Home » » Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan

Pada Pembelajaran 2 Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan akan mempelajari tentang memahami tulang sebagai salah satu organ gerak manusia secara benar. Dengan membaca, siswa mampu mengolah informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf secara bertanggung jawab. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia secara tepat. Dengan diskusi, siswa dapat memahami fungsi masing-masing tulang pada manusia secara benar.Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Bermain Bola
Amatilah gambar di atas.
Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah ....
Kegiatan yang nampak pada gambar adalah seorang anak yang sedang menendang bola.
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan ....
Kegiatan tersebut termasuk kegiatan yang menggunakan organ gerak (kaki).
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah ....
Kegiatan bermain bola akan kebih aman jika dilakukan di lapangan bola.
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?
Sebaiknya sebelum bermain bola melakukan pemanasan agar otot-otot siap untuk bergerak dan tidak mengalami cedera.

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.

Coba kamu amati aktivitasmu sehari-hari. Saat kita berjalan, mengapa kaki kita bisa bergerak? Mengapa juga tangan kita bisa berayun, memegang, dan menggenggam? Ya, kaki dan tangan kita bisa bergerak karena pada kaki dan tangan kita terdapat tulang dan otot. Tulang dan otot inilah yang bisa mengerakkan tangan dan kaki kita. Tangan dan otot merupakan alat gerak.

Organ gerak padahewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Rangka Manusia


Ayo Berlatih
Tubuh manusia, khususnya tangan dan kaki terdiri atas beberapa tulang. Nah, perhatikan gambar rangka tangan dan kaki berikut ini. Coba kenali dan tunjukkan nama tulang-tulang tersebut melalui gambar berikut.Pasangkan antara gambar dengan keterangan menggunakan garis
Anggota Gerak
Ayo Mencoba
Untuk menambah pemahamanmu tentang organ gerak manusia yang berupa tulang, buatlah model sederhana rangka manusia dari bahan bubur kertas.

Langkah-langkah kerja
Parung Manusia
  1. Siapkan alat dan bahan : Gunting, Ember, Kertas koran, Kawat kasa, Pati kanji, dan Cat warna dan kuas
  2. Buatlah kerangka patung dari kawat kasa
  3. Potong-potonglah kertas koran menjadi serpihan-serpihan
  4. Rendamlah serpihan koran-koran ke dalam air.
  5. Setelah rendaman serpihan koran lembek, angkat dan tumbuklah sampai halus dan campurkan dengan perekat dari pati kanji. Aduklah hingga berbentuk bubur, namun jangan terlalu encer.
  6. Tempelkan bubur koran tersebut pada rangka kawat.
  7. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari agar tidak retak
  8. Warnailah dengan menggunakan cat

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.
Nama Tulang Lengan dan KakiFungsinya
Tulang hastaMembentuk lengan bawah sebagai alat gerak manusia serta menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.
Tulang lengan atasTulang lengan atas Menjadi penghubung antar gelang bahu dan tulang lengan bawah
Tulang pengumpilMenyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari
Tulang pergelangan tanganMenghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals)
Tulang telapak tanganSebagai pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).
Tulang pahaSebagai penggerak untuk berjalan dan berlari
Tulang keringSebagai penahan benturan di kaki dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari
Tukang betisPenahan tulang betis dalam menjaga keseimbangan dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari
Tulang pergelangan kakiMemungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel
Tulang telapak kakiMemungkinkan kaki untuk berpijak sehingga dapat berjalan, berlari dan berdiri
Tulang jari kakiTulang jari kaki Berfungsi sebagai pijakan dan juga membantu badan agar lebih seimbang

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!
Fungsi organ gerak manusia sangat banyak hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dri organ gerak misalnya saja menulis, berlari, melempar benda, berjalan, melompat, menangkap benda, meninju, menendang, mendaki, berenang, berolahraga, dan masih banyak lagi.

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang memberikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi bagian-bagian tubuh kita. Sudahkah kamu bersyukur atas itu semua? Bagaimana caramu bersyukur?

Ayo Membaca
Penyandang Cacat yang Sukses
Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan kursi roda, dia mengayunkan dua tangan guna menyeret tubuhnya untuk berjalan.

Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua aktivitasnya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.

“Saya tidak mau dikasihani orang. Saya ingin sukses bukan karena orang kasihan kepada saya, tetapi karena kerja keras saya,” katanya lugas.

Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain. Dengan bekal ijazah diplomanya, dia diterima di sebuah perusahaan kontraktor sebagai staf personalia. Tapi belum lama dia bekerja, krisis moneter tahun 1998 menghantam dan perusahaannya terpaksa tutup. Maka, dimulailah periode Sidik menjadi pengangguran. Tetapi, dia tak mau lama-lama menganggur, Sidik mulai mengikuti berbagai kursus keterampilan yang diadakan oleh Pemda DKI bagi penyandang cacat. Salah satu kursus yang memikat perhatian Sidik ialah kursus membuat kerupuk dari singkong.

Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah. Bersama istrinya, Sidik kemudian memulai usaha membuat kerupuk dari singkong.

“Dulu belum ada merek, plastik pembungkusnya masih polos.” katanya. Pada awal produksi dia memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berukuran 2 ons dari bahan baku singkong sebanyak 10 kilogram.

“Namanya juga pertama, kerupuk dagangan saya baru habis setelah sebulan lebih,” katanya mengenang.

Namun kini, dari hanya mengolah 10 kilogram singkong, Sidik mengolah sedikitnya 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.

Dia juga sudah memiliki merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.

“Saya beri nama merek Cap Gurame, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan ikan gurame, tetapi gurame adalah singkatan dari Gurih, Renyah, Enak,” katanya tersenyum. “Kalau nanti ada uang lebih, merek ini saya mau patenkan.” tambahnya.

Beruntung, ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.

“Namanya juga tidak punya kaki, saya sempat bingung juga, bagaimana mengendarainya?” Tetapi Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan. Dengan bantuan tukang las, jadilah sebuah motor dengan tongkat besi tambahan yang ditempel di perseneling dan injakan rem. Tidak lupa dia juga menempelkan gerobak di sampingnya untuk mengangkut muatan.

“Motor itu benar-benar membantu mobilitas dan produktivitas usaha saya.” ujar Sidik.

Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya. Setiap hari dia masih berkeliling ke koperasi-koperasi atau warung di seluruh pelosok Ibukota. Bahkan saat Kabari mewancarainya, dua kali telepon selularnya berbunyi dari orang yang meminta agar pasokan kerupuk “Cap Gurame” segera dikirim.

Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan. Meski jumlahnya kecil, apa yang diperbuat Sidik termasuk luar biasa. Dengan keadaan yang terbatas, dia menjadi enterpreuner sejati. Meminjam rumusnya Pak Ciputra, pengusaha dan dosen mata kuliah enterpreunership, bahwa Indonesia membutuhkan sedikitnya 20 persen penduduknya menjadi enterpreuner, barulah menjadi negara makmur, maka Sidik telah memulainya bertahun-tahun lalu. Jelaslah, Indonesia membutuhkan orang-orang gigih seperti Sidik.

Cerita yang kamu baca inspiratif, bukan? Orang yang berkebutuhan khusus pun mampu beraktivitas layaknya orang normal. Bagaimana dengan kamu?Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.
ParagrafIde Pokok
1Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha.
2Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain.
3Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.
4 Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.
5Ia juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
6Beruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan akhirnya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
7Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.
8Kini, dari hasil usahanya Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.

Kamu telah membaca bacaan di atas, tentunya kamu pun telah mengetahui dan memahami isinya. Banyaknya informasi yang kamu dapatkan dari bacaan tergantung pada panjang dan bobot bacaan. Tentunya akan berbeda informasi yang kamu dapatkan antara membaca teks berupa karangan dengan membaca buku.

Ayo Berkreasi
Asyik sekali ya, aktivitas membaca itu? Apalagi jika membaca sebuah buku secara menyeluruh. Pada saat membaca buku, sebenarnya isi dari sebuah buku sudah dapat kita terka atau prediksikan sebelumnya dengan melihat sampul atau cover buku tersebut. Karena memang sampul cover buku merupakan bagian buku yang berupa gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi buku.Cover atau sampul buku merupakan cerminan dari keseluruhan isi buku.

Cover atau sampul merupakan bagian terluar dari buku yang terdiri atas dua sisi, yakni depan dan belakang. Kedua sisi ini saling mendukung dan melengkapi serta menguatkan isi dari buku.

Cover yang baik adalah yang bisa mempengaruhi dan menarik minat orang untuk membaca isi buku secara keseluruhan. Untuk itu, maka sebuah cover harus memenuhi unsur-unsur berikut.
  1. Terdapat judul dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan mencolok.
  2. Terdapat kalimat penjelas judul yang singkat dan mudah dipahami.
  3. Terdapat nama penulis.
  4. Terdapat identitas penerbit.
  5. Menyertakan gambar yang menarik.
  6. Terdapat sinopsi isi buku pada sisi belakang.
  7. Terdapat identitas buku pada punggung buku.

Coba kamu perhatikan contoh cover berikut.
Sampul Buku
Sekarang giliranmu untuk membuat gambar pada cover atau sampul buku. Kamu dapat membuatnya berdasarkan isi bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.
Penyandang Cacat yang Sukses
Setelah gambar selesai kamu buat, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan guru dan teman-temanmu.
Gambar sampul yang saya buat berjudul " Penyandang Cacat yang Sukses" Gambar tesebut menceritakan Sidik yang lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak memiliki kedua kaki mulai dari pangkal paha. Namun dia tidak mengenal kata menterah dalam menghadapi kehidupan. Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan.
Jangan lupa untuk meminta masukan atau pendapat dari guru dan teman-temanmu terhadap gambar dan ceritamu.

Tuliskan masukan dan pendapat tersebut pada kolom berikut.

Beni senang sekali. Tanpa terasa, Beni sudah dapat beberapa keranjang sayur Kol. Kol-kol tersebut kemudian dikumpulkan untuk kemudian dibersihkan dan dikemas. Pak Anto merasa sangat terbantu dengan adanya Beni.

Pak Anto mengajak Beni dan pekerja lainnya untuk beristirahat sebentar. Mereka diajak menikmati air teh dan ketela rebus yang dibawanya dari rumah Pak Anto.

Ayo Renungkan
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida
Makan sayur membuat sehat. Makan sayur membuat tubuh kita sehat karena sayur banyak mengandung vitamin dan zat-zat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran merupakan bahan makan yang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, E, D1, dan lain sebagainya.

Aku gemar makan sayur, terutama sayuran yang masih segar. Seperti selada, kubis, tomat, dan mentimun. Ibuku memasak sayur setiap hari karena tidak hanya aku saja yang menyukai sayur, tetapi seluruh keluarga juga menyukainya. Sayur menjadi menu makan rutin dalam keluargaku.

Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Sayur bayam merupakan sumber vitamin K, vitamin A (dalam bentuk karetonoid), mangan, folat, tembaga, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, kalsium, dan vitamin C. Menkonsumsi sayur bayam juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, hingga mencegah kanker.

Sayur yang sehat adalah sayur yang bebas dari pestisida. Pestisida adalah obat-obatan untuk mengusir hama dan ulat. Pestisida yang masuk ke tubuh akan merusak sel tubuh dan mengganggu fungsi organ tubuh. .
Tukarkan hasilnya kepada temanmu. Mintalah pendapat temanmu tentang hasil karanganmu.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu? Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?
Caraku menjaga organ gerak antara lain :
  1. Berolahraga secara Rutin.
  2. Menghindari kebiasaan sikap tubuh yang salah.
  3. Memerhatikan aktivitas fisik yang cukup setiap hari
  4. Jangan mengangkat beban terlampau berat.
  5. Mengkonsumsi makanan yang bergizi.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.