Home » » Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 2 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

Untuk mengisi acara perpisahan dengan kakak kelas enam Siti, Lani, Dayu, Udin, Edo, dan Beni akan menampilkan karya tari. Mereka semangat dan giat berlatih. Pada hari Minggu, mereka berlatih tari Saman di rumah Siti. Mereka berlatih dengan panduan kaset CD Player. Ayah Siti yang kebetulan pandai menari mendampingi Siti dan teman-temannya berlatih menari. Mereka berlatih dengan semangat dan gembira.

Ibu Siti senang melihat semangat Siti dan teman-temannya dalam berlatih gerak tari. Ibu Siti menyiapkan minuman dan hidangan untuk Siti dan teman-temannya. Siti dan teman-temannya istirahat berlatih menari sambil menonton televisi. Kebetulan mereka melihat iklan sebuah produk vitamin yang berlatar belakang tari Saman. Berikut ini adalah iklan televisi yang dilihat Siti dan temannya.

Ayo Mengamati
Perhatikan iklan televisi yang dilihat Siti dan kawan-kawannya berikut.
Iklan Vitamani A
Iklan yang dilihat Siti dan teman-temannya adalah iklan vitamin untuk kesegaran tubuh. Iklan tersebut memberikan informasi penting tentang vitamin, yaitu untuk kesegaran tubuh supaya lincah dalam bergerak dan beraktivitas. Vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar mengajak kepada khalayak untuk minum vitamin itu.

Ayo Berlatih
Iklan televisi merupakan iklan elektronik. Selain iklan televisi, iklan elektronik dapat berupa iklan internet dan radio. Perhatikan cuplikan gambar iklan televisi dan iklan internet berikut. Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.
Iklan Televisi
Iklan pada gambar (1)  memberikan informasi penting tentang pasta gigi, menjadi bersih dan kuat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa iklan pada gambar (1) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan pasta gigi tersebut

Iklan pada gambar (2) memberikan informasi penting tentang shampoo yang dapat menghilangkan ketombe. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (2) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan shampo tersebut.

.Iklan pada gambar (3) memberikan informasi penting tentang sirop yang dapat menghilangkan rasa haus. Jadi dapat disimpulkan bahwa pada gambar iklan (3) mengajak kepada khalayak untuk menggunakan/meminum sirop tersebut.
Ketiga iklan tersebut berisi penjelasan atau keunggulan produk yang dimaksudkan untuk mengajak calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan
Ayo Mengamati
Iklan pasta gigi, sampo, dan sirop tentu sering kamu lihat, baik melalui televisi maupun internet. Benda-benda di sekitarmu seperti ketiga barang tersebut merupakan benda ekonomi. Mengapa pasta gigi, sampo, dan sirop termasuk benda ekonomi? Coba kamu ingat, bukankah kamu membutuhkan ketiga benda tersebut dalam kehidupan? Itulah alasan pasta gigi, sampo, dan sirop merupakan contoh benda ekonomi.

Enam gelas sirop dingin dan satu gelas kopi panas beserta makanan kecil telah selesai ibu siapkan. Ibu memanggil Siti untuk membantu membawa ke teman-teman Siti dan ayah. Siti segera membantu ibu menghidangkan minuman dan makanan kecil untuk ayah dan teman-temannya. Ayah, Siti, dan teman-temannya menikmati hidangan yang disajikan Siti dan ibunya. Tidak lupa teman-teman Siti mengucapkan terima kasih kepada Siti dan ibunya.

Masih ingatkah kamu air sirop dan air kopi termasuk materi campuran? Tentu kamu masih ingat bukan? Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.
Air Sirop
  1. Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisahpisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.
  2. Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
  1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya

Ayo Berdiskusi Kamu telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
No.Jenis CampuranKomponen Penyusun CampuranSifat Campuran
1.Air Sirop (homogen)Air mineral, gula, dan sari buahCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
2.Air Kopi (Heterogen)Air, Gula, dan KopiCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
3.Air Teh Manis (Heterogen)Air, Gula, dan TehCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
4.Es Krim (Homogen)Air, Susu, dan GulaCampuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.

Ayo Mengamati
Siti dan teman-temannya telah beristirahat cukup. Mereka pun mulai berlatih kembali. Ayah Siti meminta Siti dan teman-temannya berlatih dengan sungguhsungguh. Siti dan teman-temannya harus melakukan gerakan secara benar dan kompak. Mereka juga memperagakan gerak dengan pola lantai supaya tarian mereka terlihat lebih indah. Berikut gerak-gerak yang mereka lakukan.
Gerakan Tari
Ayo Berlatih 
1. Berdasarkan gerak tari yang dilakukan Siti dan teman-teman di atas, sebutkan bentuk pola lantainya. Tuliskan pada kolom berikut. 
Bentuk pola lantai pada gerak tari di atas
  1. Pola lantai gerak 1 vertikal
  2. Pola lantai gerak 2 diagonal
  3. Pola lantai derak 3 lingkaran/melengkung
  4. Pola lantai gerak 4 horizontal
2. Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, berlatihlah memperagakan gerak tari di atas. 

Ayo Mencoba
Kamu telah memahami empat pola lantai pada tarian daerah. Ada pola lantai vertikal, horizontal, diagonal, dan garis melengkung. Sekarang coba kamu peragakan keempat pola lantai tersebut. Ikuti dengan gerakan tangan dan kaki. Buat variasi gerakan tangan kaki, tangan, dan kepala. Peragakan secara bergantian di depan kelas. Bapak/Ibu Guru akan memberimu abaaba. Kreativitasmu dalam menampilkan gerakan akan menentukan nilai yang Bapak/Ibu Guru berikan. 

Ayo Renungkan
Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, bapak atau ibu guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut. 

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu dan bertanggung jawab Pengetahuan tentang informasi isi pada iklan, penyusun zat capuran, pola lantai karya tari. Keterampilan •tentang mengidentifikasikan, mengomunikasikan, memeragakan pola lantai gerak tari.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Kamu mempunyai hak untuk berlatih menari kapan pun, termasuk di hari Minggu. Akan tetapi, kamu juga harus ingat bahwa pada hari Minggu kamu mempunyai kewajiban untuk membantu orang tua di rumah. Apa yang harus kamu lakukan supaya tetap bisa berlatih menari, tetapi juga tetap bisa membantu orang tua? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. 

Hasil Diskusi
Jika aaya sangat suka berlatih menari tetapi juga ingin membantu orang tua, yang harus saya lakukan adalah saya harus bisa bagi waktu saya untuk hobi dan kewajibanku. Saya boleh saja menari tetapi saya juga harus ingat kewajibanku untuk membantu orang tua dalam hal apa pun itu termasuk belajar. Karnea dengan belajar saja saya sudah bisa membantu orang tuaku secara pelan pelan dan membuat orang tuaku bahagia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.