Home » » Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

PadaPembelajaran 6 Tema 9 Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi kita akan belajar tentang, mengidentifikasi gambar benda isi iklan, menyimpulkan isi iklan, menjelaskan cara menciptakan kerukunan saat di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat, menuliskan manfaat hidup rukun, mengidentifikasi pola lantai tarian pada gambar, dan membuat dan mempraktikkan pola lantai gerak tari secara berkelompok. Tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru Anda.

Udin pandai dan hobi melukis. Udin melukis pesona wisata Bali. Udin melukis penari kecak seperti yang ada di iklan televisi “Pesona Indonesia”. Lukisan Udin seperti gambar nyata. Tidak lupa Udin menuliskan “Pesona Indonesia” dalam lukisannya. Setiap lukisan Udin selalu mendapat pujian, baik dari guru maupun teman. Orang tua Udin bangga dengan kepandaian Udin melukis.

Ayo Mengamati
Perhatikan hasil lukisan dan tulisan Udin tentang tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Bali seperti berikut.
Iklan Pesona Indonesia
1. Itulah penyajian isi iklan elektronik secara visual yang dibuat oleh Udin. Udin memvisualkan iklan elektronik tentang “Pesona Indonesia Visit Bali”.

2. Banyak tempat wisata di pulau Bali yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Ada dua tempat yang diiklankan melalui Pesona Indonesia Visit Bali, yaitu Ubud dan Pantai Kuta. Banyak tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang dapat dikunjungi. Contohnya: Pura Tanah Lot, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina, Pura Besakih, Pura Uluwatu, Pantai Jimbaran, Sangeh, Tanjung Benoa, Danau Batur Kintamani, Tari Kecak Uluwatu, Arung Jeram Sungai Telaga Waja, Arung Jeram Sungai Ayung, dan Pantai Sanur. Semua itu merupakan kekayaan Indonesia yang patut disyukuri dan dibanggakan oleh segenap bangsa Indonesia.

Itulah bentuk kesimpulan isi iklan elektronik yang disajikan Udin secara tertulis. Selanjutnya, Udin mempresentasikan hasil kesimpulannya secara lisan di depan kelas. Di depan kelas, Udin dengan tenang menyebutkan tempattempat wisata di Bali.

Ayo Berlatih
Sekarang coba kamu pilih salah satu iklan di televisi. Gambarlah benda-benda yang ada dalam iklan televisi. Selanjutnya, buat kesimpulan tertulis isi iklan yang kamu pilih dalam lembaran kertas. Presentasikan hasil kesimpulanmu secara lisan di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil kesimpulan isi.
Iklan Pasta Gigi
Isi dan kesimpulan dari iklan iklanmu tersebut.
Isi iklan di atas adalah seorang anak yang sedang menyikat gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Kesimpulan iklan tersebut berisi ajakan kepada masyarakat agar menyikat gigi secara rutin agar gigi menjadi bersih, sehat dan kuat.

Tari Kecak merupakan tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “Cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak.

Kekompakan gerakan dalam tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu juga mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tidak hanya dalam tari Kecak. Akan tetapi, juga dalam kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ayo Berlatih
1. Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Bagaimana kamu menciptakan kerukunan saat di rumah, di sekolah, dan di masyarakat lingkungan tempat tinggalmu? Uraikan dalam kolom berikut.
Menciptakan kerukunan di lingkungan sekolah :
  1. Tidak membeda-bedakan teman sekolah karena agama, suku, ras atau status sosial
  2. Saling menghormati dan menghargai antar teman sekolah
  3. Siswa yang lebih tua melindungi siswa yang lebih muda, siswa yang lebih muda menghormati siswa yang lebih tua
  4. Sikap saling tolong menolong antar teman sekolah
  5. Menanamkan pada diri sendiri, bahwa perbedaan yang ada di sekolah adalah suatu anugerah
  6. Dengan menghargai hasil karya teman
  7. Dengan menghargai pendapat teman lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan masyarakat :
  1. Membiasakan tersenyum dan saling menyapa saat berjumpa dengan teman/tetangga sekitar
  2. Turut aktif mengikuti kegiatan yang diadakan oleh masyarakat sekitar seperti kerja bakti, rapat warga, dan lain-lain
  3. Membantu tetangga yang mempunyai kegiatan tertentu/hajatan
  4. Menghargai dan menghormati tetangga yang berbeda agama, suku, ras
  5. Mengutamakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat
  6. Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat
  7. Saling menghormati pendapat, dan hasil karya orang lain

Menciptakan kerukunan di lingkungan rumah :
  1. Dengan menjaga secara seimbang antara hak dan kewajiban tiap anggota keluarga di rumah
  2. Dengan mengutamakan kepentingan keluarga di atas kepentingan pribadi
  3. Menyamakan persepsi dalam memperjuangkan tujuan bersama dalam keluarga
  4. Meningkatkan keakraban dalam keluarga
  5. Meningkatkan kualitas komunikasi antara anggota keluarga
  6. Melaksanakan tugas masing-masing anggota keluarga dengan penuh tanggung jawab
  7. Saling menghormati dan menyayangi antar anggota keluarga

2. Apakah kerukunan bagimu memberikan rasa aman? Mengapa? Uraikan dalam kolom berikut.
Kerukunan memberikan rasa aman untukku, Karena dengan kerukunan dapat mengurangi perselisihan/pertentangan, saat pertentangan dapat dikurangi maka persatuan lebih terjaga, kehidupan lebih harmonis, lebih tenteram dan pada akhirnya timbul rasa aman di komunitas/lingkungan tersebut.

Ayo Mengamati
Perhatikan peristiwa-peristiwa yang mengutamakan kerukunan berikut.Apa yang dikerjakan anak-anak dalam gambar? Apakah mencerminkan kerukunan saat di sekolah? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Kerukunan Warga
Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Menurut saya anak-anak pada gambar tersebut sedang merapikan buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah. Gambar tersebut mencerminkan kerukunan saat di sekolah. Karena anak-anak telah mempraktekkan tentang adanya perilaku saling pengertian di antara mereka untuk tetap menjaga fasilitas sekolah, juga sikap mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Apa yang dikerjakan oleh bapak-bapak pada gambar di atas? Di manakah sikap atau perilaku pada gambar sering dilakukan? Tuliskan pendapatmu pada kotak berikut.
Bapak-bapak sedang melakukan ronda keliling kampung dengan siskamling (sistem keamanan lingkungan). Gambar tersebut mencerminkan sikap kerukunan antar masyarakat, dimana dengan sukarela dan kesadaran tinggi warga masyarakat turut aktif melakukan kegiatan demi kepentingan bersama. Dengan keamanan lingkungan diharapkan masyarakat dapat hidup lebih tenang dan harmonis.

Ayo Berlatih
1. Apa yang kamu lakukan saat di depan rumahmu ada kegiatan membersihkan lingkungan atau kerja bakti? Tuliskan pada kolom berikut.
Jika di depan rumahku ada kegiatan membersihkan lingkungan amak dengan penuh semangat turut mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan kemampuan.
2. Apa manfaat dari hidup rukun?
Beberapa manfaat hidup rukun antara lain :
  • Tidak adanya perselisihan antar warga
  • Kehidupan menjadi lebih harmonis
  • Kehidupan menjadi lebih aman sentosa
  • Kehidupan menjadi lebih tenteram dan damai
  • Dapat memperkukuh/memperkuat persatuan dan kesatuan

Ayo Berlatih
Perhatikan kembali tari Kecak dari Bali pada materi sebelumnya. Gerakan pada tarian Kecak duduk melingkar di tempat. Berdasarkan gerakan tari kecak tersebut, pola lantai tarian Kecak adalah pola lantai garis melengkung yang membentuk garis lingkaran. Bisakah kamu mengembangkan pola lantai tari kreasi daerah? Sebelum kamu melakukannya, hendaknya latihan gerak-gerak tari dengan pola lantai berikut.

Amati gambar gerak-gerak di bawah ini. Kemudian, tirukanlah gerakannya bersama teman-temanmu. Berlatihlah sampai kamu menguasai baik gerak maupun pola lantainya
Pola Lantai

Ayo Berkreasi
Kamu telah mengetahui empat pola lantai tarian daerah. Coba kamu lakukan kreasi pola lantai dengan menggabungkan pola lantai yang kamu ketahui. Lakukan secara kelompok. Kamu bisa menirukan gerakan tari dari tarian daerah mana pun. Pentaskan hasil kreasi pola lantai yang kelompokmu buat. Bapak/Ibu Guru akan menilai hasil kreasi kelompokmu.

Ayo Renungkan
Indonesia kaya akan tempat pariwisata. Jika semua tempat pariwisata dikelola dengan baik, tentu akan banyak mengundang wisatawan, baik dalam negeri maupun wisatawan asing. Coba kamu renungkan. betapa banyaknya devisa yang masuk ke negara dari bidang pariwisata. Kamu bisa mendukung usaha pariwisata dalam negeri dengan cara ikut mempromosikan, baik melalui media cetak maupun elektronik, misalnya melalui pamflet dan website atau blog.Kerja

Sama dengan Orang Tua
Mengutamakan persatuan dan kesatuan, dapat kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan keluarga. Caranya dengan membiasakan bergotong royong membersihkan rumah. Lakukan hal tersebut dengan ikhlas dan senang hati.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 4:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.