Home » » Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Pembelajaran 5 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan mempelajari tentang mengamati terbit dan tenggelamnya matahari, mengurutkan planet berdasarkan kategori yang berbeda-beda, menjelaskan persamaan dan perbedaan antara planet dalam dan planet luar, menjelaskan watak tokoh utama dan tokoh tambahan serta jalan ceritanya,, mengembangkan watak tokoh utama ke dalam sebuah paragraf secara, dan memainkan beberapa jenis akor. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebsagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Ayo Mengamati
Keteraturan siang dan malam
Matahari terbit di timur dan terbenam di sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini. Apa saja yang kamu amati ketika matahar terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu? Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!
  1. Apa penyebab terjadinya siang dan malam?
  2. Mengapa jika malam hari susananya gelap?

Ayo Berdiskusi
Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Ketua peristiwa tersebut menunjukkan keteraturan yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:

1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Beberapa contoh keteraturan di alam semesta antara lain :
  • Planet mengelilingi Matahari dalam gerak Revolusi pada waktu yang teratur, misalnya revolusi planet Bumi selama 365,25 hari
  • Setiap planet teratur berputar dalam porosnya (gerak Rotasi), misalnya revolusi planet Bumi selama 24 jam dalam sehari
  • Rasi bintang yang berbeda akan terlihat pada bulan yang berbeda
2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?
Keteraturan adalah kesamaan keadaan, kegiatan, atau proses yang terjadi beberapa kali atau lebih (KBBI)
3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?
Manfaat keteraturan bagi manusia antara lain sebagai berikut :
  • Keteraturan revolusi bumi bermanfaat bagi manusia menentukan arah melalui rasi bintang (terbentuknya rasi bintang) dan menentukan musim yang tepat untuk bercocok tanam (perubahan musim).
  • Keteraturan rotasi bumi bermanfaat bagi manusia dalam menentukan kapan melakukan aktivitas dan kapan beristirahat (terjadinya siang dan malam)
4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?\
Keteraturan yang saya harapkan di sekitarku adalah keteraturan masyarakat dalam menjalankan hak dan kewajibannya.
5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Cara memastikan keteraturan dalam kehidupan pribadi saya adalah dengan menyeimbangkan antara kewajiban dan hak saya sebagai seorang anak.
6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Keteraturan dalam masyarakat terjadi jika setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Ayo Membaca
Matahari Pusat Sistem Tata Surya

Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api. Lidah api matahari yang merupakan ledakan-ledakan yang dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan Matahari mencapai 5.800°C.

Matahari adalah satu-satunya bintang di dalam tata surya kita yang menghasilkan panas dan cahaya. Panas dan cahaya Matahari inilah yang memberikan kehidupan di bumi. Perubahan panas Matahari dapat menyebabkan kehidupan makhluk hidup di bumi juga terpengaruh. Jika panas Matahari berkurang, maka seluruh bagian di dunia akan membeku. Tetapi jika panas Matahari bertambah, es di Kutub Utara akan mencair dan air laut serta sungai akan naik.

Matahari berukuran sangat besar. Jarak antara pusat Matahari hingga ke permukaannya sama dengan dua kali jarak Bumi dengan Bulan yang berjarak 384.000 km. Inti Matahari sangat panas, yaitu 15 juta derajat Celsius.

Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda, oleh Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar. Perhatikanlah gambar berikut! 
Planet dalam dan planet luar
Planet dalam adalah planet-planet yang terdekat dengan Matahari dan termasuk empat planet yang pertama (Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars). Planet luar adalah planet yang lebih jauh dari Matahari dan mencakup empat planet berikutnya seiring dengan peningkatan jarak dari Matahari, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh sabuk asteroid. Sabuk asteroid yang merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.

Planet-planet dalam terdiri atas batuan dan logam. Planet-planet ini bergerak perlahan karena mereka dianggap berat. Diameter rata-rata planetplanet ini kurang lebih 13.000 km, oleh karenanya mereka dianggap sebagai planet kecil. Planet luar tersusun atas gas. Gas-gas penyusunnya antara lain adalah Hidrogen dan Helium. Planet-planet ini seperti balon besar yang mengambang di ruang angkasa. Planet-planet ini dianggap sebagai planet gas raksasa. Planet-planet ini memiliki diameter rata-rata kurang lebih 48.000 km.

Sumber: Antariksapedia, Aguilar David, 2015 dengan penyesuaian

Ayo Berdiskusi
Berkat perkembangan ilmu pengetahuan, kamu mendapatkan banyak informasi tentang luar angkasa. Keteraturan tata surya yang kamu pahami saat ini masih menyimpan banyak misteri. Misteri-misteri tersebut dapat diungkapkan melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk mengetahui keteraturan dari sistem tata surya adalah dengan melakukan pengelompokan berdasarkan kriteria tertentu.

Bacalah kembali artikel tentang “Mengenal Tata Surya” pada Pembelajaran 2. Bacaan “Matahari Pusat sistem Tata Surya”. Melalui dua bacaan tersebut, kita dapat melakukan pengelompokan sifat-sifat anggota tata surya. Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukan pengelompokan anggota tata surya dengan melengkapi tabel berikut. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari.

1. Urutkan planet di dalam tata surya dari yang terdekat hingga terjauh dari Matahari
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Merkurius ±57 juta km5.Jupiter ±778 juta km
2.Venus ±108 juta km6.Saturnus ±1.400 juta km
3.Bumi ±149,6 juta km7.Uranus ±2.870 juta km
4.Mars ±227 juta km8Neptunus ±4.500 juta km

2. Urutkan planet dari yang paling kecil ke yang paling besar
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Merkurius : (± 4.879 km)5.Neptunus :(± 49.530 km)
2.Mars : ( ± 6.779 km)6.Uranus : (± 50.724 km)
3.Venus (± 12.104 km)7.Saturnus :(± 116.463 km)
4.Bumi : ( ± 12.742 km)8Jupiter : (± 139.820 km)

3. Urutkan planet dari yang terpanas hingga yang terdingin
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Venus : (± 465°C)5.Jupiter :(± -145°Ckm)
2.Merkurius : ( ± 430°C)6.Saturnus : (± 50.724 km)
3.Bumi (± 58°C)7.Saturnus :(± -178°C)
4.Mars : ( ± 20°C km)8Uranus : (± -224°C)

4. Urutkan planet yang melakukan rotasi paling cepat hingga yang paling lambat
No.Nama PlanetNo.Nama Planet
1.Jupiter : 10 jam5.Bumi : 24 jam (1 hari)
2.Saturnus : 10,7 jam6.Mars : 24,6 jam
3.Neptunus : 16 jam7.Merkurius : 59 hari
4.Uranus : 17 jam8Venus : 243 hari

5. Perbedaan dan persamaan antara planet dalam dan planet luar
AspekPlanet DalamPlanet Luar
Persamaan
  1. Sama-sama mengelilingi matahari
  2. Sama-sama berputar pada pososnya
  3. Sama-sama beredar pada orbit masing masing
  4. Sama-sama anggota tata surya
Perbedaan
  1. Partikel penyusunnya berupa benda padat (batuan dan mineral)
  2. Gerakannya lambat karena dianggap lebih berat
  3. Diameter kecil
  4. Berada dalam sabuk asteroid
  5. Berjarak lebih dekat ke matahari
  1. Partikel penyusunnya berupa benda gas (hidrogen dan helium)
  2. Gerakannya lambat karena dianggap lebih ringan
  3. Diameter besar
  4. Berada di luar sabuk asteroid
  5. Berjarak lebih jauh ke matahari

Kesimpulan apakah yang kamu dapatkan dari kegiatan pembelajaran di atas?
Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda. Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan, yaitu planet dalam dan planet luar.

Adakah pertanyaan yang kamu miliki sehubungan dengan keteraturan dalam tata surya setelah melakukan kegiatan tersebut?
Mengapa Pluto tidak disebut lagi sebagai planet? 

Ayo Membaca
Masih Ada Waktu, Arya!
Oleh Diana Karitas

Arya senang sekali hari ini. Ayah akan mengajaknya menonton film tentang makhluk luar angkasa. Ia sudah lama menantikan kesempatan ini. Kebetulan, kali ini ayah dapat menemaninya.

“Wah, antreannya sudah panjang, Ayah!” kata Arya agak murung ketika telah sampai di bioskop. Penjualan tiket ternyata sudah dibuka setengah jam yang lalu, dan sekarang antreannya cukup panjang. Seandainya saja tadi Ayah tidak membantu Mbak Ita membetulkan sepedanya, pasti kita tidak akan mengantri sepanjang ini.

“Tidak apa, Arya. Kita masih punya waktu. Pemutaran filmya masih 45 menit lagi, kok. Yuk, segera mengantre!” ajak Ayah sambil berjalan menuju antrean.

“Seandainya tadi sepeda Mbak Ita tidak rusak, kita bisa sampai ke sini lebih cepat ya Yah! Jadi tidak harus mengantri lama,” Arya masih menggerutu tentang peristiwa sebelumnya.

“Arya, Mbak Ita juga tidak berharap sepedanya akan rusak, kan? Mbak Ita akan pergi les menari, kalau sepedanya rusak di tengah jalan, lebih kasihan lagi Mbak Ita. Beruntung rusaknya di rumah dan Ayah tahu. Jadi, Ayah harus bantu Mbak Ita dulu supaya ia tetap bisa latihan menari dengan selamat. Memang Arya ingin Mbak Ita celaka di jalan?” hibur Ayah. Arya hanya tersenyum dan mengangguk. Tentu saja ia tidak ingin kakak perempuannya itu mengalami kecelakaan.

“Yuk, Arya, di depan kita tinggal dua pengantri lagi, tuh! Sebentar lagi giliran kita!” kata Ayah setelah kurang lebih seperempat jam berdiri mengantre. Arya tampak gembira dan bersemangat.

Ketika Arya dan Ayah hendak maju untuk membayar tiket, tiba-tiba terdengar suara dari belakang mereka.

“Aduh, Bu. Perutku sakit sekali!” seru seseorang di belakang Arya dan Ayah. Seketika mereka menoleh ke belakang. Tampak seorang anak perempuan sebaya Arya sedang memegang perut. Wajahnya pucat. Keringat tampak mengucur di dahinya. Ibu anak perempuan itu pun terlihat panik. Beberapa kali si ibu menghibur anaknya untuk bertahan dalam antrean.

“Ibu, silakan Ibu beli tiket dulu. Kasihan anak Ibu,” tiba-tiba Arya berkata kepada ibu si anak itu. Si Ibu langsung menatapnya dan melihat Ayah. Ayah mengangguk dan mempersilakan keduanya untuk maju mengambil antrean mereka

Setelah Si Ibu mengucapkan terima kasih, mereka maju untuk membeli tiket mereka dan segera beranjak pergi menuju toilet bioskop. Film memang masih akan dimulai 30 menit lagi.

“Terima kasih, Arya. Kamu menunjukkan kepekaanmu terhadap orang lain yang lebih membutuhkan. Tindakanmu membantu tadi sebenarnya juga membantu kita semua yang ada di tempat antrean untuk tetap teratur. Coba kalau kamu tidak cepat menawarkan antrean kita, pasti antrean di belakangnya akan terganggu karena situasi yang dialami anak dan ibu itu,” kata Ayah.

“Ah, Ayah. Arya kan hanya melakukan persis seperti yang Ayah lakukan kepada Mbak Ita tadi. Arya hanya ingin memastikan semua teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai yang telah direncanakan. Kasihan anak itu, Ayah. Arya juga jadi terbayang Mbak Ita jika ia tidak dibantu Ayah tadi,” jelas Arya. Ayah tersenyum sambil mengusap kepala Arya.

Ayo Menulis
Lengkapi diagram berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas!
Masih ada waktu
Isi Cerita
Arya gembira karena bisa menonton film bersama ayah di bioskop. Namun kegembiraannya berkurang setelah mengetahui antrian yang cukup panjang. Arya pun berpikir seandainya tadi sepeda kakaknya tidak rusak, mungkin ia tidak perlu mengantri lama. Ayah Arya menasihatinya dan Arya bisa memahaminya. Ketika terdengar suara anak perempuan yang kesakitan perutnya.,Arya berinisiatif mempersilahkan anak perempuan tersebut untuk membeli tiket lebih dahulu. Arya ingin memastikan semua tetap teratur dan dapat melakukan kegiatan sesuai dengan yang telah direncanakan. Ayah bangga dengan keputusan Arya tersebut.

Apa yang terjadi jika Arya tidak cepat mempersilakan orang di belakangnya mengambil antreannya? Lanjutkan cerita di atas dengan menggunakan imajinasimu. Lalu, tuliskanlah hasil pengembangan ceritamu ke dalam sebuah paragraf.
Jika Arya tidak cepat mempersilakan orang dibelakangnya mengambil antreannya tentu saja dibioskop akan timbul kekacauan. Beberapa orang yang dekat dengan peristiwa tersebut akan menyingkir menjauh. Untuk menghindari kekacauan dan pertengkaran lebih parah, maka pihak bioskop menutup sementara tiket pembelian, sehingga tidak ada calon pembeli tiket yang bisa dilayani, termasuk Arya. Arya menjadi menyesal atas tindakannya tersebut.

Ayo Berlatih
Pemahaman tentang jarak nada (interval) akan membantumu untuk menghasilkan sebuah akor. Akor merupakan bunyi yang dibunyikan serempak yang dibentuk dari beberapa nada dengan jarak nada tertentu. Sebuah akor paling sedikit terdiri dari tiga nada. Akor biasanya digunakan untuk mengiringi sebuah nyanyian. Akor juga dapat dimainkan dengan melodi lagu pada alat musik. Tangga nada natural terdiri atas tujuh buah akor yaitu, C mayor (C), D minor (Dm), E minor (Em), F mayor (F), G mayor (G), A minor (Am), dan B diminished (B dim). Perhatikanlah beberapa akor yang sering digunakan pada alat musik piano berikut ini.
Akord Pianika
Cobalah akor berikut ini dengan menggunakan alat musik yang tersedia. Jika kamu menggunakan rekorder, kamu memerlukan temanmu yang lain untuk membunyikannya secara bersamaan. Dengarkan dengan saksama bunyi yang dihasilkannya. Bagaimana menurutmu?

Dapatkah kamu mencoba untuk mengingat nada yang dihasilkan pada setiap akor di atas? Ketika kamu memainkannya dengan temanmu, apa yang kamu rasakan? Cobalah perhatikan kembali lagu “Ambilkan Bulan Bu” yang telah kamu pelajari sebelumnya. Carilah tangga nada dan akornya. Cobalah untuk memainkannya dengan menggunakan alat musik yang kamu punya (gitar, pianika, atau gitar) sesuai akor yang sudah ditentukan. Apakah yang kamu rasakan? Apakah kamu dapat mengenali akor-akor tersebut pada saat dimainkan?

Ayo Renungkan
Hal baru apa sajakah yang kamu pelajari dan temukan dari kegiatan pembelajaran hari ini? Bagaimana keteraturan di sekelilingmu memengaruhi kegiatanmu seharihari? Hal apa sajakah yang dapat kamu lakukan untuk memelihara keteraturan di sekitarmu?
Hal baru yang saya temukan pada pembelajaran kali ini adalah karekteristik khusus masing-masing planet anggota tata surya. Hal yang dapat saya lakukan untuk memelihara keteraturan yang ada di lingkungan sekitar adalah mematuhi peraturan yang ada. 

Kerja Sama dengan Orang Tua
Lihatlah sekeliling rumah tinggalmu. Apakah menurutmu lingkungan rumah tinggalmu cukup teratur? Bersama dengan orang tuamu, diskusikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan warga untuk meningkatkan keteraturan di lingkungan tempat tinggalmu.
Hal-hal yang dapat dilakukan warga untuk meningkatkan keteraturan adalah dengan memahami kewajiban dan haknya sebagai warga masyrakat. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:17 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.