Home » » Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pembelajaran 6 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran

Pada Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran kita akan belajar tentang mengungkapkan pendapat tentang perilaku yang mencerminkan hidup rukun dalam kehidupan bermasyarakat, mengidentifikasikan wujud perilaku hidup rukun sebagai warga masyarakat dan menjelaskan pentingnya hidup dalam kehidupan bermasyarakat, menjelaskan isi iklan, dan memainkan alat musik untuk mengiringi lagu sesuai jenis tangga nada lagu. Tulisan ini hanya sebagai panduan ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru. Berikut ini kegiatan pembelajaran pada pertemuan kali ini.

Aku dan teman-teman mempunyai kesukaan di bidang seni yang berbeda. Aku suka menyanyi. Dayu suka menari. Udin, Beni, dan Siti suka menggambar. Perbedaan itu dapat memperkaya pengetahuan kami di bidang seni. Meskipun beragam, kami tetap rukun.

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara adat, rumah adat, tari-tarian, dan berbagai lagu daerah. Hampir setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa bisa menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan. Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beraneka ragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Ayo Mengamati
Kerukunan
Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.
Gambar menunjukkan orang-orang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Mereka bergandengan tangan. Mereka menunjukkan raut wajah senang dan ramah. Mereka saling menghargai keragaman. Jadi, gambar tersebut mencerminkan kerukunan.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Ayo Berlatih
Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskandalam kolom berikut
Wujud perilaku untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat.
  1. Bekerja bakti membersihkan lingkungan.
  2. Membantu tetangga yang mengadakan hajatan.
  3. Menyapa tetangga saat berpapasan di jalan.
  4. Menghargai tetangga yang berbeda agama.
  5. Bermusyawarah untuk mufakat dalam mengambil keputusan bersama.
  6. Menghormati hak orang lain tanpa membeda-bedakan latar belakangnya.
  7. Mendahulukan kewajiban sebelum menuntut hak.
  8. Menghargai pendapat orang lain
  9. Menghargai karya orang lain
  10. Membina hubungan baik dengan semua warga

Ayo Mengamati
Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan ajakan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.
Iklan Lomba

1. Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.
Gambar tersebut merupakan gambar iklan. Iklan tersebut berisi pengumuman lomba fotografi, video layanan masyarakat, mobil aplication dan Hymne. Tujuan iklan tersebut untuk menarik perhatian masyarakat agar mau mengikuti lomba.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.
Iklan Telkomsel
3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.;
Iklan tersebut berisi penawaran harga paket kuota internet Combo Sakti Unlimited. Harga mulai Rp100.000 dengan kuota hingga 75 GB. Combo Sakti Unlimited murah, kencang, tak terbatasi, unlimited sekelas Telkomsel.

Iklan sering muncul di media cetak maupun media elektronik. Berbagai benda atau barang ditawarkan melalui iklan. Berbagai alat musik pun sering kali ditawarkan melalui iklan. Alat musik apa saja yang kamu ketahui? Dapatkah kamu memainkan alat musik? Mari mengenal alat musik melodis.

Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan melodi. Jadi, alat musik tersebut dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu sesuai dengan tangga nadanya. Ada beberapa contoh alat musik melodis, misalnya seruling (recorder) atau pianika. Berikut cara memainkan kedua alat musik tersebut.

Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut.

1. Cara Bermain Seruling (Recorder).
Seruling Recorder dimainkan dengan cara ditiup. Hasil tiupan rata dan berbunyi tuuu. . ., bukan hu. . .. Perhatikan posisi jari untuk mendapatkan nada-nada tertentu.
Cara Bermain Rekorder
2. Cara Bermain Pianika.
Pianika dimainkan dengan cara meniup slang peniup dan menekan tuts pianika. Berikut nada-nada yang ada dalam pianika. 
Cara Bermain Pianika
Ayo Berlatih
Siapkan alat musik pianika atau seruling (recorder), lalu mainkan tangga nada berikut ini.
Latihan Nada
Ayo Mencoba
Mainkanlah melodi lagu berikut menggunakan recorder atau pianika dengan tangga nada yang sesuai.
Not ANgka Lagu Air
Berikut ini video cara membawakan Lagu Air SUmber Kehidupan menggunakan pianika
Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar Sikap percaya diri dan bekerja sama. Pengetahuan tentang perilaku hidup rukun, isi Iklan, tangga nada lagu. Keterampilan tentang mengungkapkan pendapat, mengidentifikasikan, bernyanyi
Kerja Sama dengan Orang Tua
Pilih lagu bertangga diatonis maupun pentatonis. Nyanyikan bersama Kedua orang tuamu maupun anggota keluarga yang lain. Saat bernyanyi bersama, apakah kamu merasakan kerukunan antara kamu dan anggota keluargamu? Mengapa? Tuliskan alasanmu pada kolom berikut.
Saya merasa kerukunan ketika kami sekeluarga menyanyikan lagu ini karena: Pertama, kami bisa berkumpul bersama sebagai keluarga dan menghabiskan waktu bersama sambil menyanyikan lagu. Kedua, saya bisa menghabiskan waktu bersama keluarga untuk belajar. Ayah dan ibu mengajarkan arti dari setiap lagu itu kepada saya, termasuk nilai-nilai hidup yang bisa saya contoh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:25 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.