Home » » Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Pembelajaran 1 Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Pada kegiatan pembelajaran subtema 3 kita akan belajar tentang usaha pelestarian kekayan hayati hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan perlu dilestarikan karena penting untuk keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem. Manfaat bagi kelangsungan hidup manusia adalah untuk kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan melalui kegiatan pariwisata, pemanfaatan hewan pada pertanian dan untuk sumber obat-obatan.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar-gambar berikut ini!
Usaha Pelestarian Lingkungan
Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?
Pendapat saya adalah ada beberapa kegiatan manusia yang dapat merugikan dan menguntungkan dalam pelestarian lingkungan sekitar.
Menurutmu, gambar manakah yang menunjukan usaha pelestarian lingkungan alam ?
Menurut saya gambar A dan D menunjukkan usaha pelestarian alam,
Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak lingkungan alam?
Menurut saya gambar B dan C menunjukkan perilaku merusak lingkungan alam
Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan!
  1. Gambar A menunjukkan masyarakat yang sedang bekerja bakti membersihkan saluran air. Saya sangat setuju, dengan kerja bakti tersebut berdampak positif karena kebersihan lingkungan tetap terjaga.
  2. Gambar B memperlihatkan seseorang yang sedang menebang pohon secara sembarangan. Saya tidak setuju karena kegiatan tersebut berdampak negatif bagi lingkungan. Lingkungan akan rusak akibat penebangan liar.
  3. Gambar C memperlihatkan seseorang yang sedang berburu burung dengan menggunakan senapan. Saya tidak setuju karena perburuan hewan liar berdampak negatif terhadap lingkungan. Perburuan liar dapat mengganggu pelestarian alam.
  4. Gambar D memperlihatkan seorang bapak dan anaknya sedang menanam pohon. Saya sangat setuju dengan tindakan ini karena berdampak positif bagi lingkungan. Dengan menanam pohon akan menjaga melestarikan alam.

Bangsa kita memiliki kekayaan dalam bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang serta selaras dengan lingkungan. Lalu, bagaimanakah caranya?Sudahkah kamu melakukannya?

Beni tahu betapa pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Sekarang dia jadi mengerti dan sadar bagaimana harus berperilaku terhadap lingkungan agar dapat memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo Membaca
Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya. Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang. Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan. Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya. Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah. Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana. Tekstur kayu yang bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!
  1. Siapa yang menyebabkan kerusakan lingkungan? (Penyebab kerusakan lingkungan adalah manusia)
  2. Kapan manusia melakukan kerusakan lingkungan?(Manusia melakukan kerusakan lingkungan saat memenuhi kebutuhannya)
  3. Mengapa kegiaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan?(Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya)
  4. Apa saja bagian-bagian alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhanya?(Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup))
  5. Bagaimana manusia memanfaatkan lingkungan abiotik tanah?(Manusia melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan)
  6. Sebutkan bahan-bahan tambang yang dimanfaatkan manusia!(Bahan tambang yang dimanfaatkan manusia diantaranya emas, perak, nikel, timah, dan bauksit)
  7. Apa bahan tambang apa saja yang paling banyak dicari manusia?(bahan tambang yang paling banyak dicari manusia adalah emas dan perak)
  8. Berapa jenis hewan yang dimanfaatkan manusia? (Ada dua jenis hewan yang dimanfaatkan manusia yaitu hewan peliharaan dan hewan liar)
  9. Di mana hewan liar hidup bebas? (Hewan liar hidup bebas di hutan)
  10. Apa yang dilakukan oleh manusia terhadap hewan-hewan yang tidak dibudidayakan?(Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia)
  11. Apa bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia?(Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya)
  12. Mengapa manusia memburu badak dan gajah?(Manusia memburu badak dan gajah untuk diambil cula dan gadingnya)
  13. Apa akibat dari perburuan yang tak terkendali oleh manusia?(Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis)
  14. Sebutkan hewan-hewan yang dapat dibudidayakan manusia!(Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya)
  15. Apa manfaat tumbuhan bagi manusia?(Tumbuhan menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga)
  16. Sebutkan tumbuhan yang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi!(tumbuhan yang memiliki nilai ekonomi tinggi adalah pohon jati dan pohon cendana)
  17. Mengapa kayu jati sangat disukai oleh para pembuat mebel?(Kayu jati sangat disukai pembuat mebel karena tekstur kayu yang bagus dan kokoh)
  18. Apa kelebihan kayu cendana?(kelebihan kayu cendana adalah memiliki aroma khas)
  19. Mengapa kayu cendana banyak diburu orang?(Kayu cendana diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura)

Ayo Mencoba
Menentukan kalimat utama dari setiap paragraf Bacalah kembali bacaan tersebut. Bersama teman sebangkumu carilah kalimat utama dan ide pokok dari setiap paragraf di depan. Tuliskan kalimat utama dan ide pokok paragraf tersebut dalam tabel berikut.
ParagrafIde PokokKalimat Utama
Pragraf 1Pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkunganKegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan
Pragraf 2Pemanfaatan tanah oleh manusiaManusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan
Pragraf 3Pemanfaatan hewan dan tumbuhan oleh manusiaHampir semuajenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia
Pragraf 4Pemanfaatan tumbuhan oleh manusiaBeberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan

Dalam melakukan kegiatannya, manusia memanfaatkan berbagai bagian dari lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk hewan dan tumbuhan. Namun sungguh disayangkan, banyak dari kita yang melakukan tindakan-tindakan tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam. Mereka justru merusaknya.

Ayo Membaca
Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusi terhadap Keseimbangan Ekosistem

1. Penebangan dan pembakaran hutan
Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar demi membuka lahan pertanian, permukiman, serta mengambil kayu dari hutan sebagai bahan dalam membuat perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul. Hal semacam ini memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan. Beberapa populasi tumbuhan berkurang bahkan punah, beberapa hewan yang masih hidup kehilangan tempat tinggal.

2. Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan
Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan pembersih. Bahan ini menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa detergen akan menutupi permukaan perairan sehingga sinar matahari tidak dapat menembus perairan. Proses fotosintesis tumbuhan air menjadi terganggu. Hal itu memengaruhi daur hidup tumbuhan dan hewan air. Akibatnya tumbuhan kekurangan makanan dan akhirnya mati. Contoh lainnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk memberantas hama tanaman yang dapat membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

3. Eksploitasi sumber daya laut
Eksploitasi sumber daya laut ini umumnya berupa kegiatan pengeboran minyak di laut. Kegiatan ini dapat menyebabkan pencemaran apabila terjadi kebocoran sehingga menyebabkan minyak mencemari laut. Sinar matahari yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis tanaman air akan terhalang oleh minyak yang menutupi permukaan sehingga jumlah oksigen berkurang dan hewan laut kesulitan bernapas. Hal ini akan mengganggu ekosistem laut dan daur hidup hewan serta tumbuhan laut.

4. Perpindahan penduduk
Perpindahan penduduk mengakibatkan daerah yang didatangi menjadi sangat padat akibat jumlah pemukiman yang terbatas. Hal ini akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh yang memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat sehingga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem.

5. Penggunaan kendaraan bermotor
Dalam menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan bahan bakar, baik bensin maupun solar. Namun, pembakaran bahan bakar tersebut menyebabkan polusi udara. Pembakaran tersebut menghasilkan gas karbon dioksida sehingga bumi menjadi semakin panas. Akibatnya, banyak makhluk hidup yang sulit beradaptasi. Beberapa di antara mereka akan mati sehingga akan mengganggu keseimbangan ekosistem.

6. Perburuan liar
Sebagian manusia gemar melakukan perburuan liar terhadap hewan dan tumbuhan dengan tujuan tertentu. Perburuan tersebut dapat mengakibatkan kelangkaan hewan dan tumbuhan. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem dan daur hidup hewan menjadi terganggu.

7. Perusakan terumbu karang
Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian kalangan mengambilnya untuk dijadikan hiasan. Pengambilan ini tentu mengancam keberadaan terumbu karang. Apalagi terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terbentuk kembali. Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Ekosistem laut dan daur hidup hewan laut pun menjadi terganggu. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.

Ayo Berlatih
Kamu telah membaca bacaan “Dampak Perubahan Lingkungan yang Disebabkan oleh Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem”. Temukan informasi-informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lakukan latihan berikut. Lengkapilah peta pikiran berikut.
Peta pikiran manusia dan lingkungan
Manusia dan Lingkungan
  1. Kegiatan yang dilakukan manusia bisa berdampak pada lingkungan. Apa maksudnya?Semua aktivitas, pekerjaan, usaha dari manusia berpengaruh pada lingkungan
  2. Apa saja kegiatan manusia yang bisa merusak ekosistem lingkungan? Penebangan & pembakaran hutan, Penggunaan bahan kimia secara berlebihan, Eksploitasi sumber daya laut, Perpindahan penduduk, Penggunaan kendaraan bermotor, Perburuan liar, dan Perusakan terumbu karang
  3. Apa arti penting lingkungan bagi manusia? Lingkungan sangat penting bagi manusia karena lingkungan tempat berlangsungnya kehidupan, sebagai tempat tinggal, dan tempat mencari makan bagi manusia

Ayo Berlatih
Sekarang ini banyak perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar kita yang justru merusak lingkungan alam. Apa saja perilaku dan kegiatan yang merusak lingkungan tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.
LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : Siti
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja perilaku dan kegiatan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu yang dapat merusak lingkungan?

Hasil Wawancara
No.Nama NarasumberJawaban
1.Orang TuaPenggunaan bahan bakar fosil berlebihan
2.Ketar RTMembuang limbah dan sampah ke sungai
3.KeponakanMelakukan penebangan pohon secara liar
4.TetanggaMelakukan pembuangan limbah industri ke laut
5.Teman SekelasMelakukan perburuan liar
6.Anak tetanggaPenggunaan bahan kimia secara berlebihan
7.KakakPenangkapan ikan dengan bahan peledak atau racun
8.AdikPerusakan terumbu karang
9.PamanMembuka hutan untuk tempat tinggal
10.BibiPenambangan liar

Ayo Membaca
Mengingat betapa besar ketergantungan kehidupan kita terhadap keberadaan sumber energi, maka sudah sepantasnyalah kita dapat berhemat. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini.. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi. Amatilah poster hemat energi berikut
Poster hemat energi
Ayo Mencoba
Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo kita manfaatkan bersama barang-barang bekas. Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca! Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas
  1. Buatlah poster hemat energi dari bahan bekas. 
  2. Tulislah slogan hemat energi pada kertas kardus bekas.
  3. Buatlah yang menarik.

Bingkai Poster dari bahan bekas
Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah–langkah berikut! Prosedur dalam pembuatan bingkai foto sebagai berikut.

Bahan:
Kardus bekas

Peralatan:
  1. Gunting
  2. Penggaris
  3. Pensil
  4. Lem
  5. Plastik mika
  6. Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera.

Cara membuat:
  1. Buatlah pola bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan.
  2. Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.
  3. Lapisi kardus dengan kertas kado. Gunakan lem untuk menempelkannya.
  4. Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.
  5. Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.
  6. Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

Setelah selesai, pajang hasil karyamu di kelas. Kemudian, tuliskan refleksi kegiatan yang telah kamu lakukan hari ini.

Ayo Berlatih
Lengkapilah tabel tentang aturan hemat energi di rumah. Berikan tanda (✓) apabila kamu melakukannya.
No.Penggunaan EnergiHari
SenSelRabKamJumSabMin
1.Matikan kran ketika menggosok gigi.
2.Matikan TV setelah menonton
3.Berjalan atau naik sepeda ke sekolah.
4.Menggunakan air secukupnya

Ayo Membaca
Bijaklah Bermotor

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Motor memiliki harga yang murah dan praktis digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya. Dengan sepeda motor, orang mudah berpergian. Selain mudah bepergian, waktu tempuh pun juga akan semakin cepat. Dengan sepeda motor, orang pun juga akan mudah melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, di sisi lain, sepeda motor juga memiliki pengaruh terhadap lingkungan. Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin. Bensin merupakan bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian. Semakin jauh jarak yang ditempuh sepeda motor, semakin banyak pula bensin yang digunakan. Coba bayangkan, jika setiap orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh, berapakah bensin yang digunakan? Berapa banyak cadangan minyak bumi yang terkuras? Tentunya sangat banyak kebutuhan bensinnya.

Penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali juga menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global. Jika sudah dem ikian, kehidupan m anusia pun akan terpengaruh, seperti udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut: Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!
Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar berupa bensin. Penggunaan bahan bakar bensin yang tidak terkendali menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global.  Jika terjadi polusi udara dan pemanasan global maka udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.
Bacalah bacaan di atas dengan saksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!

Kartu Tanya
  1. Apa alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia? (Sepeda motor)
  2. Mengapa motor lebih banyak digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya? (Motor memiliki harga yang murah dan praktis)
  3. Apa manfaat sepeda motor? (Sepeda motor dapat digunakan untuk bepergian dan mengirimkan barang ke tempat lain)
  4. Kapan orang menggunakan sepeda motor? (Orang menggunakan sepeda motor saat bepergian dan mengirimkan barang)
  5. Di mana sepeda motor banyak digunakan oleh manusia? (Sepeda motor banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia)
  6. Ke mana orang mengirimkan barang menggunakan sepeda motor? (Dengan sepeda motor, orang melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain)
  7. Bagaimana sepeda motor dapat bergerak? (Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin)
  8. Bagaimana cara menghasilkan bensin? (Bensin diperoleh dengan pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian)
  9. Berapa jumlah bensin yang dibutuhkan jika orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh?(Sangat banyak kebutuhan bensinnya)
  10. Siapa yang terpengaruh oleh polusi udara dan pemanasan global?(Manusia)
  11. Apa akibat penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali? (Menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global)
  12. Apa saja akibat yang ditimbulkan oleh polusi udara dan pemanasan global?(Udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi)

Bekerjalah di dalam kelompok piketmu! Diskusikanlah kartu-kartu tanya milik anggota kelompokmu, lalu cobalah untuk mencari jawaban. Tandailah beberapa kartu tanya yang memuat pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab di dalam kelompokmu. Pertanyaan itu akan didiskusikan di dalam kelas bersama teman-temanmu lainnya! Catatlah hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas di dalam buku catatanmu.

Ayo Renungkan
1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
Hari ini saya telah belajat tentang sumber-sumber energi alternatif
2. Manfaat apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini?
Melalui pembelajaran ini saya lebih mengerti mengenai penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?
Keterampilan yang saya kuasai diantaranya adalah membuat peta pikiran, melakukan wawancara.
4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?
Setelah pembelajaran hari ini saya akan lebih berhemat dalam menggunakan energi yang ada
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.