Home » » Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya

Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya

Pada Pembelajaran 4 Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya akan mempelajari tentang menuliskan kesimpulan informasi isi iklan, menjelaskan pengertian iklan elektronik dan jenis-jenis iklan elektronik, menuliskan informasi yang disampaikan dalam iklan, mengidentifikasi usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa dan contoh peristiwa kehidupan yang tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, mengetahui pentingnya menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari, menceritakan tentang usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa dan dapat mengungkapkan pendapatn tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.

Sore hari, Edo sedang duduk santai bersama ayah dan ibunya. Mereka duduk sambil menonton siaran televisi swasta yang sedang menyampaikan berita. Pada saat-saat tertentu acara di televisi ada jeda iklan. Setelah iklan selesai, acara di televisi kembali dilanjutkan.

Ayo Mengamati
Ketika Edo sedang asyik menonton berita bersama ayah dan ibunya, tiba-tiba diselingi iklan. Salah satu iklan yang muncul, terlihat dalam cuplikan gambar berikut. Amatilah iklan yang dilihat Edo.
Ikalan ANti Septik
Setelah mencermati iklan tersebut, lakukan kegiatan berikut.
1. Informasi apa saja yang kamu peroleh?
2. Simpulkan informasi yang kamu peroleh dengan kalimat sendiri. Tuliskan pada kolom berikut.
Iklan yang dilihat Edo berisi tentang penawaran sebuah produk anti septic. Anti septik berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman. Anti septik tersebut dapat digunakan untuk mandi dan membersihkan luka.

Ayo Membaca
Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:

1. Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.

2. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.

3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

Ayo Berlatih
Amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. Berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya? Tuliskan dalam kolom berikut.
No.Media elektronik Produk yang DiiklankanTanggapan
1.TelevisiMilna Organik (makanan bayi)Sangat menarik karena menawarkan Milna organik yang menggunakan bahan organik dan tanpa bahan pengawet, Milna organik dapat membantu pertumbuhan bayi
2.RadioMNC VisionSangat menarik dan jelas penyampaiannya. Iklan tersebut menawarkan layanan televisi satelit berlangganan. MNC vision membuat rumah serasa bioskop dengan hiburan terlengkap.
3.Internet (Youtube)Azalia Zaitun OilSangat menarik, iklan tersebut menawarkan Azalia Zaitun Oil mampu membuat kulit lembab, berseri  dan halus
4.Internet (Blog)NovaKID (Belajar Bahasa Inggris Online)Sangat menarik dan jelas penyampaiannya. NovaKid menawarkan cara baru belajar Bahasa Inggris lebih seru. Menggunakan kelas interaktif dan dengan format yang menarik

Pernahkah kamu mengamati iklan elektronik yang berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan? Coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Ceritakan iklan yang kamu amati dengan menuliskan pada kolom berikut.
Iklan Persatuan dan Kesatuan
Iklan elektronik Kami Indonesia Oleh Cameo Projek. Iklan ini menunjukan semangat persatuan dan kesatuan yang saat ini dikikis oleh faktor globalisasi, ekonomi, budaya asing, dan lain sebagainya, tetapi tidak bisa menguburkan seluruhnya. Semangat nasionalisme ini hanya tertidur pulas karena tidak menemukan lagi panggung kepentingannya di hati bangsa Indonesia. Karena kepedulian inilah dan juga terhadap masalah lainnya yang berhubungan dengan ketidakadilan terhadap golongan-golongan minoritas tertentu, kami tergerak untuk membangunkannya kembali: rasa nasionalisme! (Sumber :https://www.youtube.com/watch?v=TIKbhfaBrvs)

Ayo Membaca
Persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa, harus tetap dijaga oleh semua warga masyarakat. Agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, semua warga masyarakat harus selalu mengembangkan sikap toleransi, rasa persatuan dan kesatuan, dan kekeluargaan. Tidak hanya warga masyarakat, pemimpin-pemimpin bangsa pun selalu berupaya untuk membina persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat dan berbangsa.

Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan bermasyarakat dan berbangsa antara lain:
  1. Mengadakan festival budaya,
  2. Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi di mana pun berada,
  3. Menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka,
  4. Mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  5. Menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing,
  6. Membina sikap saling menghormati dan menghargai antarpemeluk agama,
  7. Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Setiap warga masyarakat harus selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan agar tercipta kerukunan hidup. Jika anggota masyarakat tidak memiliki rasa persatuan dan kesatuan, maka ia akan berbuat semaunya dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan. Beberapa contoh perilaku yang tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sehingga mengakibatkan tidak rukun, antara lain:
  1. Peserta didik bersikap sombong dan memilih-milih teman di sekolah,
  2. Pertengkaran antarwarga,
  3. Tawuran antarpelajar atau warga,
  4. Merendahkan atau mengejek agama lain sehingga terjadi perselisihan,
  5. Konflik antarsuku, dan lain-lain.

Perilaku-perilaku di atas, harus dihindari dan diupayakan tidak terjadi dengan cara memperbesar rasa teloransi.

Ayo Bermain Peran
Kamu dapat belajar tentang pentingnya menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan dengan bermain peran. Bentuklah kelompok terdiri atas enam anak. Keenam anak itu nantinya berperan sebagai Siti, Lani, Udin, Beni, Dayu, dan Pak Guru. Pelajari naskah untuk bermain peran berikut. Berlatihlah sampai kelompok kalian menguasai dan bermain peranlah di depan kelas.

Ayo Berlatih
Setelah kalian membaca cerita “Kesombongan Membawa Bencana”, sikap seperti Beni sudah selayaknya tidak kita tiru. Sikap sombong seperti yang dilakukan oleh Beni dapat menjadi penyebab pecahnya persatuan dan kesatuan. Para pemimpin bangsa kita terdahulu pun sangat menjaga agar rasa persatuan dan kesatuan tidak terpecah. Sekarang, coba kalian sebutkan usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa. Tulislah ceritamu pada buku tugas, lalu kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.
Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa antara lain:
  1. Mengadakan festival budaya.
  2. Mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi dimanapun berada.
  3. Menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka.
  4. Mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing.
  6. Membina sikap saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama.
  7. Mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

Edo selesai belajar. Tiba-tiba terdengar suara ibu memanggilnya. Edo disuruh ibu untuk membeli telur ayam di tetangga sebelah. Kebetulan tetangga sebelah beternak ayam petelur. Ibu sedang sibuk membuat roti untuk dijual besok pagi. Saat ke luar rumah Edo bertemu tetangganya yang baru pulang dari berjualan di pasar. Edo sejenak merenung. Edo tinggal di lingkungan pinggiran kota. Edo sadar, ternyata ada beragam pekerjaan yang dijalani oleh masyarakat di lingkungan sekitar rumahnya. Mulai dari peternak ayam, pedagang roti seperti ibunya, pengrajin, guru, dan karyawan swasta seperti ayahnya.

Ayo Membaca
Tahukah kamu Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam?. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.
  1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan.
  2. Menghormati orang yang sedang bekerja. Misalnya, saat sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.
  3. Menghargai pekerjaan orang lain. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.
  4. Membiasakan membeli produk-produk lokal. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.
  5. Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri. Sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.

Kamu telah mengetahui cara menghargai mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang cobalah berdiskusi dengan temanmu tentang cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha.
No.Daerah Tempat TinggalJenis Pekerjaan Terkait Tiga Kegiatan EkonomiCara menghargai pelaku kegiatan ekonomi.
1.Pantai
  1. Produksi : Nelayan menangkap ikan, Petambak memelihara bandeng, dan Perajin membuat kerajinan berbahan kerang
  2. Distribusi : Pedagang ikan menjual ikan ke daerah lain, Sopir mengangkut ikan ke pasar, Toko menjual mesin kapal nelayan
  3. Konsumsi : Nelayan membeli jaring, petambak membeli bibit udang, Perajin membeli bahan pembuat kerajinan
  1. Tidak mencela dan merendahkan nelayan
  2. Menghormati petambak yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan perajin
  4. Membiasakan membeli ikan tangkapan nelayan
  5. Membiasakan mengkonsumsi ikan dan udang hasil nelayan dan petambak lokal
2.Dataran Tinggi
  1. Produksi : Petani menanam sayuran, Peternak memelihara sapi, Pekebun menanam teh
  2. Distribusi : Tengkulak membeli dan menjual kembali sayuran petani, Pedagang hewan membeli ternak sapi, Tengkulak membeli teh petani untuk dijual kembali
  3. Konsumsi : Petani membeli obat pembasmi hama, Peternak membeli pakan ternak, Pekebun membeli pupuk
  1. Tidak mencela dan merendahkan petani
  2. Menghormati peternak yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan petani, peternak, dan pekebun
  4. Membiasakan membeli petani lokal
  5. Membiasakan mengkonsumsi beras produksi petani lokal
3.Dataran Rendah
  1. Produksi : Petani menanam padi, Perajin membuat anyaman, Tukang kayu membuat lemari
  2. Distribusi : Tengkulak membeli gabah petani, Perajin menjual kerajinan di pasar, Toko membeli lemari dari tukang kayu
  3. Konsumsi : Petani membeli bibit padi, Perajin membeli bambu, Tukang kayu membeli alat pertukangan
  1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian petani
  2. Menghormati perajin yang sedang bekerja
  3. Menghargai pekerjaan tukang kayu
  4. Membiasakan membeli anyaman dan lemari lokal
  5. Membiasakan mengkonsumsi beras produksi petani lokal

Ayo Renungkan
Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah ada hal yang belum kamu pelajari? Apa manfaat pembelajaran hari ini untuk kamu? Tuliskan pada kolom berikut.

Hasil Renungan :
Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, kerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab. Pengetahuan tentang informasi dalam Iklan, kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa, jenis pekerjaan terkait dengan kegiatan ekonomi. Keterampilan tentang bermain peran, berdiskusi, mengomunikasikan, mengidentifikasikan. Manfaat pembelajaran hari ini adalah saya menjadi lebih menghargai keragaman ekonomi di sekitar kita.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Perhatikan saat orang tuamu membeli baju, tas, sandal ataupun sepatu, baik untuk mereka sendiri ataupun untuk dirimu. Di mana mereka sering membelinya? Apakah produk yang mereka pilih merupakan produk dalam negeri atau produk impor? Diskusikan dengan orang tuamu tentang dampak memilih produk dalam negeri dan produk impor. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut. Laporan 

Hasil Diskusi Bersama Orang Tua
Ketika ibu membeli baju, tas, sandal, dan sepatu ibu membelinya di pasar/toko. Ibu selalu membeli merek-merek produksi dalam negeri. Memilih produk dalam negeri membantu meningkatkan ekonomi produsen produk tersebut.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.