Home » » Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa

Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa akan mempelajari tentang membandingkan alat transportasi air dan udara sebelum dan sesudah modernisasi, menganalisa, menganalisa dampak perkembangan transportasi air dan udara terhadap lingkungan dan masyarakat, menghubungkan pengalaman pribadi atau film yang sudah ditonton, dan mencari tahu bentuk usaha peningkatan persatuan dan kesatuan dan dampaknya terhadap masyarakat sekitar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Membaca

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kesempatan manusia untuk melakukan penjelajahan ke angkasa luar. Penjelajahan ke angkasa luar dilakukan untuk mengetahui lebih banyak tentang kemungkinan kehidupan di luar Bumi kita. Hal itu juga mendorong semakin canggihnya teknologi transportasi udara. Salah satu satu hasil berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah kebutuhan manusia untuk melakukan transportasi udara. Transportasi udara yang dikembangkan dengan menggunakan energi alternatif untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang mencemari lingkungan. Seorang penemu balon berkebangsaan Swiss, Bertrand Piccard, yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan dari Swiss melakukan uji coba dalam pembuatan pesawat berbahan bakar energi matahari.
Pesawat Tenaga Matahari
Rentang pesawat ini dibuat lebar, sekitar 72 meter. Hal ini dilakukan agar panel surya di atasnya dapat mengumpulkan energi matahari cukup banyak. Pesawat ini digunakannya untuk melakukan misi keliling dunianya secara bertahap. Pada bulan April 2016, pesawat ini tiba di California, Amerika Serikat pada tahap ke 9 dari seluruh perjalanan yang direncanakannya mulai bulan Maret 2015.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan singkat di atas, lakukanlah diskusi dengan teman sebangkumu untuk menjawab pertanyaan berikut.

1. Mengapa manusia ingin menemukan pesawat terbang berbahan bakar energi surya?
Manusia ingin menemukan pesawat terbang berbahan bakar energi surya untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang mencemari lingkungan.
2. Apakah keunggulan pesawat terbang berbahan bakar energi surya dibanding dengan yang berbahan bakar fosil?
Keunggulan pesawat terbang berbahan bakar energi surya dibanding dengan yang berbahan bakar fosii adalah tidak mencemari lingkungan.
3. Apakah dampak dari penemuan tersebut terhadap lingkungan dan kehidupan masyarakat pada umumnya?
Dampak penemuan tersebut adalah lingkungan bebas polusi, sedangkan pengaruh pada kehidupan masyarakat adalah meningkatnya kualitas hidup..

Hingga saat ini, manusia masih berupaya keras untuk meningkatkan dan menemukan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Modernisasi menuntut segala sesuatu lebih cepat dan efisien, termasuk sistem transportasi baik air maupun udara.

Ayo Membaca 
Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara

Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pergi ke sekolah menggunakan bus tentunya lebih mudah dibandingkan dulu ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi. Di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang ada. Tujuannya adalah supaya kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah.
Alat Transportasi
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air sepertiperahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur. Kapal ini adalah kapal militer yang disebut kapal induk.

Masyarakat pada zaman dulu tidak memiliki transportasi udara. Mungkin zaman dulu transportasi udara yang paling canggih adalah balon udara. Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajah angkasa luar dengan menggunakan pesawat angkasa luar.

Perlu ditekankan lagi bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada transportasi saja melainkan pada seluruh bidang kehidupan. Seperti di militer, kesehatan, dan komunikasi. Namun, perkembangan teknologi ini lambat laun memiliki dampak negatif seperti polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor. Kita harus bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini agar dampak yang ditimbulkan dapat diatasi dan dimanfaatkan sisi-sisi positifnya.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Pilihlah sistem transportasi udara dan air yang akan dibahas oleh kelompokmu Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi air dan udara baik dulu maupun sekarang. Gunakakan tabel berikut untuk mencatatnya.
AspekTransportasi Air Sebelum ModernisasiTransportasi Air Setelah ModernisasiTransportasi Udara Sebelum ModernisasiTransportasi Udara Setelah Modernisasi
Tenaga PenggerakManusia dan AnginMesinUdara panasMesin
FungsiAlat transportasiAlat transportasiAlat transportasiAlat transportasi
Contoh Gambar
Perahu Dayung
Kapal Laut
Balon Udara
Pesawat Udara

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya pada sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.
Peta pikiran perkembangan transportasi
Presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri. Buatlah sebuah kesimpulan tentang kegiatan di atas.
Manusia tidak bisa terlepas dengan teknologi sehingga di era globalisasi ini manusia dituntut untuk dapat menggunakan teknologi. Namun, perkembangan teknologi memiliki dampak negatif sehingga kita harus bersikap bijak dalam menggunakan teknologi.

Perkembangan alat transportasi telah memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat penggunanya. Berbagai alat transportasi telah silih berganti seiring dengan perkembangan teknologi. Alat transportasi bermesin kini menjadi pilihan utama untuk digunakan. Lalu bagaimana dengan alatalat transportasi tempo dulu yang pernah digunakan masyarakat? Beberapa contoh alat transportasi itu tersimpan di museum-museum. Tetapi ada juga yang dijadikan benda koleksi oleh masyarakat. Berikut adalah salah satu kisahnya.

Ayo Membaca
Sepeda Ontel Warisan Kakek
Oleh Yoga T. Kriiing

Kreeeng – Kriing Kreeng! Bunyi bel sepeda milik Ayah. Di depan rumah, Ayah sudah bersiap-siap untuk berangkat kerja. Seperti biasa pula Ayah akan mengajak Dindin berangkat bersama. Tempat kerja Ayah terletak tepat di depan sekolah Dindin.

Akan tetapi akhir-akhir ini sikap Dindin agak berbeda. Ia sepertinya malas berangkat bersama Ayah. Dindin pura-pura sibuk mencari buku tulisnya.

“Dindin, ayo kita berangkat sekarang!” panggil Ayah dari depan.

“Aku mencari buku catatanku dulu, Ayah! Aku lupa meletakkannya. Ayah berangkat saja dulu. Dindin jalan kaki saja,” jawab Dindin dari dalam kamarnya.

Begitu melihat Ayahnya berangkat, Dindin bergegas keluar kamar dan langsung berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Sebenarnya Dindin senang berangkat bersama ayahnya ke sekolah. Hanya saja ada yang membuatnya gelisah. Beberapa teman sekelasnya mulai mengolok-olok sepeda milik ayahnya. Menurut mereka, sepeda Ayah sudah kuno dan ketinggalan zaman.

Ayah memang pernah bercerita bahwa sepeda Ayah memang sepeda yang dibuat pada zaman Belanda dulu. Sudah sangat tua. Orang-orang menyebutnya sepeda ontel. Sepeda ini terbuat dari rangka besi yang kuat dan tinggi. Ayah sangat sayang dengan sepeda itu, bahkan sangat bangga. Setiap hari sepeda itu dirawat dan diperiksa dengan teliti. Ayah bahkan memberinya nama sendiri: Srikandi.

Siang itu, Dindin pulang sekolah dengan berjalan kaki menyusuri jalan yang sepi. Panasnya matahari membuat Dindin merasa kelelahan. Ia lupa membawa botol air minumnya. Dindin merasa kehausan, dan tiba-tiba kepalanya pening, matanya berkunang-kunang, keringatnya bercucuran. Dindin merasa hendak pingsan.

Tiba-tiba terdengar suara bel sepeda dari belakang. Kriiing kreeng-kriiing kreeng! Itu suara sepeda ayahnya

“Din, ayo cepat naik. Kamu pucat sekali! Kamu pasti dehidrasi,” perintah Ayah. Walaupun Dindin merasa segan naik sepeda ayahnya, tetapi ia merasa tidak punya banyak pilihan. Dindin menurut. Ia pulang dibonceng ayahnya.

“Ini sepeda peninggalan kakekmu, Din,” kata Ayah ketika Dindin meminta penjelasan mengapa ayahnya sayang sekali dengan sepeda ontel tua itu. Dindin sudah terlihat lebih segar setelah minum cukup air, dan merebahkan dirinya di kursi ruang tengah. Dindin memang tak sabar ingin bertanya soal itu.

“Kakek juga sangat sayang dengan sepeda ini, Din. Dan waktu itu Ayah memang berjanji akan merawat sepeda peninggalan ini dengan baik, jika Kakek meninggal, ”jelas Ayah.“ Ayah tahu kamu malu dibonceng Ayah dengan sepeda itu, kan? Kamu harus tahu, sepeda itu kini harganya sangat mahal, Din. Para pencinta sepeda antik menghargainya dengan harga yang tinggi. Tetapi Ayah tidak akan membiarkan sepeda itu dijual. Jadi, Ayah juga berharap, suatu saat nanti Dindin yang akan merawat sepeda itu,“ jelas Ayah panjang lebar.

Dindin tertunduk. Sepeda itu ternyata sangat berharga bagi ayahnya. Dan hari ini sepeda itu menolong Dindin segera mendapatkan pertolongan. Ah, aku harus minta maaf kepada ayahnya.

“Maafkan Dindin, Yah. Dindin berjanji akan belajar merawat sepeda Ayah baik-baik sebagai ucapan terima kasih Dindin karena sepeda ini telah menolong Dindin hari ini,” kata Dindin kepada ayahnya.

Sumber: Majalah Bobo, 10 April 2017

Ayo Menulis
Sebuah cerita dapat memiliki persamaan dan perbedaan dengan pengalaman pribadimu atau dari film yang pernah kamu tonton. Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
  • Gunakan diagram di bawah ini untuk melengkapi keterangan tentang cerita fiksi di atas. Tuliskan bagian yag paling kamu sukai dari cerita fiksi di atas dalam tulisan satu paragraf. Jelaskan alasan kamu menyukainya.
  • Jelaskanlah persamaan dan perbedaan cerita tersebut dengan peristiwa yang pernah kamu alami atau yang pernah kamu tonton dari sebuah film. Gunakan diagram venn berikut sebagai bantuanmu. Tuliskan pokok pikiran yang ada di dalam cerita fiksi pada bagian cerita fiksi. Tuliskan pokok pikiran dari pengalamanmu atau dari film yang ditonton pada bagian yang lain. Tuliskan kesamaan antara keduanya di bagian tengah diagram venn.
Sepeda ANtik
c. Berdasarkan diagram venn di atas, jelaskan dan tuliskan dalam satu paragraf perbedaan dan persamaan antar cerita fiksi dan pengalaman pribadi atau fim yang pernah ditonton di tempat yang tersedia di bawah ini.

Persamaan :
Persamaan dalam antara cerita fiksi dan pengalaman pribadi adalah sepeda ontel merupakan barang antik. 
Perbedaan :
Pada cerita fiksi sepeda ontel sangat mahal dan tinggi namun ayah Dindin tidak menjualnya karena merupakan peninggalan dari kakek. Sedangkan pada pengalaman pribadi sepeda ontel tersebut dijual oleh ayah karena harganya yang sangat tinggi.
d. Gambarkanlah persamaan dan perbedaan tersebut dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini.
ZFiksi dan Kenyataan
e. Presentasikan persamaan dan perbedaan itu dengan menggunakan gambar yang kamu buat dengan percaya diri.

Ayo Membaca
Sepeda Ontel Banjiri Kota Bandung

BANDUNG, (PR).- Pada hari minggu, 8 mei 2016, para sepeda ontel berkumpul di Bandung. Mereka berkumpul di pelataran depan Gudang persediaan PT. Kereta Api di Jalan Sukabumi Bandung. Para pengemar sepeda ontel ini datang dari seluruh nusantara. Mereka berkumpul sambil menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung menyambut kedatangan wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

Sekitar 7.000 penggemar sepeda ontel dari seluruh Indonesia ikut serta dalam event yang digelar tiga tahun sekali ini. Bahkan, beberapa peserta datang dari Belanda. Tak hanya bersepeda, para peserta BLO ini pun lengkap dengan kostum yang serba unik dan menarik. Ada beberapa di antara mereka yang mengenakan kostum tentara perang (pria) dan gaun pengantin (wanita) zaman dahulu, ada pula yang mengenakan pakaian tradisional daerahnya serta kostum bernuansa horor.

“Saya melihat para peserta mengenakan kostum yang luar biasa. Ini adalah salah satu semangat bagaimana kita menjaga tradisi. Tradisi ini sangat penting, karena dengan tradisi kita bisa mengingat sejarah. Kita bisa mendefinisikan masa lalu kita dengan tradisi, dengan begitu kita bisa tahu kenapa kita hari ini ada di sini dan ingin menjadi apa kita di masa depan, serta ingin ke mana kita di masa depan,” ujar Wagub dalam sambutannya sebelum melepas pawai sepeda ontel ini.

Sementara itu, istri Gubernur Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan pun ikut serta dalam pawai sepeda ontel ini. Beliau mengharapkan BLO dapat menjadi sarana membangun kebersamaan untuk melawan kondisi yang tidak berpihak pada masyarakat. Apalagi, dengan banyaknya peristiwa kekerasan yang terjadi pada kaum perempuan dan anak yang terjadi belakangan ini.

“Mari sama-sama kita teriakkan stop kekerasan terhadap seluruh warga negara Indonesia khususnya perempuan dan anak,” kata Netty yang disambut dengan dukungan tepuk tangan semangat dari peserta juga masyarakat. Menurut Netty, setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk menikmati manfaat pembangunan. Untuk itu, ia mengajak kepada para penggemar sepeda ontel ini agar bisa berkontribusi dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas.

“Hari ini boleh jadi kita menggowes, hari ini boleh jadi kita menggunakan sepeda ontel tapi di ruang-ruang kehidupan yang lain mari kita sama-sama berkontribusi untuk membangun generasi yang berkualitas, membangun generasi yang lebih beradab untuk meniadakan sama sekali kekerasan dalam bentuk apapun terhadap perempuan dan anak yang hari ini luar biasa terjadi di masyarakat,” jelas Netty.

Pada kesempatan ini, Wakil Gubernur Deddy Mizwar pun terus menggelorakan semangat para ontelista. Tidak lupa beliau juga mengajak para ontelista untuk mendukung serta menyukseskan PON XIX dan Peparnas XV/2016 di Jawa Barat. Beliau mengajak seluruh ontelista dan masyarakat untuk menyukseskan acara tersebut melalui catur sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi, serta sukses administrasi.

Sumber: www.pikiran-rakyat.com dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman dalam kelompokmu, analisislah artikel di atas dengan mencari dampak persatuan dan kesatuan terhadap masyarakat sekitar dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh.
KegiatanDampaknya terhadap komunitasDampaknya terhadap masyarakat luas
Menyanyikan lagu Halo-Halo Bandung
  1. Mengobarkan semangat persatuan dan kesatuan di kalangan anggota komunitas
  2. Sebagai bentuk penghormatan kepada warga Bandung sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan.
  3. Sebagai bentuk penghormatan kepada peristiwa patriotik yang terjadi di Bandung pada masa lalu.
  1. Mengingatkan masyarakat terhadap pentingnya persatua dan kesatuan dan bangga menjadi warga Negara Indonesia.
  2. Mengingatkan masyarakat pentingnya saling menghormati perbedaan
  3. Mengobarkan semangat kepahlawanan yang pernah terjadi di masa lalu.
Mengenakan pakaian tradisional daerah
  1. Semangat menjaga tradisi yang dimiliki oleh komunitas.
  2. Menunjukkan identitas komunitas yang diikuti.
  3. Menjadi sarana membangun kebersamaan dalam komunitas
  1. Mengenal pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.
  2. Menghargai budaya suku bansa yang lain
  3. Mengobarkan semangat bersatu dalam perbedaan
Kegiatan Bandung Lautan Ontel
  1. Menyatukan seluruh anggota komunitas sepeda Ontel.
  2. Bersama-sama ikut menyukseskan kegiatan oelah raga di Kota Bandung
  3. Menambah jumlah anggota komunitas baik yang berasal dari dalam dan luar negeri
  1. Berkontribusi dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas
  2. Membangun kebersamaan untuk melawan kondisi yang tidak berpihak pada masyarakat
  3. Menggelorakan semangat  mendukung PON XIX dan Peparnas XV/2016.

Ayo Renungkan
Menurutmu dampak modernisasi terhadap sistem transportasi apakah yang paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapinya?
Menurut saya dampak modernisasi sistem transportasi yang paling memengaruhi adalah adanya penghematan waktu. Karena semakin canggih alat transportasi senakin cepat waktu perjalanan. Tentunya diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan alat transportasi tersebut agar tidak merugikan diri-sendiri.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Diskusikanlah dengan orang tuamu, alat transportasi apa yang menjadi pilihan utama keluargamu jika ingin bepergian bersama, dan jelaskan alasannya. Lakukanlah perbandingan dengan menggunakan alat transportasi lainnya.
Menurut saya alat transportasi yang menjadi pilihan utama keluarga saat bepergian bersama adalah mobil.. Menggunakan mobil lebih cepat mencapai tempat tujuan jika dibandingkan menggunakan alat transportasi yang lain. Sebagai contoh jika ingin pergi ke rumah nenek yang berada di pelosok desa jika menggunakan kereta api tentunya kurang efisien. Kereta api hanya berhenti di satasiun saja, untuk ke rumah nenek harus menggunakan angkutan lain. Namun jika menggunakan mobil kita bisa langsung menuju rumah nenek yang berada di pelosok.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.