ke ...
IIIIIIIVV
1.Gotong royong----
2.Rajin beribadah----
3.Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab----
4.Tidak membeda-bedakan antara yang kaya dengan yang miskin----
5.Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum----

Ayo Menulis
Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Sila PancasilaSikap yang Sesuai
Sila 1
  1. Taat beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
  2. Menghormati teman dari agama lain yang sedang beribadah
  3. Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaan terhadap orang lain.
  4. Memberikan kesempatan kepada teman untuk menjalankan ibadah.
Sila 2

  1. Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
  2. Berani membela kebenaran dan keadilan
  3. Mengakui persamaan derajat, hak, serta kewajiban antara sesama manusia
  4. Saling menolong  dan menghormati antar sesama manusia.
Sila 3
  1. Mempelajari kesenian dari daerah lain.
  2. Ikut dalam kegiatan lingkungan seperti kerja bhakti dan siskamling.
  3. Senang dan bangga memakai bahasa pemersatu dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bahasa Indonesia
  4. Bangga menggunakan produk dalam negeri,
Sila 4
  1. Bermusyawarah untuk menentukan tempat rekreasi 
  2. Tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain
  3. Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan,
  4. Menghargai pendapat orang lain
Sila 5
  1. Berlaku adil terhadap sesama
  2. Melaksanakan kewajiban dan menghormati hak orang lain
  3. Suka menabung dan tidak bergaya hidup mewah
  4. Menolong dan menghargai orang lain
  5. Menghukum kepada para pelanggar hukum meskipun kepada seorang pejabat

Ayo Mengamati
Amatilah perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di sekolah, rumah, atau masyarakat. Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Berilah tanda centang (✓) pada kolom yang sesuai.
No.Sikap/PerilakuTidak Sesuai dengan Sila Ke ...
IIIIIIIVV
1.Malu menggunakan produk dalam negeri----
2.Memksakan agama kepada orang lain----
3.Memaksakan pendapat kepada orang lain----
4.Berteman dengan teman yang kaya saja----
5.Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama.----

Ayo Mengamati
Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia 
Peta Indonesia
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut
AspekKeterangan
Luas dan letak Wilayah Indonesia Berdasarkan PetaIndonesia memiliki pulau sebanyak 17.504 buah. Pulau itu terhampar di wilayah laut Indonesia yang memiliki luas 3.257.357 km². Luas daratan Indonesia adalah 1.890.754 km². Indonesia memiliki batas wilayah yaitu :
  1. Sebelah Utara: Benua Asia. Lebih jelasnya, Indonesia juga berbatasan dengan selat Malaka, laut Andaman, samudra Pasifik, laut Cina Selatan, dan Malaysia bagian timur.
  2. Sebelah Selatan: Benua Australia. Lebih jelasnya, Indonesia juga berbatasan dengan samudra Hindia Laut Timor, dan Laut Arafuru.
  3. Sebelah Barat: Samudra Hindia.
  4. Sebelah Timur: Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia juga berbatasan dengan Papua Nugini.

Ayo Mencoba
Setelah mengetahui luas dan letak wilayah negara Indonesia, sekarang giliranmu untuk mengetahui luas dan letak wilayah tempat tinggalmu. Gambarkan ke dalam sebuah peta sederhana.Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat kamu bisa melakukan pengamatan langsung dan bertanya kepada para pengurus RT, RW, atau tokoh masyarakat di wilayah tempat tinggalmu.

Adapun yang harus kamu tampilkan pada peta adalah sebagai berikut.
  1. Pertegas posisi rumahmu
  2. Batas-batas RT 
  3. Rumah
  4. Jalan
  5. Ladang, kebun, sawah, bukit, atau hutan
  6. Sungai atau aliran air

Peta Wilayah Tempat Tinggalku
Tempat Tinggalku
Ayo Menulis
Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?

Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.

Bacakan ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu bercerita tentang wilayah tempat tinggalnya, dengarkan dengan saksama dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.
ParagrafIde PokokKalimat Pengembang
1.Keluargaku tinggal di daerah pedesaan.Keluargaku tinggal di daerah pedesaan yang jauh dari kebisingan jalan raya. Di sekitar tempat tinggalku masih banyak terdapat hutan, kebun, ladang dan sawah. Lahan kosong digunakan untuk lapangan sepakbola dan taman. Karena masih beberapa sawah, air selalu mengalir di selokan.
2.Di lingkunganku terdapat beberapa fasilitas umumDi lingkunganku terdapat beberapa fasilitas umum seperti Puskesmas, sekolah, balai desa. Fasilitas-fasilitas tersebut digunakan oleh warga masyarakat untuk melakukan beberapa kegiatan. Misanya saja balai desa digunakan untuk pertemuan-pertemuan yang membahas kepentingan warga.
3.Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja.Di lingkungan tempat tinggalku hanya terdapat beberapa rumah saja. Rumah-rumah tersebut masih terawat dengan baik. Sebagian penghuninya adalah petani yang hidup sederhana. Keluargaku menempati rumah peninggalan kakek yang masih kokoh berdiri.
4.Batas wilayah tempat tinggalkuLingkungan tempat tinggalku berbatasan dengan perbukitan di sebelah utara. Sementara hutan menjadi batas lingkungan tempat tinggalku di sebelah selatan. Sebelah barat dan timur berbatasan dengan wilayah desa yang lain.

Ayo Renungkan
Tuliskan sikap dan perilakumu yang sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila. Mintalah evaluasi kepada orang tuamu.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, amatilah kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu. Buatlah peta sederhana kondisi geografis wilayah tempat tinggalmu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:32 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.